Pengembangan Ensiklopedia Keanekaragaman Cendawan di Desa Bleber Bener Purworejo sebagai Sumber Belajar Mandiri Siswa SMA/MA
DOI:
https://doi.org/10.14421/neuron.2021.11-04Keywords:
ensiklopedia, sumber belajar mandiri, cendawanAbstract
Pembelajaran biologi di SMA/MA pada bab fungi khususnya fungi berbentuk makroskopis (cendawan) yaitu pada filum Ascomycota dan Basidiomycota, selama ini masih mengandalkan pada buku teks. Sebagian besar buku teks biologi untuk kelas X SMA/MA, hanya memberikan contoh dan gambar yang monoton terkait cendawan. Selain itu, pengetahuan mengenai ciri morfologi cendawan dari filum Ascomycota dan Basidiomycota masih belum disinggung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan ensiklopedia keanekaragaman cendawan di desa Bleber Bener Purworejo sebagai sumber belajar mandiri dan mengetahui kualitas ensiklopedia yang telah dikembangkan sehingga layak digunakan sebagai sumber belajar mandiri. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (four-D). Ensiklopedia yang dikembangkan memuat 33 spesies cendawan yang ditemukan di desa Bleber Bener Purworejo terdiri dari 2 spesies filum Ascomycota dan 31 spesies filum Basidiomycota. Ensiklopedia dinilai menggunakan lembar angket oleh 1 ahli materi, 1 ahli media, 2 guru biologi, dan 20 siswa kelas X MAN Purworejo. Hasil penilaian kualitas ensiklopedia oleh ahli materi mendapatkan 83,4% (Sangat Baik), oleh ahli media mendapatkan 80% (Baik), oleh guru biologi mendapatkan 86,9% (Sangat Baik) dan dari respon siswa mendapatkan 88,8% (Sangat Baik). Berdasarkan keseluruhan penilaian tersebut dapat disimpulkan bahwa ensiklopedia sangat layak digunakan sebagai sumber belajar mandiri.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. 1996. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Alwi, Hasan, D. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: PT. Balai Pustaka.
Brahim, T. 2007. Peningkatan Hasil Belajar Sains Siswa Kelas IV Sekolah Dasar, Melalui Pendekatan Pemanfaatan Sumber Daya Alam Hayati di Lingkungan Sekitar. Jurnal Pendidikan Penabur, 6(9).
Djarwanto, D., Suprapti, S., & Martono, D. 2009. Koleksi, Isolasi, dan Seleksi Fungi Pelapuk Di Areal Rutan Tanaman Industri Pulp Mangium dan Ekaliptus. Jurnal Penelitian Hasil Hutan, 26(4).
Hidayat, D., & Hardiansyah, G. 2012. Studi Keanekaragaman Jenis Tumbuhan Obat di Kawasan IUPHHK PT.Sari Bumi Kusuma Camp Tontang Kabupaten Sintang. Jurnal Vokasi, 8.
Mulia, A., Jufri, M., & Syamsiah. 2019. Pengembangan Ensiklopedia Tumbuhan Obat Berbasis Potensi Lokal di Daerah Sinjai Sebagai Sumber Belajar Materi Plantae (Spermatophyta). Prosiding Seminar Nasional Biologi VI, 209–217.
Nur, F. M. 2012. Pemanfaatan Sumber Belajar Dalam Pembelajaran Sains Kelas V SD Pada Pokok Bahasan Makhluk Hidup Dan Proses Kehidupan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(1), 67–78.
Nursyarifah, A. 2014. Pengembangan Ensiklopedi Biologi Pada Sub Materi Hewan Invertebrata Filum Arthropoda Untuk Siswa Kelas X SMA/MA. (Skripsi), UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta.
Rahayu, Heni Puji. 2012. Penyusunan Modul tentang Keanekaragaman Cendawan Di Kawasan Tlogo Muncar Taman Nasional Gunung Merapi Sebagai Alternatif Bahan Ajar Materi Fungi Untuk Siswa SMA Kelas X Semester 1. (Skripsi), UNY, Yogyakarta.
Riduwan. 2015. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Retnowati, A., Rugayah, Rahajoe, J. S., & Arifiani, D. 2019. Status Keanekaragaman Hayati Indonesia: Kekayaan Jenis Tumbuhan dan Jamur Indonesia. LIPI Press, Jakarta.
Rizky, R. 2017. Pengembangan Ensiklopedia Sumber Daya Alam Indonesia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Sumber Daya Alam Siswa Kelas IV SDN Jajartunggal III Kecamatan Wiyung Kota Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3).
Suharna, N. 1993. Keberadaan Basidiomycetes di Cagar Alam Bantimurung, Karaenta dan Sekitarnya, Maros, Sulawesi Selatan. Prosiding Seminar Hasil Litbang SDH 1993. Balitbang Mikrobiologi, Puslitbang Biologi-LIPI, Bogor.
Wardhani, P. 2012. Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Konservasi Lingkungan Untuk Pembelajaran Membaca Siswa SD Kelas Rendah. (Skripsi), Universitas Negeri Semarang.