Potensi Pasar Tradisional dalam Memajukan Ekonomi Lokal: Studi Kasus Pada Pasar Haji Sani Delta Pawan, Ketapang
DOI:
https://doi.org/10.14421/skiej.2025.4.1.2689Keywords:
Ekonomi Lokal, Kesejahteraan Masyarakat, Pasar Tradisional, Bisnis MikroAbstract
Penelitian ini mengkaji relevansi pasar tradisional dalam memajukan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat lokal dengan mengambil studi kasus Pasar Haji Sani Delta Pawan, Ketapang. Melalui pendekatan studi kasus, metode penelitian kualitatif digunakan. Data dikumpulkan melalui observasi partisipan, wawancara mendalam dengan 10 pedagang di pasar, 1 pejabat pemerintah, 5 pengunjung, serta kajian dokumen. Temuan menunjukkan bahwa Pasar Haji Sani memegang peran signifikan dalam perekonomian lokal dengan mempekerjakan 128 orang yang meliputi pedagang, penjaga parkir, dan petugas kebersihan. Pasar ini juga membantu menstabilkan harga dan selanjutnya menciptakan apa yang dikenal sebagai efek pengganda ekonomi bagi berbagai sektor lokal seperti pertanian dan transportasi. Secara ekonomi, para pedagang melaporkan pendapatan yang memungkinkan mereka memenuhi kebutuhan pokok, mengakses layanan kesehatan (BPJS), serta membiayai pendidikan tinggi anak-anak mereka. Selain keuntungan ekonomi, pasar berfungsi sebagai ruang sosial yang memungkinkan interaksi antarmasyarakat dari berbagai latar belakang sosial. Studi ini menekankan perlunya revitalisasi pasar tradisional untuk meningkatkan daya saing dan menarik minat konsumen dalam menghadapi persaingan pasar modern
Downloads
Abstract viewed: 239 times
|
PDF downloaded = 172 times
References
Aliyah, I., Yudana, G., Sugiarti, R. (2020). Model of traditional market as cultural product outlet and tourism destination in current era. Journal of Architecture and Urbanism, 44(1), 88. https://doi.org/10.3846/jau.2020.11440
Ardhiansyah, N. N., Mahendarto, T. (2020). Revitalizing and reimagining the Indonesian traditional market (Case study: Salaman traditional market Indonesia). IOP Conference Series Earth and Environmental Science, 436(1), 12010. https://doi.org/10.1088/1755-1315/436/1/012010
Febrinda, R. R., Ningsih, R. (2023). Kesiapan digitalisasi sistem pembayaran non tunai di pasar rakyat. Jurnal Ekonomi dan Kebijakan Publik, 13(2), 87. https://doi.org/10.22212/jekp.v13i2.2022
Hadi, A. (2020). Pasar Tradisional dalam Pusaran Modernisasi. Pustaka Obor Indonesia.
Hamdani, L., Subing, H. J. T., & Yusfiarto, R. (2024). Catalysing Sustainability: Exploring Factors Shaping Green Initiatives in Micro, Small, and Medium-Sized Enterprises. Journal of Environmental Assessment Policy and Management. https://doi.org/10.1142/S1464333224500042
Haque, F. A. D., Kalsum, E., Putro, J. D. (2022). Perancangan pasar rakyat di Kecamatan Beduai. JMARS Jurnal Mosaik Arsitektur, 10(1), 240. https://doi.org/10.26418/jmars.v10i1.51585
Herliana, E. T. (2015). Preserving Javanese culture through retail activities in Pasar Beringharjo, Yogyakarta. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 184, 206. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.05.081
Hidayat, W., Widiartanto, W., Prihartini, A. E., Dewi, R. S. (2018). Model pengembangan pasar tradisional berbasis pada perilaku konsumen. Jurnal Administrasi Bisnis, 7(2), 108. https://doi.org/10.14710/jab.v7i2.22696
Khoirunnisa, A. N., Salsabiil, U. Z., Sodik, F., Dewanti, N. S., & Yusfiarto, R. (2023). Linking Religiosity to Socio-Entrepreneurship Intention: A Case of Muslim Youth in Indonesia. Journal of Islamic Monetary Economics and Finance, 9(2). https://doi.org/10.21098/jimf.v9i2.1647
Merlinda, S., Widjaja, S. U. M. (2020). Revitalization strategy of traditional markets: A case study in Malang. Proceedings of the 4th Padang International Conference on Education, Economics, Business and Accounting (PICEEBA-2 2019). https://doi.org/10.2991/aebmr.k.200305.098
Musyaffa, N., Prasetyo, A., Sastra, R. (2021). Market basket analisys data mining terhadap data penjualan menggunakan algoritma Frequent Pattern Growth (FP Growth). Jurnal Khatulistiwa Informatika, 9(2). https://doi.org/10.31294/jki.v9i2.11133
Novianti, Y., Aini, N., Fahrizal, E. (2023). Evaluasi pasar tradisional: Studi kasus pasar rakyat Krueng Mane. Arsir, 7(1), 43. https://doi.org/10.32502/arsir.v7i1.5269
Nurhaliza, S. (2022). Bertahan di Tengah Perubahan: Strategi Pedagang Pasar Tradisional. UB Press
Nurhamsyah, M., Alhamdhani, M. R., Rudiyono. (2020). Evaluasi purna huni pasar tradisional Kota Pontianak ditinjau dari aspek perilaku (Studi kasus: Pasar Kemuning dan Pasar Dahlia). Jurnal Teknika Jurnal Teoritis dan Terapan Bidang Keteknikan, 4(1), 1. https://doi.org/10.52868/jt.v4i1.2643
Pambekti, G. T., Yusfiarto, R., & Nugraha, S. S. (2022). ROSCAs Through the Islamic Community: An Alternative to Enhancing Entrepreneurship and Wealth. Journal of Islamic Monetary Economics and Finance, 8, 81–106. https://doi.org/10.21098/jimf.v8i0.1371
Prasetyo, E. (2018). Pasar Tradisional dan Pembangunan Berkelanjutan. Gramedia Pustaka Utama.
Rahayu, T. (2015). Analisis usaha dan strategi pengembangan UMKM kripik tempe Sanan (Studi kasus di Sanan, Kelurahan Purwantoro, Kecamatan Blimbing, Malang). http://repository.ub.ac.id/id/eprint/130122
Rohmah, N., Lesmana, M., Suminto, A. (2021). Intervensi harga produk sekunder pada masa pandemi Covid-19 perspektif Islam. Islamic Economics Journal, 7(1), 76. https://doi.org/10.21111/iej.v7i1.6397
Santoso, S. (2016). Sejarah ekonomi Islam masa kontemporer. An-Nisbah Jurnal Ekonomi Syariah, 3(1). https://doi.org/10.21274/an.2016.3.1.59-86
Setiawan, D. I., Shafira, K. (2021). A study on the quality of natural ventilation in Jakarta traditional market. IOP Conference Series Earth and Environmental Science, 794(1), 12220. https://doi.org/10.1088/1755-1315/794/1/012220
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Supriadi, D. (2019). Pasar Tradisional: Identitas dan Transformasi Sosial. Yayasan Pustaka Nusantara.
Syadiah, E. A., Riska, R., Saleh, R. (2021). Pemberdayaan kelompok ibu rumah tangga Kelurahan Sabilambo melalui pelatihan pembuatan bakso ikan patin sebagai upaya peningkatan pendapatan keluarga. Jurnal Pengabdian Dharma Wacana, 2(3), 125. https://doi.org/10.37295/jpdw.v2i3.236
Utama, S., Yusfiarto, R., Pertiwi, R. R., & Khoirunnisa, A. N. (2023). Intentional model of MSMEs growth: a tripod-based view and evidence from Indonesia. Journal of Asia Business Studies. https://doi.org/10.1108/JABS-08-2022-0291
Widyastuti, D. (2020). Reinforcing identity: Bringing the new face of Malioboro historic place, Yogyakarta, Indonesia. IOP Conference Series Earth and Environmental Science, 490(1), 12003. https://doi.org/10.1088/1755-1315/490/1/012003
Yusfiarto, R., Abdeljawad, I., Syarifah, L., Rosman, R., Febriyanto, A., & Ibrahim, M. H. (2025). Shaping entrepreneurial performance in small business sectors: does Islamic financial institutions’ support matter? Journal of Developmental Entrepreneurship. https://doi.org/10.1142/S1084946725500141
Yusfiarto, R., & Pambekti, G. T. (2019). Does internet marketing factors with Islamic value improve SMEs performance? Journal of Islamic Monetary Economics and Finance, 5(4), 807–828. https://doi.org/10.21098/jimf.v5i4.1101
Yusfiarto, R., Pambekti, G. T., Setiawan, A., Khoirunnisa, A. N., & Nugraha, S. S. (2022). Does Islamic Social Capital Enhancing SMEs Sustainable Performance? Journal of Islamic Monetary Economics and Finance, 8(1). https://doi.org/10.21098/jimf.v8i1.1398











