HARMONISASI LINGKUNGAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENGHADAPI ERA GLOBALISASI
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk membahas tentang analisis filosofis terhadap harmonisasi lingkungan pendidikan Islam dalam menghadapi globlalisasi. Era globalisasi semakin membawa perubahan dalam pendidikan, di mana semakin tidak ada batas dalam sistem global, sehingga pendidikan harus dapat mengharmoinisasikan perubahan sosial yang terjadi dalam lingkungannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi literatur dengan analsis data deskriptif analitis. Dari penelitian tersebut, dapat dihasilkan sebuah kesimpulan bahwa globalisasi pendidikan membawa dampak adanya kesenjangan sosial di dalam dunia pendidikan, institusi pendidikan bukan merupakan entitas yang tetap dan tidak berubah, sehingga harus dianalogikan sebagai siklus pendidikan, Untuk mewujudkan kelestarian harmonisasi lingkungan pendidikan maka dibutuhkan konsep perbaikan secara terus menerus lembaga pendidikan guna mengantisipasi perubahan lingkungan pendidikan yang begitu cepat.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ni'matur Rohmah, Muhammad Abror Rosyidin, Asriana Kibtiyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.