URGENSI MENGEMBANGKAN LABORATORIUM SEBAGAI SALAH SATU UPAYA PENINGKATAN PRAKTIK RISET MAHASISWA PRODI SOSIOLOGI

Authors

  • Kanita Khoirun Nisa
  • Muryanti
  • Tri Isnaeni Ades Ria
  • Muhammad Ardiansyah

DOI:

https://doi.org/10.14421/hum.v2i3.3618

Keywords:

Riset, Mahasiswa, Laboratorium, Pemberdayaan

Abstract

Laboratorium sosiologi memiliki peranan sebagai wadah untuk mewujudkan perubahan sosial. Terutama untuk mewujudkan semua kegiatan dan aktivitas Tridharma Perguruan Tinggi, mencakup pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pentingnya laboratorium dalam mewadahi kegiatan penelitian bersama antara dosen dan mahasiswa. Teori yang digunakan untuk menganalisis yaitu pemberdayaan. Metode penelitian kualitatif untuk mencari data di lapangan dan untuk menganalisis temuan di lapangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa laboratorium memiliki peranan yang penting dalam mewadahi praktik riset mahasiswa sosiologi. Proses kegiatan di laboratorium merupakan bagian dari pemberdayaan dengan aktornya dosen dan mahasiswa. Beberapa proses kegiatan pemberdayaan yang dilakukan dalam proses penelitian yaitu : mendiskusikan dan menyusun proposal penelitian, penyusunan instrumen penelitian, pengambilan data penelitian, penyusunan tulisan, publikasi jurnal. Pemberdayaan bisa berkelanjutan dengan adanya partisipasi aktif dari aktor yang terlibat, dosen dan mahasiswa. Dengan adanya keaktifan dosen dan mahasiswa dalam penelitian dan publikasi, pemberdayaan bisa berkelanjutan.

Downloads

Published

2023-12-19

Issue

Section

Articles

How to Cite

URGENSI MENGEMBANGKAN LABORATORIUM SEBAGAI SALAH SATU UPAYA PENINGKATAN PRAKTIK RISET MAHASISWA PRODI SOSIOLOGI. (2023). Jurnal Humanitaria Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(2). https://doi.org/10.14421/hum.v2i3.3618