Potret Efektivitas Pembelajaran Biologi Secara Daring pada Madrasah Aliyah Swasta di Eks Karesidenan Pati
Keywords:
Proses Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19, Efektivitas Pembelajaran DaringAbstract
Penyebaran Covid-19 telah mengubah aktivitas dunia termasuk negara Indonesia dalam aspek pendidikan. Proses pembelajaran yang semula luring berubah menjadi pembelajaran daring. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses pembelajaran daring dan efektivitas pembelajaran daring di Madrasah Aliyah swasta di eks karesidenan Pati. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Indikaator yang diamati dalam penelitian ini meliputi (1) Kenyamanan pembelajaran masa pandemi, (2) Guru mempunyai kemampuan literasi digital, (3) Tingkat adaptasi siswa dalam pembelajaran, (4) Ketersediaan perangkat, (5) Adanya koneksi internet, (6) Biaya pembelajaran daring, (7) Tingkat kenyamanan aplikasi, dan (8) Komitmen daring pasca pandemi. Dari delapan indikator efektivitas pembelajaran daring diperoleh hasil enam indikator yang menyatakan pembelajaran daring sudah efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran sistem daring terlaksana dengan baik dari pembukaan, penyampaian materi dan penutup.
Downloads
References
Ahman, Mujiyanto, J., Bharati, Dwi Anggani Linggarnggeraini, Y., & Faridi, A. (2019). Literasi digital: Dampak dan tantangan dalam pembelajaran bahasa. Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 386–389. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/313/342/
Arifin, H. N. (2020). Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Dalam Jaringan Masa Pandemi Chovid-19 Di Madrasah Aliyah Al-Amin Tabanan. Widya Balina, 53(9), 1689–1699.
Asrul, & Hardianto, E. (2020). Kendala Siswa Dalam Proses Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 Di SMP N Satap 1 Ladongi. Al Asma : Journal of Islamic Education, 2(1), 1.
Ayunda, P. K. (2020). Covid-19, Ini Sederet Perubahan Kebijakan Pendidikan di Indonesia Halaman all - Kompas.com. In Kompas News (pp. 4–9). https://www.kompas.com/edu/read/2020/05/15/143254571/covid-19-ini-sederet-perubahan-kebijakan-pendidikan-di-indonesia?page=all
Bramastia, B. (2021). Penggunaan bantuan kuota belajar kemendikbud di masa pandemi. Epistema, 2(1), 11–22. https://doi.org/10.21831/ep.v2i1.40367
Diah Handayani, Dwi Rendra Hadi, Fathiyah Isbaniah, Erlina Burhan, H. A. (2020). Penyakit Virus Corona 2019. J Respir Indo, 40, 119–129.
Effendi, A., Fatimah, A. T., & Amam, A. (2021). Analisis Keefektifan Pembelajaran Matematika Online Di Masa Pandemi Covid-19. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 6(2). https://doi.org/10.25157/teorema.v6i2.5632
Fadella, C., & Fikri, A. A. (2021). Analisis Efektivitas Proses Pembelajaran Daring Pada Mahasiswa Tadris Biologi IAIN Kudus Tahun 2019/2020. Journal Of Biology Education, 4(1), 94. https://doi.org/10.21043/jobe.v4i1.11147
Fikri, Achmad Ali, Wijayanti, Riska Laila, Nurul, Zain, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Android “SIPERAH” pada Materi Sistem Peredaran Darah. NCOINS : National Conference Of Islamic Natural Science, 35–48.
Fikri, A. A., Nurona, A., Saadah, L., Nailufa, L. E., Ismah, V., Abad, P., Ali, A., Atmim, F., Saadah, L., Nailufa, L. E., & Ismah, V. (2021). Keterampilan Guru Dlam Membimbing Diskusi Pada Pembelajaran Abad 21. Journal of Education and Teaching, 2(1), 1–7.
Infojateng. (2019). Berikut Pembagian Karesidenan di Jawa Tengah. In Infojateng.
Kemdikbud, pengelola web. (2012). Mendikbud Terbitkan SE tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat Covid-19.
Kemendikbud. (2021). Pembelajaran Kolaboratif di Era dan Pasca Pandemi, Mengapa Tidak? | Pusdatin. In Pusat Data dan Teknologi Informasi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (pp. 1–6). https://pusdatin.kemdikbud.go.id/pembelajaran-kolaboratif-di-era-dan-pasca-pandemi-mengapa-tidak/%0Adiunduh tanggal 26 Sep 2021
Mu’minah, I. H. dan, & Sugandi, M. K. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Group Sebagai Media Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Bio Educatio, 6, 68–81. http://jurnal.unma.ac.id/index.php/BE/article/view/3032/2218
Nguyen, T. (2015). The Effectiveness of Online Learning: Beyond No Significant Difference and Future Horizons. MERLOT Journal of Online Learning and Teaching, 11(2), 309–319.
Pahril. (2020). Penggunaan Aplikasi Whatsapp Sebagai Media Suplemen Pembelajaran Pada Peserta Didik Kelas Xi Sma Negeri 1 Pamboang. 1–130. http://repository.iainpare.ac.id/2059/
Pawicara, R., & Conilie, M. (2020). Analisis Pembelajaran Daring terhadap Kejenuhan Belajar Mahasiswa Tadris Biologi IAIN Jember di Tengah Pandemi Covid-19. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 29–38. https://doi.org/10.35719/alveoli.v1i1.7
Rahayu, A. D., & Haq, M. S. (2020). Sarana Dan Prasarana Dalam Mendukung Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(1), 186–199.
Roni Hamdani, A., & Priatna, A. (2020). Efektifitas Implementasi Pembelajaran Daring (Full Online) Dimasa Pandemi Covid- 19 Pada Jenjang Sekolah Dasar Di Kabupaten Subang. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6(1), 1–9. https://doi.org/10.36989/didaktik.v6i1.120
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759
Setiawan, A. P., Masruri, L., Trastianingrum, S. A. P., & Purwandari, E. (2021). Metode Pembelajaran Daring Akibat Covid-19: Perspektif Pelajar Dan Mahasiswa. Proyeksi, 16(1), 83. https://doi.org/10.30659/jp.16.1.83-91
Siti Zahrotul Choiriyah, A. A. F. (2021). Persepsi Mahasisw