Pengaruh E-Commerce dan Digital Payment terhadap Pendapatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Daerah Istimewa Yogyakarta

Authors

  • Hasna Indarti Titasari Hasna Indarti Titasari

DOI:

https://doi.org/10.14421/skiej.2023.2.1.1750

Keywords:

E-Commerce, UMKM, Digital Payment

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis bagaimana pengaruh E-Commerce dan Digital Payment terhadap Pendapatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Daerah Istimewa Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada responden dan diperoleh sampel sebanyak 100 orang. Metode estimasi yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil menunjukkan bahwa variabel E-Commerce dan Digital Payment berpengaruh simultan terhadap Pendapatan Usaha Mikro Kecil Menengah di Daerah Istimewa Yogyakarta. Secara parsial variabel E-Commerce dan Digital Payment berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pendapatan UMKM di Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Abstract viewed: 1437 times | PDF downloaded = 856 times

References

Boateng, R., Heeks, R., Molla, A., & Hinson, R. (2008). E-Commerce And Socio-Economic Development: Conceptualizing The Link. Internet Research, 18(5), 562–594.

Firmansyah, D., & Husna, R. (2021). Pengaruh E-Commerce Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Studi Kasus Usaha Keripik Di Kabupaten Bireuen). VARIASI : Majalah Ilmiah Universitas Almuslim, 13(3), 135–141.

Ghozali, I. (2018). SPSS Aplikasi Analisis Multivariate Statistik. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Helmalia, & Afrinawati. (2018). Pengaruh E-Commerce Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kota Padang. JEBI (Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam), 3(2), 237.

Ikhsan, M., & Hasan, M. (2020). Analisis Dampak Penggunaan E-Commerce Dalam Meningkatkan Omzet Penjualan Usaha Mikro Kecil Menengah Di Kota Makassar. Journal Of Economic Education And Entrepreneurship Studies, 1(1), 39.

Indriantoro, N. Dan B. S. (1999). Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi Dan Manajemen. BPFE UGM Kasmadi.

Irfan, A. (2020). Pengaruh E-Commerce Dan Proses Halal Terhadap Kinerja UMKM Di Gerai Ayam Geprek. Journal Of Chemical Information And Modeling, 53(9), 1689–1699.

Josef Evan Sihaloho, Atifah Ramadani, S. R. (2020). Implementasi Sistem Pembayaran Quick Response Indonesia Standard Bagi Perkembangan UMKM Di Medan. Jurnal Manajemen Bisnis, 17(2), 287–297.

Kuswiratmo, Aji, B. (2016). Memulai Usaha Itu Gampang!: Langkah- Langkah Hukum Mendirikan Badan Usaha Hingga Mengelolanya. Visimedia.

Lesmono, I. D. (2015). Pengaruh Penggunaan E-Commerce Bagi Pengembangan Usaha Kecil Menengah (Ukm) Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model. Evolusi, 3(1), 49–60.

Lestari, P. A. (2020). Pengaruh Sistem Informasi Dan Pemanfaatan E-Commerce Terhadap Kinerja Usaha Kecil Menengah (Ukm) Di Kota Makassar. Skripsi Universitas Muhammadiyah Makassar.

Lubis, A. R. (2021). Skripsi Analisis Pengaruh Penggunaan E-Commerce Terhadap Peningkatan Penerimaan Usaha Mikro Di Kota Medan. Skripsi Universitas Sumatera Utara Medan.

Rosyidi, S. (2003). Pengantar Teori Ekonomi. Grafindo Persada.

Rustanto, A. E., & Kartini, I. (2019). Efektivitas Pembayaran Non Tunai Pada Umkm Daerah Aliran Sungai Citarum. Jurnal Lentera Bisnis, 8(2), 1.

Sa’ad, W. N. (2017). Pengaruh E-Commerce Terhadap Peningkatan Pendapatan Sentra Industri Keripik Pisang Bandarlampung Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam (Studi Pada Sentra Industri Keripik Pisang Di Kota Bandarlampung). Ekonomi Dan Bisnis, 1–97.

Safrianti, T. N. (2020). Pengaruh Transaksi Online (E-Commerce), Modal, Dan Lama Usaha Terhadap Peningkatan Pendapatan Umkm Di Kabupaten Tegal. Skripsi Universitas Pancasakti Tegal, 2(1), 5–7

Setiawan, I. W. A., & Mahyuni, L. P. (2020). Qris Di Mata Umkm: Eksplorasi Persepsi Dan Intensi Umkm Menggunakan Qris. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 10, 921.

Setyorini, D., Nurhayaty, E., & Rosmita, R. (2019). Pengaruh Transaksi Online (E-Commerce) Terhadap Peningkatan Laba UMKM (Studi Kasus UMKM Pengolahan Besi Ciampea Bogor Jawa Barat). Jurnal Mitra Manajemen, 3(5), 501–509.

Sihaloho, J. E., Ramadani, A., & Rahmayanti, S. (2020). Implementasi Sistem Pembayaran Quick Response Indonesia Standard Bagi Perkembangan UMKM Di Medan. Jurnal Manajemen Bisnis, 17(2), 287.

Sulistyorini, P., Royanti, I. N., & Yunianto, E. (2017). Pengaruh Adopsi E-Commerce Terhadap Keberhasilan Usaha. Jurnal Litbang Pekalongan, 103–121.

Widyayanti, E. R. (2019a). Analisis Pengaruh Kecenderungan Pergeseran Sistem Pembayaran Dari Tunai Ke Non-Tunai/Online Payment Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha (Studi Pada Umkm Di Yogyakarta). Seminar Nasional Dan Call For Paper Paradigma Pengambangan Ekonomi Kreatif Di Era 4.0, 187–200.

Widyayanti, E. R. (2019b). Pengaruh Marketplace Terhadap Peningkatan Pendapatan Pada Ukm (Studi Pada Ukm Di Daerah Istimewa Yogyakarta). Jurnal Optimum, 9(1), 1–14.

Yusfiarto, R., Sunarsih, S., & Darmawan, D. (2021). Understanding Muslim’s Switching From Cash To M-Payments: Based On Push-Pull-Mooring Framework. Journal Of Islamic Marketing.

Downloads

Published

2024-01-02

Issue

Section

Articles