Tujuan Pendidikan Islam Perspektif Al-Qur'an Surah Al-Anbiya’ Ayat 107 dan An-Nahl Ayat 97

Tujuan Pendidikan Islam Perspektif Al-Qur'an Surah Al-Anbiya’ Ayat 107 dan An-Nahl Ayat 97

Authors

  • Nur Khomisah Pohan Nur Khomisah UIN Sunan Kalijaga
  • Faiqotussana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Putri Nurinadia UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.14421/hjie.2022.21-09

Keywords:

Tujuan Pendidikan Islam, Perspektif Al-Qur’an, Surah al-Anbiya’ ayat 107 dan an-Nahl ayat 97

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tujuan pendidikan Islam perspektif al-Qur’an dalam surah al-Anbiya’ ayat 107 dan surah an-Nahl ayat 97. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data primer diperolah dari Al-Quran dan tafsir sedangkan sumber data sekunder diperoleh dari literatur  yang  berkaitan  dengan  tujuan pendidikan islam,  dan  lain sebagainya. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan model analisis data interaktif Miles & Huberman. Hasil dari kajian ini mengungkapkan bahwa Betapa besarnya perhatian Islam terhadap pendidikan, pastinya agam Islam sendiri memiliki tujuan terhadap pendidikan Islam. Dalam kaidah ushuliyah juga dinyatakan bahwa al-umuru bi maqashidiha yaitu setiap tindakan dan aktifitas harus berorientasi pada tujuan/rencana yang telah ditetapkan. Dengan penelitian ini diharapkan mampu memahami bahwa tujuan pendidikan islam Dalam perspektif QS. Al-Anbiya’ ayat 107 pendidikan Islam diharapkan mampu membawa peserta didik untuk menjadi rahmat bagi semesta alam sebagaimana diteladankan oleh Rasulullah Saw. Dalam perspektif QS. An- Nahl ayat 97 diharapkan agar manusia senantiasa berbuat kebajikan, mengerjakan amal shaleh, dan melakukan perbuatan-perbuatan yang mengikuti petunjuk kitab Allah dan sunnah Nabi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-07-05

How to Cite

Pohan Nur Khomisah, N. K., Faiqotussana, & Putri Nurinadia. (2022). Tujuan Pendidikan Islam Perspektif Al-Qur’an Surah Al-Anbiya’ Ayat 107 dan An-Nahl Ayat 97. HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education, 2(1), 129–139. https://doi.org/10.14421/hjie.2022.21-09

Issue

Section

Articles
Loading...