SIMULASI ALIRAN FLUIDA PADA HYDRO – MAGNETO – ELECTRIC REGENERATIVE SHOCK ABSORBER (HMERSA) UNTUK MENDAPATKAN HASIL MECHANICAL POWER DAN TORSI MOTOR HIDROLIK

Authors

  • Herri Darsan
  • Maidi Saputra
  • Masykur Masykur

Abstract

Sistem suspensi kendaraan terdiri dari sistem massa pegas peredam, yang mengisolasi rangka kendaraan dari gangguan kontur atau profil jalan (road disturbances). Perkembangan tentang Hydroulic Regenerative Shock Absorber dimulai dengan mempresentasikan teori yang bekerja, dan mensimulasikannya dengan software komputer numerik, untuk dibandingkan dengan sistem shock absorber konvensional. Beberapa peneliti mengaplikasikan penyearah aliran hidrolik (hydraulic rectifier) untuk dipasang pada hydraumelic motor regenerative shock absorber. Pada simulasi aliran fluida HMERSA menggunakan  variasi input dan single output yang diberikan pada selinder hidrolik yang ada pada kendaraan roda 4, yang terletak pada bagian depan dan belakang. variasi Inputan A+A-B+B-C+C-D+D- yaitu A = selinder hidrolik depan bagian sebelah kiri (S1). B = selinder hidrolik depan bagian sebelah kanan (S2). C= selinder hidrolik belakang bagian sebelah kiri (S3) dan  D= selinder hidrolik belakang bagian sebelah kanan (S4). (+) = Selinder hidrolik terkompresi. (-) = selinder hidrolik terekspansi. Torsi motor hidrolik naik dari 0 detik sampai  waktu 0.2 detik torsi yang diperoleh 1,7379 Nm. Pada saat selinder hidrolik terekspansi dan terkompresi meningkat perlahan-lahan sebesar 2,1499 Nm pada waktu 2.4 detik.  mechanical power hubungan dengan waktu dapat dilihat pada waktu 0.2 detik  diperoleh daya mekanik sebesar 17,93 Watt dan terus meningkat sampai 46,51 Watt pada waktu 2.4 detik. Semakin tinggi putaran semakin besar pula daya mekanik yang diperoleh

Downloads

Published

2019-12-10