Pengembangan Teka-Teki Silang (TTS) Sistem Regulasi sebagai Bentuk Latihan Soal Biologi
DOI:
https://doi.org/10.14421/neuron.2021.11-05Keywords:
latihan soal, Teka-Teki Silang (TTS), Sistem RegulasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan serta mengetahui kualitas Teka-Teki Silang (TTS) sebagai bentuk latihan soal biologi. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan mengikuti prosedur yang dikembangkan oleh Sugiyono yang meliputi enam langkah yaitu: identifikasi potensi dan masalah, pengumpulan informasi dan data, desain produk, validasi desain, revisi desain dan uji coba produk. Instrumen penilaian yang digunakan untuk mengetahui kualitas TTS Sistem Regulasi berupa kuesioner. Produk dinilai oleh 1 ahli materi, 1 ahli media, 5 peer-reviewer, dan 1 guru biologi. Uji coba produk dilakukan secara terbatas kepada 20 siswa SMA kelas XI untuk mengetahui respon siswa. Penilaian dari semua ahli, peer-reviewer, dan guru terhadap TTS Sistem Regulasi menunjukkan persentase 87,74% yang termasuk dalam kategori sangat baik dan uji coba produk dari siswa mendapatkan persentase penilaian sebesar 90,4% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa TTS Sistem Regulasi yang dikembangkan layak digunakan sebagai bentuk latihan soal biologi.
Downloads
References
Andi, P. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. In Diva Press.
Arikunto, S., & Jabar, C.S.A. (2009). Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoretis Praktis bagi Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Arsyad, A,. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers
Dwiningrum, S. I. A. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ginayah, L. U., Mashuri, M. T., & Wardhani, R. R. A. A. K. (2018). Pengaruh Media Teka-Teki Silang (TTS) Kimia 3d terhadap Kemampuan Kreatif Siswa pada Materi Hidrokarbon Kelas X SMA Negeri 12 Banjarmasin. Dalton : Jurnal Pendidikan Kimia Dan Ilmu Kimia. https://doi.org/10.31602/dl.v1i2.1578
Hamalik, O,. (1992). Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru
Irma, A. (2020). Analisis Media Pembelajaran Cross Word Puzzle (Teka-Teki Silang) untuk Meningkatkan Kemandirian dan Hasil Belajar. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Kartika, N.A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi sebagai Bahan Ajar pada Materi Sistem Regulasi. Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Musfiqon. (2012). Pengembangan Media Dan Sumber Belajar. Jakarta: PT. Prestasi Pusta Karya.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Padmo, Dewi, Tian Belawati & Purwanto. (2004). Peningkatan Kualitas Belajar Melalui Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Pusat Teknologi Komunikasi dan Informasi
Prabowo, C. A., Ibrohim, & Saptasari, M. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Inkuiri Berbasis Laboratorium Virtual. In Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, dan Pengembangan. https://doi.org/10.17977/jp.v1i6.6422
Pratama, E. H., Pujiastuti, & Prihatin, J. (2014). Peningkatan aktivitas dan hasil belajar biologi menggunakan model pembelajaran team games tournament (tgt) disertai teka-teki silang (crossword puzzles) pada siswa kelas VII SMP mitra jember semester genap tahun pelajaran 2012/2013. Pancaran Pendidikan FKIP Universitas Jember, 3(2), 93–102. http://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/747
Putra, G. T. S., Kesiman, M. W. A., & Darmawiguna, I. G. M. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Dreamweaver Model Tutorial Pada Mata Pelajaran Mengelola Isi Halaman Web Untuk Siswa Kelas XI Program Keahlian Multimedia Di SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI). https://doi.org/10.23887/janapati.v2i2.9782
Radili, L. (2013). Pengaruh Penggunaan Crossword Puzzle terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. E-Tech, 2(2) 1. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/e-tech/article/view/1402/1220.
Saddam Husein, S. U. M. S. S. (2018). URGENSI MEDIA DALAM PROSES PEMBELAJARAN. Al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam. https://doi.org/10.33477/alt.v3i2.605
Sanaky, H. (2011). Media Pembelajaran Buku Pegangan Wajib Guru dan Dosen. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara
Suhardi. 2011. Pengembangan Sumber Belajar Biologi. Yogyakarta: fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam UNY.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta
Wasgito, M. A., & Setiadarma, W. (2014). Pengembangan Media Permainan Edukatif Teka-Teki Silang ( Tts ) Dalam Proses Pembelajaran Siswa Kelas Vii Smp Negeri 2 Kalianget. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, 2(3), 36–43. https://media.neliti.com/media/puublications/247558-pengembangan-media-permainan-edukatif-te-f23d68a2.pdf