Pengembangan Booklet Keanekaragaman Tumbuhan Paku di Kawasan Objek Wisata Air Terjun Kembang Soka Kabupaten Kulon Progo Sebagai Sumber Belajar

Authors

  • Hanifah Ika Ristiani UIN Sunan Kalijaga

DOI:

https://doi.org/10.14421/neuron.2021.12-02

Keywords:

Booklet, Keanekaragaman Tumbuhan Paku, Sember Belajar

Abstract

Pengenalan terhadap tumbuhan paku pada pembelajaran biologi di sekolah masih sangat terbatas. Sebagian besar buku biologi kelas X yang digunakan di sekolah hanya memberikan contoh dan gambar tumbuhan paku yang monoton. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan booklet  keanekaragaman tumbuhan paku di kawasan wisata air terjun Kembang Soka dan mengetahui kualitas produk yang telah dikembangkan. Booklet yang dikembangkan memuat 31 spesies tumbuhan paku yang terdiri 3 spesies dari divisi Lycopodiophyta dan 28 spesies dari divisi Pteridophyta. Booklet yang telah dikembangkan dinilai dengan instrumen penilaian berupa angket. Penilaian kualitas booklet terdiri dari 1 ahli media, 1 ahli materi, 2 guru biologi dan 15 siswa kelas XI SMA Negeri 1 Temon. Data yang diperoleh berupa data ordinal. Hasil penilaian booklet keanekaragaman tumbuhan paku di kawasan wisata air terjun Kembang Soka oleh ahli media mendapatkan nilai 78% dengan kualitas baik, ahli materi mendapatkan nilai 92% dengan kualitas sangat baik, guru biologi mendapatkan nilai 94% dengan kualitas sangat baik dan respon siswa mendapatkan nilai 84,8% dengan kualitas sangat baik. Berdasarkan keseluruhan penilaian tersebut dapat disimpulkan bahwa booklet sangat layak digunakan sebagai sumber belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azrai, Eka Putri. 2020. Peningkatan Keterampilan Guru IPA dalam Pengembangan Sumber Belajar Mandiri sebagai Sarana Belajar Siswa. Jurnal Pengabdian Masyarakat. 3 (2) : 53-65.

Ernawati, Lilis. 2018. Booklet Jenis-Jenis Tumbuhan Paku di Kawasan Hutan Pinus Imogiri Bantul Sebagai Sumber Belajar. (Skripsi), UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

Fattah, Abdul, dkk. 2017. Keanekaragaman dan Persebaran Anura di Taman Wisata Air Terjun Kembang Soka dan Kedungpedut, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Prosiding Semnas Biodiversitas. 6 (3) : 28-31.

Hala, Yusminah, dkk. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Konsep Ekosistem Bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Journal of EST. 1 (3) : 85-96.

Hasanuddin dan Muliyadi. 2015. Botani Tumbuhan Rendah. Banda Aceh: Usk Press.

Khotimah, Alfiatun Wa’is Khusnul. 2020. Pengembangan Booklet Keanekaragaman Tumbuhan Paku di Kawasan Objek Wisata Air Terjun Tlogo Muncar Taman Nasional Gunung Merapi Sebagai Sumber Belajar. Skripsi), UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

Maghfiroh, Nisfi. L dan Rury Epilurahman. 2019. Berudu (Amphibia: Anura) di Taman Wisata Air Terjun (TWAT) Kembang Soka, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta pada Musin Kemarau. Jurnal Biologi Papua. 11 (1) : 42-50.

Pralisaputri, R. K., Soegiyanto, H., dan Muryani, C. 2016. Pengembangan Media Booklet Berbasis Sets pada Materi Pokok Mitigasi dan Adaptasi Bencana Alam untuk Kelas X SMA. Surakarta: Jurnal GeoEco. 2 (2) : 147-154.

Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu: Teori dan Penilaian. Jakarta: Rajawali Press.

Satrianawati. 2018. Media dan Sumber Belajar. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Suharsimi. 2007. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Suraida, dkk. 2013. Keanekaragaman Tumbuhan Paku (Pteridophyta) di Taman Hutan Kenali Kota Jambi. Prosiding Semirata. FMIPA Universitas Lampung.

Susilowati. 2014. Keanekaragaman Makhluk Hidup. Malang: UM Press.

Wulandari, Mila Ayu. 2020. Pengembangan Booklet Keanekaragaman Tumbuhan Paku di Kawasan Wisata Candi Gedong Songo Kabupaten Semarang Sebagai Sumber Belajar Mandiri. (Skripsi), UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

Jaya, I. Made, dkk. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Bermuatan Pendidikan Karakter Dengan Setting Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Karakter dan Hasil Belajar Siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia. 4 (1) : 1-12.

Downloads

Published

2021-12-27

Issue

Section

Articles