Perbandingan Pendidikan Indonesia dan India Tinjauan Kebijakan Terbaru

Authors

  • Siti Khodijah STAI Sunan Pandanaran

Abstract

Laporan indeks pembangunan manusia UNDP 2021-22 menempatkan Indonesia lebih tinggi dibanding India, sementara di bidang Pendidikan India lebih maju dibanding Indonesia. Berangkat dari data tersebut kajian ini bertujuan menganalisa perbandingan Pendidikan Indonesia dan India dalam sudut pandang kebijakan Pendidikan terbaru. Analisa dalam artikel ini menggunakan metode kepustakaan dengan pendekatan kebijakan publik perbandingan melalui studi atas dokumen publikasi rancangan kebijakan Pendidikan Indonesia bertajuk Peta jalan Pendidikan Indonesia 2020-35 dan publikasi kebijakan pendidikan India bertajuk National Education Policy 2020. Hasil Analisa menunjukkan perbedaan pada beberapa aspek prinsip kebijakan pendidikan, desain penjenjangan sekolah, kurikulum dan implementasinya, penguatan bahasa asing, penerapan teknologi di sekolah sebagai bentuk prestige India di mata internasional. Persamaan nampak pada visi pendidikan meskipun ada perbedaan redaksi namun rumusan visi berangkat dari budaya bangsa dan nilai-nilai luhur yang dianut oleh masing-masing negara, jika India mempercayai Jnan, Pragyaa, dan Satya maka di Indonesia menjunjung tinggi nilai-nilai filosofis Pancasila sebagai ideologi bangsa. Pada rumusan visi keduanya juga tidak mencantumkan frasa agama sebagai bagian dari pijakan. India dan Indonesia juga sama-sama memperkuat pendidikan preschool dan penguatan literasi dan numerasi pada anak-anak usia sekolah dasar.

 

Kata kuci: ipm Indonesia; kebijakan pendidikan; roadmap pendidikan

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-06-11

How to Cite

Siti Khodijah. (2023). Perbandingan Pendidikan Indonesia dan India Tinjauan Kebijakan Terbaru. Mukaddimah: Jurnal Studi Islam, 8(1), 89–114. Retrieved from https://ejournal.uin-suka.ac.id/pusat/mukaddimah/article/view/3150

Issue

Section

Articles
Abstract Viewed = 1571 times | pdf downloaded = 2474 times