KOMODIFIKASI AGAMA: STUDI ANALISIS TERHADAP TAMPILAN AGAMA DI INSTAGRAM
DOI:
https://doi.org/10.14421/mjsi.71.2931Abstract
Kemajuan teknologi menghantarkan berbagai kemudahan dalam pemenuhan kebutuhan dengan waktu yang cepat. Penggunaan smartphone yang hampir dimiliki oleh seluruh kalangan di masyarakat membuat masyarakat dapat dengan mudah mengakses internet, sehingga dengan itu berbagai informasi pun akan dengan mudah didapatkan sesuai dengan kebutuhan. Beberapa manfaat yang dimungkinkan dari penggunaanya diantaranya adalah dapat digunakan untuk bertukar pendapat sesama pengguna, sebagai media promosi bisnis, menjadi tempat untuk memperluas pergaulan dan jaringan, saling memberi penilaian, bahkan dapat pula digunakan untuk bertukar file atau dokumen. Dalam perkembangannya media massa erat kaitanya dengan komodifikasi. Komodifikasi dapat diartikan sebagai proses mengubah barang dan jasa termasuk komunikasi yang dinilai karena kegunaanya, menjadi komoditas yang dinilai karena apa yang mereka berikan di pasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian netnografi.Tampilan agama di Instagram memberikan peluang besar terhadap agama untuk tampil secara online, namun peluang ini dipergunakan oleh pilik pemiliki akun Instragram @kembalijijrah @literasiislamcinta, @kajianmalamminggu, @santun.inv, @duniajilbab untuk mengembangkan perekonomian dalam berbagai bentuk sehingga memberikan nilai tukar baik dalam bentuk agama dalam bisnis, agama dalam bentuk literasi, menyampaikan dakwak-dakwah secara online. Dalam hal ini maka dapat disebut dengan komodifikasi agama karena menggunakan simbol-simbol agama dan materi agama untuk akomodasi nilai tukar.
Kata Kunci: Komodifikasi; Tampilan Agama; Instagram
Downloads

Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 cut asri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

