KOMODIFIKASI AGAMA: STUDI ANALISIS TERHADAP TAMPILAN AGAMA DI INSTAGRAM

Authors

  • Cut Asri UIN SUNANKALIJAGA
  • Moh Soehadha UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.14421/mjsi.71.2931

Abstract

Kemajuan teknologi menghantarkan berbagai kemudahan dalam pemenuhan kebutuhan dengan waktu yang cepat. Penggunaan smartphone yang hampir dimiliki oleh seluruh kalangan di masyarakat membuat masyarakat dapat dengan mudah mengakses internet, sehingga dengan itu berbagai informasi pun akan dengan mudah didapatkan sesuai dengan kebutuhan. Beberapa manfaat yang dimungkinkan dari penggunaanya diantaranya adalah dapat digunakan untuk bertukar pendapat sesama pengguna, sebagai media promosi bisnis, menjadi tempat untuk memperluas pergaulan dan jaringan, saling memberi penilaian, bahkan dapat pula digunakan untuk bertukar file atau dokumen. Dalam perkembangannya media massa erat kaitanya dengan komodifikasi. Komodifikasi dapat diartikan sebagai proses mengubah barang dan jasa termasuk komunikasi yang dinilai karena kegunaanya, menjadi komoditas yang dinilai karena apa yang mereka berikan di pasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian netnografi.Tampilan agama di Instagram memberikan peluang besar terhadap agama untuk tampil secara online, namun peluang ini dipergunakan oleh pilik pemiliki akun Instragram  @kembalijijrah @literasiislamcinta, @kajianmalamminggu, @santun.inv, @duniajilbab untuk mengembangkan perekonomian dalam berbagai bentuk sehingga memberikan nilai tukar baik dalam bentuk agama dalam bisnis, agama dalam bentuk literasi, menyampaikan dakwak-dakwah secara online. Dalam hal ini maka dapat disebut dengan komodifikasi agama karena menggunakan simbol-simbol agama dan materi agama untuk akomodasi nilai tukar.

Kata Kunci: Komodifikasi; Tampilan Agama; Instagram

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-11-17

How to Cite

Cut Asri, & Moh Soehadha. (2022). KOMODIFIKASI AGAMA: STUDI ANALISIS TERHADAP TAMPILAN AGAMA DI INSTAGRAM. Mukaddimah: Jurnal Studi Islam, 7(1), 97–113. https://doi.org/10.14421/mjsi.71.2931
Abstract Viewed = 853 times | pdf downloaded = 1098 times