Analisis Pengaruh Fear of Missing Out dan Kepedulian Lingkungan terhadap Keputusan Investasi Hijau: Studi pada Generasi Z
DOI:
https://doi.org/10.14421/skiej.2025.4.1.2688Keywords:
Fear of Missing Out, Literasi Keuangan Syariah, Sikap Peduli Lingkungan, Investasi HijauAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Fear of Missing Out (FoMO), literasi keuangan syariah, dan sikap peduli lingkungan terhadap keputusan investasi hijau. Investasi hijau dipahami sebagai bentuk investasi yang tidak hanya berorientasi pada keuntungan finansial, namun juga memperhatikan aspek keberlanjutan lingkungan. Generasi Z, yang dikenal sebagai generasi digital dan peduli isu sosial, menjadi fokus penelitian ini karena memiliki potensi besar dalam mendorong praktik investasi berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei terhadap 155 responden Generasi Z. Teknik analisis yang digunakan adalah Partial Least Square–Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan bantuan perangkat lunak SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa FoMO, literasi keuangan syariah, dan sikap peduli lingkungan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan investasi hijau. Temuan ini memperkuat teori Social Cognitive Theory yang menyatakan bahwa perilaku dipengaruhi oleh interaksi antara faktor personal, lingkungan sosial, dan kognitif. Penelitian ini memberikan kontribusi teoretis dalam memperluas kajian perilaku keuangan dan kontribusi praktis dalam merancang strategi edukasi dan promosi investasi hijau yang tepat sasaran
Downloads
Abstract viewed: 199 times
|
PDF downloaded = 197 times
References
Bandura, A. (1986). Social foundations of thought and action: A social cognitive theory. Prentice-Hall.
IEA, I. E. A. (2023). World Energy Investment 2023. IEA. https://www.iea.org/reports/world-energy-investment-2023
Febriyanto, A., Adenia, N., Annabila, I., & Yusfiarto, R. (2025). CBDC Adoption: Aligning Model Technostress Inhibitors and Perceived Value Among Indonesian Generation Z. Journal of Central Banking Law and Institutions, 4(1), 49–78. https://doi.org/10.21098/jcli.v4i1.258
Febriyanto, A., Azzam, A., Kutia, H. R., Rizal, A., & Yusfiarto, R. (2024). The impact of foreign direct investment on carbon emissions: A comparative study in the ASEAN countries with the highest foreign direct investment. Innovation and Green Development, 3(4), 100181. https://doi.org/10.1016/j.igd.2024.100181
Hamdani, L., Subing, H. J. T., & Yusfiarto, R. (2024). Catalysing Sustainability: Exploring Factors Shaping Green Initiatives in Micro, Small, and Medium-Sized Enterprises. Journal of Environmental Assessment Policy and Management. https://doi.org/10.1142/S1464333224500042
Judijanto, L., Utami, E. Y., & Siagian, A. O. (2024). Analisis Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup, dan Motivasi Investasi terhadap Minat Investasi Mahasiswa. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 8(2), 414–430. https://doi.org/10.31955/mea.vol8.iss2.pp414-430
kemenkeu RI. (2023). Laporan Investasi Hijau dan Keuangan Berkelanjutan. Kemenkeu RI.
Khoirunnisa, A. N., Ohgata, S., Khoirunisa, K. R., Pambekti, G. T., & Yusfiarto, R. (2025). Necessary and Sufficient Conditions for Purchasing Halal Skincare: Extending the Theory of Planned Behavior. Indonesian Journal of Halal Research, 7(1), 62–77. https://doi.org/10.15575/ijhar.v7i1.39556
Kleinsteuber, A., & Nur, R. (2024). Pengaruh Fear of Missing Out (FoMO) terhadap Keputusan Investasi Impulsif pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi Dan Keuangan, 10(1), 45–60.
Kustina, K. T., Kurniawan, I. M. A. A., Utari, I. G. A. D., & Rini, I. G. A. I. S. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan dan Sikap Peduli Lingkungan Terhadap Keputusan Investasi Hijau Generasi Z. WACANA EKONOMI (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Akuntansi), 23(1), 25–35. https://doi.org/10.22225/we.23.1.2024.25-35
Maharani, P. D., Rusli, L., & Abadi, K. R. (2023). Sharia Investment Decision-Making: Gender Lens Investing, Fear of Missing Out, and Islamic Financial Literation BT - Contributions to Management Science. https://doi.org/10.1007/978-3-031-27860-0_33
Malzara, V. R. B., Widyastuti, U., & Buchdadi, A. D. (2023). Analysis of Financial Literacy and Social Influence on Investment Decisions of Generation Z. Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 27(2), 456–469. https://doi.org/10.26905/jkdp.v27i2.9500
Meyer, J.-H., Friederich, F., Matute, J., & Marquina, P. (2024). Sustainable and Green Investing for Retail Investors: Systematic Review and Research Agenda. Finance Research Letters, 57, 104781. https://doi.org/10.1016/j.frl.2024.104781
Mutmainah, L., Berakon, I., & Yusfiarto, R. (2024). Does financial technology improve intention to pay zakat during national economic recovery? A multi-group analysis. Journal of Islamic Marketing, 15(6), 1583–1607. https://doi.org/10.1108/JIMA-09-2022-0268
Nielsen. (2023). Global Sustainability Report 2023: The Rise of Green Consumers. Nielsen Insights. https://www.nielsen.com/global/en/insights/report/2023/global-sustainability-report-2023/
OJK. (2022). Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan Tahun 2022. OJK.
OJK. (2023). Taksonomi Keuangan Berkelanjutan Indonesia (TKBI) Versi 2: Panduan Investasi Berkelanjutan Terbaru. OJK.
Pašiušienė, I., Podviezko, A., Malakaitė, D., & Čiegis, R. (2023). Green Investment Decisions: Are Young Investors Ready to Go Green? Sustainability, 15(19), 14010–14029. https://doi.org/10.3390/su151914010
Phung, C. K., & Nur, D. I. (2024). Keputusan Investasi Keuangan dan Fear of Missing Out Sebagai Variabel Mediasi pada Mahasiswa UPN Veteran Jawa Timur. Jurnal Manajemen Dan Sains. https://doi.org/10.36349/easjmb.2024.v07i01.001
Rahmawati, U., & Raharja, S. (2024). Pengaruh Herding, Loss Aversion, Dan Availability Terhadap Pengambilan Keputusan Investasi Dengan Fear Of Missing Out Sebagai Variabel Mediasi Pada Investor Gen Z. Jurnal Ekonomi Efektif, 7(1), 12–25. https://doi.org/10.32493/jee.v7i1.34502
Saibil, D. I., Khoirunnisa, A. N., & Yusfiarto, R. (2023). From Cash to Cashless: Understanding Users’ Switching Intentions from Cash to Mobile Payment Applications. Vision: The Journal of Business Perspective. https://doi.org/10.1177/09722629231197336
Sunarsih, S., Hamdani, L., Rizal, A., & Yusfiarto, R. (2023). Motivational factors to paying zakat through institutions: a multigroup analysis of urban and suburban muzakki based on digital payment scheme. Journal of Islamic Accounting and Business Research. https://doi.org/10.1108/JIABR-12-2022-0333
Sutadi, T., & Rahmawati, C. H. T. (2024). The Influence Of Herding, Loss Aversion, And Availability On Investment Decision-Making With Fear Ofmissing Outas A Mediating Variableamong Generation Z Investors. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Bisnis Syariah. https://doi.org/10.2139/ssrn.5083173
Yulianto, M. D., Anggraeni, M. D., Alviasari, A., & Novitasari, A. (2024). The Role of Fintech in Promoting Sustainable Investment among Generation Z. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 9(1), 33–45. https://doi.org/10.21043/jebi.v9i1.18892
Yusfiarto, R., Nugraha, S. S., Mutmainah, L., Berakon, I., Sunarsih, S., & Nurdany, A. (2022). Examining Islamic capital market adoption from a socio-psychological perspective and Islamic financial literacy. Journal of Islamic Accounting and Business Research. https://doi.org/10.1108/JIABR-02-2022-0037
Yusfiarto, R., Sunarsih, S., & Darmawan, D. (2021). Understanding Muslim’s switching from cash to m-payments: based on push-pull-mooring framework. Journal of Islamic Marketing, ahead-of-p(ahead-of-print). https://doi.org/10.1108/JIMA-05-2021-0135
Yusfiarto, R., Supriani, I., Mutmainah, L., Hamdani, L., Khoirunnisa, A. N., & Ibrahim, M. H. (2024). Enabling Islamic internet-only banks acceptance: an empirical analysis of the UTAUT framework and Islamic compliance. Journal of Islamic Marketing. https://doi.org/10.1108/JIMA-02-2022-0057
Zulistiawati, F., Heryahya, A., & Indriani. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan dan Lingkungan Sosial terhadap Keputusan Investasi Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Finansial Islam, 6(1), 35–48.











