PENGEMBANGAN OBJEK WISATA PANTAI AJAY LHOK GEULUMPANG RAYA DI KAWASAN ACEH JAYA MENGGUNAKAN METODE BUSINESS MODEL CANVAS

Authors

  • Sofiyanurriyanti Sofiyanurriyanti UNIVERSITAS TEUKU UMAR Meulaboh, Aceh Barat 23615, PO BOX 59

Abstract

Perkembangan sector pariwisata ini di era globalisasi saat inti pelaku usaha disektor untuk terus mengembangkan bisnisnya yakni pada bisnis pariwisata pada Objek Wisata Pantai Ajay Lhok Geulumpang Raya. outbound, flying fox untuk orang dewasa dan anak-anak, kolam renang anak-anak, treal mini, sepeda gantung, memanah, dan wisata edukasi lainnya serta menikmati pemandangan pantai yang indah. Selain itu Pantai Lhok Geulumpang menjadi salah satu destinasi wisata yang sangat aramai dikunjungi oleh wisatawan lokal hingga mancanegara. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dalam pengembangan objek wisata pantai lhok geulumpang. Setelah dirumuskan starategi untuk pengembangan dengan meminimalkan kelemahan dan ancaman, memaksimalkan pendayagunaan peluang dan kekuatan, selain itu tujuan penelitian inijuga merancang model bisnis dimasa depan sebagai langkah awal pengembangan lokawisata selanjutnya. Data dianalisis secara deskriptif melalui studi kepustakaan, observasi, wawancara. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan strategi pengembangan objek wisata antara lain akses jalan, sarana dan prasarana, akomodasi, promosi objek wisata, mengembangkan produk wisata, serta melibatka masyarakat sekitar dalam pengelolaan wisata.

Author Biography

Sofiyanurriyanti Sofiyanurriyanti, UNIVERSITAS TEUKU UMAR Meulaboh, Aceh Barat 23615, PO BOX 59

PROGRAM STUDI TEKNIK INDUSTRI

FAKULTAS TEKNIK

UNIVERSITAS TEUKU UMAR

 

References

Aditya, P. dan Ida Hayu, D. 2017. Strategi Pengembangan Objek Wisata Pantai di Kabupaten Gunungkidul. Artikel. Departemen Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Diponegoro. Semarang.

Ampon Reza. 2019. “Spot Wahana Baru di Ajay Geulumpang Raya”. http://liputanrakyat.com/spot-wahana-baru-di-ajay-geulumpang-raya/, diakses pada 29 September 2019 pukul 16.00 Wib.

Adawiyah, Iqbal M. 2018. Analisis Kondisi Existing dan Pengembangan Model Bisnis Dalam Sektor Pariwisata (Studi Kasus Pariwisata di Kota Wisata Batu). Jurnal Administrasi Bisnis.54 (1) 169-178.

David, F. 2004. Manajemen Strategis Konsep-konsep. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Dyanita, Chatarina dan Rahning. (2018). Pengembangan Wisata Pantai Desa Watu Karung dan Desa Sendang Kabupaten Pacitan Tahun 2017. Jurnal GeoEco, 4 (1), 31-40.

Irham, Van Nostrand. 2014. Strategi Pengembangan Kawasan Wisata Pulai Kerampuang Kabupaten Mamuju. Program Pascasarjana : PPW UNHAS. Makassar.

Nurdianti, A. 2013. Potensi Pengembangan Wisata Alam Di Habitat Maleo (Macrocephalonmaleo) Taman Nasional Lore Lindu Bidang Pengelolaan Wilayah (BPW) I Saluki Kec. Gumbasa Kab. Sigi. Warta Rimba. I(1):1-8.

Mukhlison dan Fandeli. 2000. Pengusaha Ekowisata. Fakultas Kehutanan. Universitas Gadjah Mada. Yongyakarta.

Oesterwalder, Alexander dan Pigneur, Yves Terjemahan (2012). Business Model Generation. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Ratih, M., Ono.,S dan Djohar.,S. (2017). Pengembangan Model Bisnis Pada Lokawisata Baturaden Menggunakan Business Model Canvas. Jurnal Manajemen IKM, 12 (2), (137-144). ISSN 2085-8418.

Rangkuti, F. 2000. Analisis Swot Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Suwantoro, Gamal. (2004). Dasar-Dasar Pariwisata. Yongyakarta: ANDI.

Yoeti, O. A. 2008. Ekonomi Pariwisata Introduksi, Informasi dan Implementasi.Jakarta: Kompas

Downloads

Published

2019-12-10

Issue

Section

Sistem Pengambilan Keputusan dan Manajemen Proyek