Manajemen Risiko Keuangan Pribadi Berbasis Syariah Kajian atas Gaya Hidup dan Literasi
DOI:
https://doi.org/10.14421/skiej.2025.4.1.2591Keywords:
Gaya Hidup, Literasi Keuangan Syariah, Manajemen Risiko Keuangan, PLS-SEMAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh gaya hidup dan literasi keuangan syariah terhadap manajemen risiko keuangan pribadi. Dengan pendekatan kuantitatif dan metode Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM), data dikumpulkan melalui kuesioner daring terhadap 70 responden Muslim di Yogyakarta. Hasil pengujian outer model menunjukkan bahwa seluruh konstruk valid dan reliabel. Namun, hasil inner model menunjukkan bahwa baik gaya hidup maupun literasi keuangan syariah tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap manajemen risiko keuangan pribadi. Temuan ini menunjukkan bahwa aspek spiritual dan nilai religius lebih dominan dalam membentuk perilaku keuangan syariah daripada sekadar gaya hidup atau pemahaman finansial teknis. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya pendekatan berbasis nilai dalam membangun perilaku keuangan syariah.
Downloads
Abstract viewed: 110 times
|
PDF downloaded = 81 times
References
Antonio, M. S. (2001). Bank syariah: Dari teori ke praktik. Gema Insani.
Dusuki, A. W., & Abdullah, N. I. (2007). Maqasid al-Shariah, maslahah, and corporate social responsibility. The American Journal of Islamic Social Sciences, 24(1), 25–45. https://doi.org/10.35632/ajiss.v24i1.463
Farichin, S. N., & Rusadi, E. Y. (2022). Pengaruh digitalisasi dalam bidang e-commerce terhadap perilaku konsumtif mahasiswa UIN Sunan Ampel. SOSIAL: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 23(1), 34–35.
Ferdinand, A. R., & Ardyansyah, F. (2023). Pengaruh literasi keuangan, karakteristik individu dan prinsip keuangan syariah terhadap perilaku pengelolaan keuangan mahasiswa program studi ekonomi syariah Universitas Trunojoyo Madura. Indonesian Journal of Business Economics and Management, 2(2), 23–34.
Ghozali, I. (2005). Structural equation modeling: Metode alternatif dengan partial least square (PLS). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25 (9th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2019). A primer on partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM) (2nd ed.). Sage Publications.
Hair, J. F., Sarstedt, M., Ringle, C. M., & Gudergan, S. P. (2022). Advanced issues in partial least squares structural equation modeling. Sage Publications.
Huston, S. J. (2010). Measuring financial literacy. Journal of Consumer Affairs, 44(2), 296–316.
Latifah, E., & Abdullah, R. (2023). Prinsip-prinsip ekonomi Islam dalam manajemen keuangan syariah. JIDE: Journal of International Development Economics, 2(2), 98–116.
Mehr, R. I., & Hedges, B. A. (1974). Risk management in the business enterprise. Richard D. Irwin.
Mendrofa, A. D., Bate’e, M. M., Harefa, I., & Zai, K. S. (2024). Pengaruh gaya hidup terhadap perilaku keuangan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Nias. Visi Sosial Humaniora, 5(1), 19–30.
Mustofa. (2021). Analisis literasi keuangan syariah dan perilaku menabung mahasiswa. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 18(2), 183–185.
Plummer, J. T. (1974). The concept and application of lifestyle segmentation. Journal of Marketing, 38(1), 33–37.
Setiyono, B., Kusumawati, D., & Prasetyo, B. (2021). Validitas dan reliabilitas dalam penelitian kuantitatif. Jurnal Ilmiah, 7(1), 45–52.
Sugeng, R., Muliana, & Annisa, I. (2023). Pengaruh literasi keuangan terhadap manajemen keuangan pribadi pada mahasiswa konsentrasi manajemen keuangan syariah (Analisis penggunaan Shopeepay pada aplikasi Shopee). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(1), 804–814.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2020). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Trimulato. (2017). Manajemen risiko berbasis syariah. Al-Urban: Jurnal Ekonomi Syariah dan Filantropi Islam, 1(1), 90–104.
Wijayanti, S., & Pratiwi, A. (2023). Uji reliabilitas dan validitas instrumen dalam penelitian sosial. Jurnal Riset Pendidikan, 10(2), 112–120.











