Potensi Pasar Tradisional dalam Memajukan Ekonomi Lokal: Studi Kasus Pada Pasar Haji Sani Delta Pawan, Ketapang

Authors

  • Bendy Hartanto Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.14421/skiej.2025.4.1.2689

Keywords:

Ekonomi Lokal, Kesejahteraan Masyarakat, Pasar Tradisional, Bisnis Mikro

Abstract

Penelitian ini mengkaji relevansi pasar tradisional dalam memajukan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat lokal dengan mengambil studi kasus Pasar Haji Sani Delta Pawan, Ketapang. Melalui pendekatan studi kasus, metode penelitian kualitatif digunakan. Data dikumpulkan melalui observasi partisipan, wawancara mendalam dengan 10 pedagang di pasar, 1 pejabat pemerintah, 5 pengunjung, serta kajian dokumen. Temuan menunjukkan bahwa Pasar Haji Sani memegang peran signifikan dalam perekonomian lokal dengan mempekerjakan 128 orang yang meliputi pedagang, penjaga parkir, dan petugas kebersihan. Pasar ini juga membantu menstabilkan harga dan selanjutnya menciptakan apa yang dikenal sebagai efek pengganda ekonomi bagi berbagai sektor lokal seperti pertanian dan transportasi. Secara ekonomi, para pedagang melaporkan pendapatan yang memungkinkan mereka memenuhi kebutuhan pokok, mengakses layanan kesehatan (BPJS), serta membiayai pendidikan tinggi anak-anak mereka. Selain keuntungan ekonomi, pasar berfungsi sebagai ruang sosial yang memungkinkan interaksi antarmasyarakat dari berbagai latar belakang sosial. Studi ini menekankan perlunya revitalisasi pasar tradisional untuk meningkatkan daya saing dan menarik minat konsumen dalam menghadapi persaingan pasar modern

Downloads

Download data is not yet available.
Abstract viewed: 239 times | PDF downloaded = 172 times

References

Aliyah, I., Yudana, G., Sugiarti, R. (2020). Model of traditional market as cultural product outlet and tourism destination in current era. Journal of Architecture and Urbanism, 44(1), 88. https://doi.org/10.3846/jau.2020.11440

Ardhiansyah, N. N., Mahendarto, T. (2020). Revitalizing and reimagining the Indonesian traditional market (Case study: Salaman traditional market Indonesia). IOP Conference Series Earth and Environmental Science, 436(1), 12010. https://doi.org/10.1088/1755-1315/436/1/012010

Febrinda, R. R., Ningsih, R. (2023). Kesiapan digitalisasi sistem pembayaran non tunai di pasar rakyat. Jurnal Ekonomi dan Kebijakan Publik, 13(2), 87. https://doi.org/10.22212/jekp.v13i2.2022

Hadi, A. (2020). Pasar Tradisional dalam Pusaran Modernisasi. Pustaka Obor Indonesia.

Hamdani, L., Subing, H. J. T., & Yusfiarto, R. (2024). Catalysing Sustainability: Exploring Factors Shaping Green Initiatives in Micro, Small, and Medium-Sized Enterprises. Journal of Environmental Assessment Policy and Management. https://doi.org/10.1142/S1464333224500042

Haque, F. A. D., Kalsum, E., Putro, J. D. (2022). Perancangan pasar rakyat di Kecamatan Beduai. JMARS Jurnal Mosaik Arsitektur, 10(1), 240. https://doi.org/10.26418/jmars.v10i1.51585

Herliana, E. T. (2015). Preserving Javanese culture through retail activities in Pasar Beringharjo, Yogyakarta. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 184, 206. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.05.081

Hidayat, W., Widiartanto, W., Prihartini, A. E., Dewi, R. S. (2018). Model pengembangan pasar tradisional berbasis pada perilaku konsumen. Jurnal Administrasi Bisnis, 7(2), 108. https://doi.org/10.14710/jab.v7i2.22696

Khoirunnisa, A. N., Salsabiil, U. Z., Sodik, F., Dewanti, N. S., & Yusfiarto, R. (2023). Linking Religiosity to Socio-Entrepreneurship Intention: A Case of Muslim Youth in Indonesia. Journal of Islamic Monetary Economics and Finance, 9(2). https://doi.org/10.21098/jimf.v9i2.1647

Merlinda, S., Widjaja, S. U. M. (2020). Revitalization strategy of traditional markets: A case study in Malang. Proceedings of the 4th Padang International Conference on Education, Economics, Business and Accounting (PICEEBA-2 2019). https://doi.org/10.2991/aebmr.k.200305.098

Musyaffa, N., Prasetyo, A., Sastra, R. (2021). Market basket analisys data mining terhadap data penjualan menggunakan algoritma Frequent Pattern Growth (FP Growth). Jurnal Khatulistiwa Informatika, 9(2). https://doi.org/10.31294/jki.v9i2.11133

Novianti, Y., Aini, N., Fahrizal, E. (2023). Evaluasi pasar tradisional: Studi kasus pasar rakyat Krueng Mane. Arsir, 7(1), 43. https://doi.org/10.32502/arsir.v7i1.5269

Nurhaliza, S. (2022). Bertahan di Tengah Perubahan: Strategi Pedagang Pasar Tradisional. UB Press

Nurhamsyah, M., Alhamdhani, M. R., Rudiyono. (2020). Evaluasi purna huni pasar tradisional Kota Pontianak ditinjau dari aspek perilaku (Studi kasus: Pasar Kemuning dan Pasar Dahlia). Jurnal Teknika Jurnal Teoritis dan Terapan Bidang Keteknikan, 4(1), 1. https://doi.org/10.52868/jt.v4i1.2643

Pambekti, G. T., Yusfiarto, R., & Nugraha, S. S. (2022). ROSCAs Through the Islamic Community: An Alternative to Enhancing Entrepreneurship and Wealth. Journal of Islamic Monetary Economics and Finance, 8, 81–106. https://doi.org/10.21098/jimf.v8i0.1371

Prasetyo, E. (2018). Pasar Tradisional dan Pembangunan Berkelanjutan. Gramedia Pustaka Utama.

Rahayu, T. (2015). Analisis usaha dan strategi pengembangan UMKM kripik tempe Sanan (Studi kasus di Sanan, Kelurahan Purwantoro, Kecamatan Blimbing, Malang). http://repository.ub.ac.id/id/eprint/130122

Rohmah, N., Lesmana, M., Suminto, A. (2021). Intervensi harga produk sekunder pada masa pandemi Covid-19 perspektif Islam. Islamic Economics Journal, 7(1), 76. https://doi.org/10.21111/iej.v7i1.6397

Santoso, S. (2016). Sejarah ekonomi Islam masa kontemporer. An-Nisbah Jurnal Ekonomi Syariah, 3(1). https://doi.org/10.21274/an.2016.3.1.59-86

Setiawan, D. I., Shafira, K. (2021). A study on the quality of natural ventilation in Jakarta traditional market. IOP Conference Series Earth and Environmental Science, 794(1), 12220. https://doi.org/10.1088/1755-1315/794/1/012220

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Supriadi, D. (2019). Pasar Tradisional: Identitas dan Transformasi Sosial. Yayasan Pustaka Nusantara.

Syadiah, E. A., Riska, R., Saleh, R. (2021). Pemberdayaan kelompok ibu rumah tangga Kelurahan Sabilambo melalui pelatihan pembuatan bakso ikan patin sebagai upaya peningkatan pendapatan keluarga. Jurnal Pengabdian Dharma Wacana, 2(3), 125. https://doi.org/10.37295/jpdw.v2i3.236

Utama, S., Yusfiarto, R., Pertiwi, R. R., & Khoirunnisa, A. N. (2023). Intentional model of MSMEs growth: a tripod-based view and evidence from Indonesia. Journal of Asia Business Studies. https://doi.org/10.1108/JABS-08-2022-0291

Widyastuti, D. (2020). Reinforcing identity: Bringing the new face of Malioboro historic place, Yogyakarta, Indonesia. IOP Conference Series Earth and Environmental Science, 490(1), 12003. https://doi.org/10.1088/1755-1315/490/1/012003

Yusfiarto, R., Abdeljawad, I., Syarifah, L., Rosman, R., Febriyanto, A., & Ibrahim, M. H. (2025). Shaping entrepreneurial performance in small business sectors: does Islamic financial institutions’ support matter? Journal of Developmental Entrepreneurship. https://doi.org/10.1142/S1084946725500141

Yusfiarto, R., & Pambekti, G. T. (2019). Does internet marketing factors with Islamic value improve SMEs performance? Journal of Islamic Monetary Economics and Finance, 5(4), 807–828. https://doi.org/10.21098/jimf.v5i4.1101

Yusfiarto, R., Pambekti, G. T., Setiawan, A., Khoirunnisa, A. N., & Nugraha, S. S. (2022). Does Islamic Social Capital Enhancing SMEs Sustainable Performance? Journal of Islamic Monetary Economics and Finance, 8(1). https://doi.org/10.21098/jimf.v8i1.1398

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Hartanto, B. (2025). Potensi Pasar Tradisional dalam Memajukan Ekonomi Lokal: Studi Kasus Pada Pasar Haji Sani Delta Pawan, Ketapang. Sunan Kalijaga: Islamic Economics Journal, 4(1), 67–79. https://doi.org/10.14421/skiej.2025.4.1.2689

Issue

Section

Articles