PERSEPSI, PERILAKU DAN KEPUTUSAN TERHADAP PENGGUNAAN PRODUK SUNSCREEN BERLABEL HALAL (STUDI EKSPLORASI PADA MAHASISWA UIN WALISONGO SEMARANG)
Abstract
Abstrak. Radiasi sinar ultra violet (UV) dapat memberikan efek yang berbahaya pada kulit seperti penuaan dini, sunburn, hingga kanker kulit. Bahaya paparan sinar UV tersebut di tambah dengan perubahan iklim yang mengakibatkan suhu bumi semakin panas, maka melindungi kulit menjadi urgen dilakukan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan sunscreen. Sayangnya, kesadaran dan pemahaman akan pentingnya penggunaan sunscreen di masyarakat masih minim. Melihat masyarakat Indonesia mayoritas muslim, maka pertimbangan dalam memilih produk-produk yang dikonsumsi didasarkan pada label atau sertifikasi halal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi dan perilaku mahasiswa mengenai pentingnya penggunaan sunscreen dan hubungannya dengan keputusan mereka memilih produk sunscreen yang berlabel halal. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif. Data digali melalui penyebaran kuisioner kepada mahasiswa UIN Walisongo Semarang khususnya pada mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi. Wawancara dan studi literature juga digunakan untuk memperkuat data dan proses analisis. Hasil menunjukkan bahwa pemilihan produk sunscreen berlabel halal mempengaruhi minat beli para mahasiswa.
Kata Kunci. Sunscreen, Halal, Sinar UV
Abstract. Ultra violet (UV) radiation can have harmful effects on the skin such as premature aging, sunburn, and skin cancer. The danger of exposure to UV rays is coupled with climate change which causes the earth's temperature to get hotter, so protecting the skin is urgent. One effort that can be done is to use sunscreen. Unfortunately, awareness and understanding of the importance of using sunscreen in the community is still minimal. Seeing that the Indonesian people are predominantly Muslim, the considerations in choosing the products to be consumed are based on the halal label or certification. The purpose of this study was to determine the perceptions and behavior of students regarding the importance of using sunscreen and its relationship with their decision to choose a sunscreen product that is labeled halal. The research method uses qualitative methods. The data was extracted through the distribution of questionnaires to students of UIN Walisongo Semarang, especially to students of the Faculty of Science and Technology. Interviews and literature studies were also used to strengthen the data and analysis process. The results show that the selection of halal-labeled sunscreen products affects students' buying interest.
Keywords. Sunscreen, Halal, UV Rays