Analisis Pemilihan Platform E-Commerce Menggunakan Metode AHP : Studi Kasus Perilaku Konsumen Online
DOI:
https://doi.org/10.14421/skiej.2024.3.2.2459Keywords:
Platform E-Commerce, Metode AHP, Pengambilan Keputusan, Belanja OnlineAbstract
Perkembangan teknologi informasi telah mendorong pesatnya pertumbuhan E-commerce di Indonesia. Akan tetapi, keberagaman platform dengan variasi harga, kecepatan pengiriman, keamanan transaksi, serta kelengkapan produk sering kali menjadi tantangan bagi konsumen dalam menentukan pilihan yang paling tepat. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis perbandingan terhadap beberapa platform E-commerce terkemuka di Indonesia, yaitu Tokopedia, Shopee, Lazada, dan Bukalapak dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang melibatkan 38 responden aktif pengguna layanan belanja online. Berdasarkan hasil analisis, Bukalapak menduduki peringkat teratas sebagai marketplace pilihan konsumen, disusul oleh Lazada dan Tokopedia. Faktor keamanan transaksi terbukti menjadi kriteria yang paling berpengaruh dalam menentukan keputusan konsumen. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi konsumen dalam memilih platform yang tepat tetapi juga dapat membantu pengelola e-commerce dalam meningkatkan layanan mereka untuk memenuhi kebutuhan pasar yang terus berkembang.
Downloads
Abstract viewed: 612 times
|
PDF downloaded = 457 times
References
A.Fakhri, “Evaluasi Optimal Pemilihan Pemasok Limbah Botol PET untuk Mitra Bank Sampah Menggunakan Metode AHP dan Taguchi Loss Function (Studi Kasus : PT Anugrah Alam Manunggal),” Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri Terapan (JTMIT), vol. 3, no. 3, pp. 334–347, 2024.
Astuti, S. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Usaha Mikro Telur Asin Menggunakan Metode AHP. Jurnal KMSI, 4(2), 77–83. Retrieved from https://jurnal.ftikomibn.ac.id/index.php/kmsi/article/viewFile/484/458
Kami Sosial. (2025). Digital 2025. Diambil dari https://wearesocial.com/id/blog/2025/02/digital-2025/
Kemp, S. (2025). Digital 2025: Panduan penting untuk keadaan digital global . We Are Social. Diperoleh dari https://wearesocial.com/id/blog/2025/02/digital-2025-the-essential-guide-to-the-global-state-of-digital/
L. Sawung Rakasiswi and M. Badrul, “PENERAPAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS UNTUK PEMILIHAN SISWA TERBAIK,” vol. 7, no. 1, 2020.
Maulana, A., Suryanto, T., & Widodo, A. (2025). Pemilihan Marketplace E-Commerce Terbaik Berdasarkan Preferensi Konsumen dengan Metode AHP. Jurnal Teknologi dan Informasi JATI, 8(1), 45–55. Retrieved from https://ejournal.itn.ac.id/index.php/jati/article/download/12447/6911/
Maulana, M. R., Ariza, R., Hidayat, C., Anshor, A. H., & Fatchan, M. (2025). Penggunaan AHP dalam sistem pengambilan keputusan pemilihan marketplace (Studi Kasus: Marketplace E-commerce di Era Digital). JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 9(1) https://ejournal.itn.ac.id/index.php/jati/article/download/12447/6911/
Maulida, N. (2020). Analisis Perilaku Konsumen dalam Memilih Produk Fashion Muslim di Marketplace Shopee (Skripsi). Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Retrieved from https://digilib.uin-suka.ac.id/39706/1/13810042_BAB%20I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf
M. T. Damayanti, ; Lina, R. Putri, and ; Nurul Istiqomah, “Pemilihan Prioritas Marketplace di Kalangan Gen Z dengan Menggunakan Analisis AHP Gen Z Marketplace Prioritization using AHP Analysis.” [Online]. Available: https://journal.uns.ac.id/policy
Nugroho,Adi,“Informatika,2006 eCommerce : Memahami Perdagangan Modern di dunia Maya”.
N. Rahmayani, M. Syarif, and S. Nusa Mandiri,“Pengambilan Keputusan Memilih Sekolah Dengan Metode AHP,” JURNAL INFORMATIKA, vol. 6, no. 1, pp. 143–150,2019, [Online]. Available: http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ji/article/view/5552
Nurhidayati, I. (2019). Strategi Pemasaran Produk UMKM Berbasis Digital Marketing (Skripsi). Institut Agama Islam Negeri Metro. Retrieved from https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/155/1/Skripsi%20021.FEBI.2019.pdf
Pebakirang, S. A., Sutrisno, A., & Neyland, J. (2017). Penerapan Metode AHP (Analytical Hierarchy Process) untuk Pemilhan Supplier Suku Cadang di PLTU Bitung. Jurnal Online Poros Teknik Mesin Vol. 6, No. 1, pp. 32-44.
Pramuseto, R., Fadhilah, R. M., Purwanto, H., & Hidayat, R. (2023). Sistem pendukung keputusan pemilihan transportasi ojek online dengan metode analytical hierarchy process. Jurnal INSAN (Journal of Information Systems Management Innovation), 3(1), 2777-1385. https://www.researchgate.net/publication/373320017_Sistem_Pendukung_Keputusan_Pemilihan_Transportasi_Ojek_Online_Dengan_Metode_Analitycal_Hierarchy_Process
Rachmawati, D., & Putri, A. N. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Produk Kosmetik dengan Integrasi SWOT dan AHP. Jurnal KIMIA, 5(3), 101–110. Retrieved from https://sejurnal.com/pub/index.php/jkim/article/download/3697/4262/8431
Rahmati. 2009. Pemanfaatan Ecommerce Dalam Bisnis Di Indonesia http://citozcome.blogspot.com/2009/0 5/pemanfaatan-e-commerce-dalambisnis-di.html.
Rehatalanit, Y.L.R. (Tahun). Peran E-Commerce dalam Pengembangan Bisnis. Universitas Suryadarma Jakarta. https://journal.universitassuryadarma.ac.id/index.php/jti/article/download/764/747
Setiawan, H. (2022). Analisis Perilaku Konsumen Digital Menggunakan Metode AHP. Jurnal Sistem Informasi dan Informatika, 3(1), 23–31. Retrieved from https://ejournal.lppm-unbaja.ac.id/index.php/jsii/article/download/2080/1255/
S. Rahayu and A. Setiwan, “Menentukan Kelayakan Ekspor Pada PT. Canang Indah Menggunakan AHP,” 2023. [Online]. Available: http://kti.potensi utama.ac.id/index.php/JUREKSI/index|
Syahrial, D. (2023). Pemanfaatan Metode AHP dalam Pengambilan Keputusan Strategi Pemasaran Produk UMKM. Jurnal Teknologi dan Inovasi, 2(4), 12–20. Retrieved from https://ejurnal.seminar-id.com/index.php/tin/article/download/789/547/
Wulandari, M., & Santoso, R. (2021). Aplikasi AHP dalam Penentuan Strategi Pemasaran Produk UMKM. Jurnal Riset Ekonomi dan Manajemen, 5(2), 56–65. Retrieved from https://www.jurnal.polgan.ac.id/index.php/remik/article/download/14207/2883/19941
Z. Azhar, Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) Faktor Analisis Prioritas Dalam Pemilihan Bibit Jagung Unggul Menggunakan Metode A.











