PENERAPAN METODE SIX SIGMA (DMAIC) UNTUK MENINGKATKAN PERAMALAN PENJUALAN KERUDUNG PADA USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH DI DESA SUKOWATI BUNGAH

Authors

  • Sofiyanurriyanti Sofiyanurriyanti Sekolah Tinggi Teknik Qomaruddin Gresik
  • Mahasin Ahmad Maulana

Abstract

Desa Bungah merupakan salah satu Desa dari Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik ini merupakan Desa yang sering disebut sebagai Desa para santri. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis persediaan barang dengan menggunakan metode forecasting, menentukan jumlah permintaan kebutuhan konsumen, mengetahui penyebab terjadinya cacat pada produksi pembuatan kerudung, memberikan usulan perbaikan dan mengurangi (waste) yang terjadi pada jumlah cacat pada kerudung. Permasalahan Usaha Kecil Menengah (UMKM) Kerudung dapat diselesaikan dengan menggunakan peramalan (forecasting) didapatkan nilai paling terkecil berada di 4 bulanan dengan nilai error MAD sebesar 17,97, MSE sebesar 546,88 dan MAPE sebesar 0,03. Analisis hasil penelitian six sigma ini untuk mengetahui tahapan define, tahapan pengukuran measure dihitung nilai upper control limit (UCL) sebesar 134,9761 dan lower control limit (LCL) sebesar 73,68994 serta perhitungan DPMO sebesar 1916,933 yang terdapat kecacatan pada produk kerudung antara lain jahitan pinggiran tidak rapi, kain yang berkerut, lubang pada kain kerudung, sablon kurang rapi (tinta kurang), warna tidak sesuai. Pada tahap analyze dapat ditarik kesimpulan bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi yaitu pada faktot mesin peralatan, faktor manusia, faktor bahan baku material, faktor metode kerja, dan lingkungan kerja. Tahap selanjutnya adalah tahap improve dengan perbaikan yang mempengaruhi yakni kelelahan dan kurangnya kosentrasi pekerja saat melakukan pekerjaan, mata pisau tumpul, benang mesin jahit bunder, jarum putus, kurang pengawasan, kurang teliti saat menyambungkan motif, ceroboh, tergesa-gesa dalam mengejar target, pemasangan kain ke mesin jahit kurang sempurna, proses pemotongan tidak kosisten pada pola dan ukuran. Tahap terakhir adalah tahap control dengan menggunakan diagram SIPOC (Supplier, Input, Process, Output, Customer) seperti pemasok bahan baku kain kerudung, bahan baku utama benang, kain, kerudung, menyelesaikan permintaan proses pembuatan kain kerudung dengan hasil yang baik, sesuai standart atau ukuran pemesanan yang telah ditetapkan.

References

Antony, J., 2008. Can Six Sigma Be Effectively Implemented in SMEs?. International Journal of Productivity and Performance Management, 57(5), 420-423.

Artham, P., dan Rojamarowan, N., 2013, Defective Reduction on Dent Defects in Flexible Printed Cicuits Manufacturing Process. IOSR Journal Of Engineering. 2(5), 23-28.

Badan Pusat Statistik (BPS), diakses dari http://www.bps.go.id/, diakses pada tanggal 9 Juni 2017 pada jam 13.00 WIB.

Biegel, John E., (1999), Production Control, New York Prentice-Hall. Inc

Collis, D.J., dan Montgomery, C.A. (2005). Corporate Strategy A ResourceBased Approach, 2nd Edition. McGraw Hill, New York.Harry, M.J., and Schroeder, R., 2000, Six Sigma :The Breakthrough Management Strategy Revolutionizing The World’s Top Corporation , Doubleday, New York.

Gaspersz, V., 2008. Total Quality Management. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Umum.

Ginting, Rosnani. (2007). Sistem Produksi. Graha Ilmu: Yogyakarta.

Hanke, J. E. & Wichers, D. W. (2005). Business Forecasting Eight Edition. New Jersey: Pearson Prentice hallKalekar, Prajakta S. (2004).

Heizer, Jay & Render Barry. 2015. Manajemen Operasi : Manajemen Keberlangsungan dan Rantai Pasokan, edisi11.Jakarta: Salemba Empat.

Mehrjerdi, Y.Z., 2010, Quality Function Deployment and Its Extensions, International Journal of Quality & Reliability Management, 27(6), 616-640.

Nasution, Arman Hakim.(2003). Perencanaan dan Pengendalian Produksi edisi pertama cetakan kedua.Guna Widya, Surabaya.

Nasution, A. H., dan Prasetyawan, Y. (2008).Perencanaan & PengendalianProduksi. Edisi Pertama. Graha Ilmu, Yogyakarta.

Reinke, P.C., 2010. The New Brass Ring: Dmadd, Process Improvement for the 21st Century. USA: Eloquent Books.

Stevenson, J., William danChuong, Chee., Sum. ManajemenOperasi. Buku 2.Edisi 9.SalembaEmpat.2011.

Taylor III, B.W., 2005. Sains Manajemen 8th ed., Surabaya: Salemba Empat.Heizer, Jay and Barry Render. (2001). Operations Management, 6thedition, Prentice-Hall Inc, New Jersey.

Pende, Peter S, Neuman, Robert P., Cavanagh, Rolland R. (2000).The Six Sigma Way –Bagaimana GE, Motorola dan Perusahaan Terkenal Lainnya Mengasah Kinerja Mereka.Yogyakarta: Penerbit Andi.

Downloads

Published

2019-12-10

Issue

Section

Manajemen Kualitas, Tata Letak, dan Rantai Pasok