Pengaruh Promosi melalui Media Sosial terhadap Keputusan Pembelian dalam Viral Marketing di CV Seragam Sekolah Bhinneka Karawang

Authors

  • Neni Triana Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Rifky Fachrury Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Internet of things telah merubah pandangan sebagian orang dalam berbagai hal tidak terkecuali dalam bidang pemasaran. Salah satu bentuk pemasaran yang saat ini berkembang adalah penggunaan media sosial seperti Instagram, facebook atau twiter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi melalui media sosial terhadap keputusan pembelian dalam viral marketing sebagai variabel intervening di CV. Seragam Sekolah Bhinneka Karawang. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen CV. Seragam Sekolah Bhinneka Karawang dengan jumlah sampel 100 responden. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Analisis data yang digunakan menggunakan analisis jalur dengan aplikasi SPSS versi 25.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh signifikan positif antara promosi melalui media sosial terhadap keputusan pembelian, hal ini dibuktikan dari nilai thitung promosi sebesar 1,827. (2) Ada pengaruh signifikan positif antara promosi melalui media sosial terhadap viral marketing, hal ini dibuktikan dari nilai thitung sebesar 3,868. (3) Ada pengaruh signifikan positif antara viral marketing terhadap keputusan pembelian, hal ini dibuktikan dari nilai thitung viral marketing adalah 3,769. (4) Tidak ada pengaruh signifikan antara promosi melalui media sosial terhadap keputusan pembelian dengan viral marketing sebagai variabel intervening, Hal ini dibuktikan dari nilai promosi melalui media sosial terhadap keputusan pembelian sebesar 0,164.

  Kata kunci : Internet of things, media sosial, promosi, viral marketing

Downloads

Published

2019-12-10