Ensiklopedia Peralatan Laboratorium Biologi Sebagai Sumber Belajar

Authors

  • Fina Ni'mah UIN Sunan Kalijaga
  • Sulistiyawati

DOI:

https://doi.org/10.14421/neuron.2021.11-03

Keywords:

Ensiklopedia, Peralatan Laboratorium, Sumber Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alat apa saja yang digunakan dalam praktikum biologi, menghasilkan ensiklopedia peralatan laboratorium biologi sebagai sumber belajar, mengetahui kualitas ensiklopedia peralatan laboratorium biologi berdasarkan penilaian ahli media, ahli materi, guru/laboran biologi, mengetahui respon peserta didik dan mahasiswa terhadap ensiklopedia yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan, menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Penilaian ensiklopedia dilakukan oleh 1 ahli materi, 1 ahli media, 2 guru biologi, 1 laboran biologi, dan 68 peserta didik SMA kelas XI SMA serta 36 mahasiswa Pendidikan Biologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat 58 alat yang digunakan dalam praktikum biologi yang termasuk dalam enam kategori peralatan laboratorium biologi berdasarkan bahan dasar alat, 2) kualitas ensiklopedia berdasarkan penilaian ahli media termasuk dalam kategori “Baik” dengan persentase sebesar 80%, berdasarkan penilaian ahli materi termasuk dalam kategori “Baik” dengan persentase 78%, berdasarkan penilaian guru/laboran biologi termasuk dalam kategori “Sangat Baik” dengan persentase 97%, 3) respon peserta didik termasuk dalam kategori “Sangat Baik” dengan persentase 85%, serta respon mahasiswa termasuk dalam kategori “Sangat Baik” dengan persentase 89%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriani, Ririn. 2016. Pengenalan Alat-Alat Laboratorium Mikrobiologi untuk Mengatasi Keselamatan Kerja dan Keberhasilan Praktikum. Jurnal Mikrobiologi. 01, n0. 01.

Azizah. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Stopmotion Berbasis Inquiry Menggunakan Model Borg and Gall. Skripsi. Universitas Jember

Cahyaningrum, Dwi., Hanif Tegar M. Sari., Dini Iswandari. 2019. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan kejadian Kecelakaan Kerja di Laboratorium Pendidikan. Jurnal Pengelolaan Laboratorium Pendidikan. 2: 41-47.

Carin, A & Sund. 1997. Teaching Modern Science. New Jersey: Prentice hall.

Hanifah, Wanda. K.Y.S. Putri. 2020. Efektivitas Komunikasi Google Classroom sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Jakarta Angkatan 2018. Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi. III: 24-35.

Hati, S. W. 2015. Analisis Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) pada Pembelajaran di Laboratorium Program Studi Teknik Mesin Politeknik Negeri Batam. Prosiding SNE” Pembangunan Manusia Melalui Pendidikan dalam Menghadapi ASEAN Economic Community 2015”.

Hidayat, Arif., Sulistyo Saputro dan J.S. Sukardjo. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Ensiklopedia Hukum-Hukum Dasar Kimia untuk Pembelajaran Kimia Kelas X SMAN 1 Boyolali dan SMA 1 Teras. Jurnal Pendidikan Kimia. 4: 47-56.

Maharani, R. Ika., Fitri Arum Sasi. 2018. Analisis Cek List Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Laboratorium Biologi FMIPA UNNES. Integrated Lab Journal 6: 1-12.

Noviar, Dian. Sulistiyawati. 2014. Pengembangan Ensiklopedia IPA Terpadu Berbasis Potensi Lokal Sebagai Bahan Ajar Mandiri bagi Siswa SD/MI. Jurnal Biologi, Sains, Lingkungan, dan Pembelajarannya. 11: 1060-1068

Nugroho, Agung. 2016. Validasi Metode Pengujian Viskositas MU01/VIS/2011 di Laboratorium Terpadu Dengan Menggunakan Viskometer Brookfield. Integrated Lab Journal. 4: 87-94.

Paidi. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan Biologi. Yogyakarta: UNY Press.

Pamungkas, K.T. 2018. Ensiklopedia Burung Taman Hutan Raya Raden Soerjo Sebagai Sumber Belajar Mandiri. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007. Tentang sarana dan Prasarana Untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI), Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs), dan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA). Jakarta: Menteri Pendidikan Nasional.

Permenakertrans RI. 2010. Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor Per.08/MEN/VII/2010 Tentang Alat Pelindung Diri. Jakarta: Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia.

Pratiwi, Harini Citra dan Abdul Manan. 2015. Teknik Dasar Histologi pada Ikan Gurami (Osphronemus gouramy). Jurnal Ilmiah Perikanan dan Kelautan. 7: 153-157.

Sadjati, Ida Malati. 2013. Persepsi Mahasiswa tentang Penyelenggaraan Praktikum pada Pendidikan Tinggi Terbuka Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Terbuka. 14: 45-56.

Sudarisman, Suciati. 2010. Membangun Karakteristik Peserta Didik melalui Pembelajaran Biologi Berbasis Keterampilan Proses. Seminar Nasional Pendidikan Biologi UNS. Hlm 237-243.

Sulistiyawati dan Hedianti Rezki. 2015. Pengembangan Ensiklopedia Peralatan Labratorium Biologi sebagai Sumber Belajar Biologi untuk Siswa Kelas VII SMP/MTs. Seminar Nasional XII Pendidikan Biologi FKIP. Universitas Negeri Surakarta: 77-84.

Vanessa, Gabriela. 2013. Pembuatan Ensiklopedia Hewan Punah dan Terancam Punah Bebasis Web. Caliptra. 2: 1-6.

Widoyoko, Eko Putro. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2021-09-16

Issue

Section

Articles