Pengembangan Field Guide Keanekaragaman Pteridophyta di Sekitar Dusun Puyang, Kulon Progo untuk SMA/MA
DOI:
https://doi.org/10.14421/neuron.2021.12-01Keywords:
pteridophyta, field guide, sumber belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan field guide keanekaragaman Pteridophyta di Dusun Puyang, Kulon Progo dan mengetahui kualitas field guide yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development. Pengembangan field guide menggunakan model ADDIE dengan tahap Analysis, Design dan Development. Field guide atau panduan lapangan yang dihasilkan berupa dokumen dengan ekstensi PDF. Filed guide Pteridophyta yang telah dikembangkan kemudian dinilai menggunakan instrumen angket melalui google form oleh satu ahli media, satu ahli materi, satu guru biologi, dan 15 peserta didik SMAN 1 Banguntapan. Hasil persentase penilaian (P) dari ahli media yaitu 80% dengan kriteria Baik (B) dan valid, ahli materi yaitu 91,6% dengan kriteria Sangat Baik (SB) dan valid, guru biologi yaitu 93,6% dengan kriteria SB dan valid, respon peserta didik yaitu 88,6% dengan kriteria SB dan valid. Secara keseluruhan, hasil perhitungan rata-rata persentase penilaian (P) yaitu 88,4% dengan kriteria SB dan valid, sehingga buku panduan lapangan Pteridophyta layak digunakan sebagai sumber belajar mandiri peserta didik jenjang SMA/MA.
Downloads
References
Agustina, P., & Saputra A. 2016. Analisis Keterampilan Proses Sains (KPS) Dasar Mahasiswa Calon Guru Biologi pada Matakuliah Anatomi Tumbuhan (Studi Kasus Mahasiswa Prodi P. Biologi FKIP UMS Tfahun Ajaran 2015/2016. Seminar Nasional Pendidikan Sains. 1, 71-78.
Akbar, Sa’dun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. PT Remaja Posdakarya.
Andira, N., Noorhidayati., Riefani M. K. 2021. Kelayakan Buku Panduan Lapangan “Keanekaragaman Pohon di Lingkungan Kampus Universitas Lambung Mangkurat” Sebagai Sumber Belajar Mandiri Konsep Keanekaragaman Hayati. Wahana-Bio : Jurnal Biologi dan Pembelajarannya. 13, 19-30. http://dx.doi.org/10.20527/wb.v13i1.11318.
Fahuwa, I. D., & Rahayu E. S. 2021. Development of Plant Diversity Media and Plant Determination Key Plantae with SET Approach in High School X Grade. Journal of Biology Education. 10, 228-236. https://doi.org/10.15294/jbe.v10i2.47090.
Farnsworth, Elizabeth J ., Myoko Chu., John Kress., Amanda K. N., Jason H. B., John P., Robert D. S., Gregory W. C., John K. V., and Aaron M. E. 2013. Next-Generation Field Guides. BioScience. 63, 891-899. https://doi.org/10.1525/bio.2013.63.11.8
Hamidin, D., Santoso., & Mutianingsih P. 2018. Rancang Bangun Aplikasi Warehouse Berbasis Web Terintegrasi dengan QR Code. Jurnal Teknik Informatika. 10, 24-30. https://ejurnal.poltekpos.ac.id/index.php/informatika/article/view/446.
Irwandi. 2020. Strategi Pembelajaran Biologi (Lesson Study, Literasi Sains, dan Blended Learning). Pustaka Reka Cipta.
Noviar, Dian. 2016. Pengembangan Ensiklopedia Biologi Mobile Berbasis Android Materi Pokok Pteridophyta dalam Rangka Implementasi Kurikulum 2013. Cakrawala Pendidikan. 35, 198-207. 10.21831/cp.v15i2.8255.
Prastowo, Andi. 2018. Sumber Belajar dan Pusat Sumber Belajar : Teori dan Aplikasinya di Sekolah/Madrasah. Kencana. https://www.google.co.id/books/edition/Sumber_belajar_dan_pusat_sumber_belajar/EhZNDwAAQBAJ?hl=en&gbpv=1.
Purnamasari, H., Rahayuningsih M., & Chasnah. 2012. Kunci Determinasi dan Falshcard Sebagai Media Pembelajaran Inkuiri Klasifikasi Makhluk Hidup SMP. UNNES Science Education Journal. 1, 103-110. https://doi.org/10.15294/jbe.v1i3.1497.
Puspa, V. R., Hidayat T., & Suprianto B. 2021. Development of Android –Based Digital Determination Key Application (e-KeyPlant) as Learning Media for Plant Identification. Journal of Physics : Conference Science. 1806, 1-7. 10.1088/1742-6596/1806/1/012145.
Putri, L. O. L. 2016. Kartu Identifikasi Filum Sebagai Media Pembelajaran yang Inovatif untuk Mempelajari Materi Klasifikasi Hewan. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia. 2, 31-38. 10.22219/jpbi.v2i1.3369.
Rayanto, Y. H., & Sugianti. 2020. Penelitian Pengembangan Model ADDIE dan R2D2 : Teori dan Praktek. Lembaga Academic & Research Institute. https://books.google.co.id/books?id=pJHcDwAAQBAJ&printsec=frontcover&source=gbs_atb#v=onepage&q&f=false.
Renita, Ayu., Setyowati E., Fauziah A., & Purwanto N. 2020. Pengembangan Ensiklopedia Tumbuhan Paku Sebagai Sumber Belajar Keanekaragaman Hayati. Jurnal Biologi dan Pembelajarannya. 7, 1-6. https://doi.org/10.29407/jbp.v7i1.14797.
Riefani, M. K. 2019. Validitas dan Kepraktisan Panduan Lapangan Keragaman Burung di Kawasan Pantai Desa Sungai Bakau. Jurnal Vidya Karya. 34, 193-204. http://dx.doi.org/10.20527/jvk.v34i2.7578
Riefani, M. K., & Mahrudin. 2020. Validitas Panduan Lapangan (Field Guide) Matakuliah Zoologi Vertebrata Materi Aves. Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah. 5, 63-69.
Rifai, Muhammad Arif. 2017. Android Application for Plants Identification Using Determination Key. Proceeding International Conference on Science and Engineering. 1, 215-218. https://doi.org/10.14421/icse.v1.304.
Saleh, N., Saud S., & Asnur M. N. A. 2018. Pemanfaatan QR-Code Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Asing pada Perguruan Tinggi Indonesia. Seminar Nasional Dies Natalis UNM. 253-260. http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11298
Shofiyati, Aida. 2019. Identifikasi Tumbuhan di Lingkungan Sekolah untuk Pengembangan Modul Pembelajaran Model Discovery Learning. (Tesis), Universitas Negeri Semarang, Semarang. http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39856.
Siregar, S. H. 2021. Development of A Field Guide Book on the Pteridophyta Topic in Padang Lawas Regency. Journal of Physics : Conference Series. 1819, 1-8. 10.1088/1742-6596/1819/1/012063.
Siregar, Y. L., & Pramesti D. I. 2017. Pengembangan Data Keanekaragaman Anggrek dalam Bentuk Buku Panduan Lapangan Identifikasi Anggrek Sebagai Sumber Belajar Biologi Siswa SMA/MA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek II. 476-482. http://hdl.handle.net/11617/9369
Sudarisman, Suciati. 2015. Memahami Hakikat dan Karakteristik Pembelajaran Biologi dalam Upaya Menjawab Tantangan Abad 21 Serta Optimalisasi Implementasi Kurikulum 2013. Florea. 2, 29-35. http://doi.org/10.25273/florea.v2i1.403
Takrima, 2020. Atlas Histologi Ginjal Ular Laut (Pelamis platurus) Sebagai Bahan Ajar Siswa SMA kela XI pada Pokok Materi Sistem Ekskresi Hewan Vertebrata. (Skripsi), UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Yogyakarta. http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39764
Tim Pengembang Pedoman. 2014. Pedoman Guru Mata Pelajaran Biologi : Untuk Sekolah Menengah Atas (SMA)/ Madrasah Aliyah (MA). Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. http://kurikulum.kemdikbud.go.id/kurikulum/data/data/6%20Pedoman%20Kurikulum/Pedoman%20Guru/39-SMA_10.b%20Pedoman%20Biologi.pdf.
Wardana, R., Aristoteles., & Jani Master, 2016. Panduan Lapangan Jenis-Jenis Burung di Lingkungan Universitas Lampung Berbasis Android. Komputasi. 4, 117-124. https://jurnal.fmipa.unila.ac.id/index.php/komputasi/article/viewFile/1173/966.
Yosefa, N. M. E. 2019. Pengembangan Buku Saku Sebagai Media Pembelajaran Materi Contoh Sederhana Pengaruh Globalisasi Pada Siswa Kelas IV SDN Kalibelo Kabupaten Kediri 2018/2019. Artikel Skripsi, Universitas PGRI Kediri, Kediri. http://simki.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file_artikel/2019/14.1.01.10.0009.pdf.
Zunaidah, Farida N. dan Mohamad Amin. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Matakuliah Bioteknologi Berdasarkan Kebutuhan dan Karakter Mahasiswa Universitas Nusantara PGRI Kediri. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia. 2, 19-30. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jpbi/article/download/3368/3957.