Pengembangan Modul Biologi Berbasis Mind Map Pada Materi Bakteri Sebagai Sumber Belajar Mandiri
DOI:
https://doi.org/10.14421/neuron.2021.12-05Keywords:
Modul, Mind Map, Bakteri, Sumber BelajarAbstract
Penelitian ini tergolong penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang bertujuan mengembangkan modul biologi berbasis mind map pada materi bakteri sebagai sumber belajar mandiri serta mengetahui kualitasnya. Tahapan yang dilakukan adalah perencanaan, pengembangan dan penilaian. Subjek penelitian ini adalah 1 ahli materi, 1 ahli media, 2 guru biologi, 5 peer reviewer dan 15 siswa kelas X SMA. Penelitian ini menghasilkan Modul Biologi Berbasis Mind Map pada Materi Bakteri dalam 2 versi, yakni cetak berupa buku dan elektronik berupa file pdf. Penilaian dari para ahli, guru biologi dan peer reviewer menghasilkan skor 358,1 terletak pada rentang skor X≤ 357 tergolong sangat baik. Penilaian menghasilkan persentase keidealan rata-rata sebesar 84,3 % tergolong sangat baik terdiri dari aspek kelayakan materi 86.5 %, penyajian materi 82.4 %, kebahasaan 87.8 % dan kegrafikan 82.6 %. Berdasarkan hasil penilaian dan respon siswa modul biologi berbasis mind map pada materi bakteri memiliki kualitas sangat baik dengan persentase keidealan sebesar 84,3 % dan 87,1 %.
Downloads
References
Amalina, Khilma Novia. 2018. Pengembangan Modul Biologi Berbasis Concept Map Pada Sub Materi Pokok Animalia Invertebrata Untuk Siswa Kelas X SMA/MA. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Asyfia, Anna. 2015. Pengembangan Modul Materi Pokok Archae dan Eubacteria Berbasis Pendekatan Kontekstual Untuk Siswa Kelas X SMA/MA. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Buzan, Tony. 2008. Buku Pintar Mind Map. Penerjemah : Susi, Purwoko. Jakarta : Gramedia.
Cepy, Riana. 2012. Media Pembelajaran. Firektorat Jendral Pendidikan Islam Kementrian Agama Republic Indonesia.
Finnajah, Mutammimah., Eko Setyadi Kurniawan, Siska Desy Fatmaryanti. 2016. Pengembangan Modul Fisika Sma Berbasis Multi Representasi Guna Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Xi Iis 2 Sma Negeri 1 Prembun Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Radiasi 08 (1) : 1-27.
Grobman, Arnold Brams. 2002. BSCS Biology; An Ecological Approach; Ninth Edition; BSCS Green Version; Teacher’s Edition. USA : Rutgers University Press.
Herdlin, TLI. 2017. 7 Rahasia Mind Map Membuat Anak Genius. Jakarta : Elex Media Komputindo.
Hidayat, Nur., Irene Meitiniarti, dan Neti Yuliana. 2018. Mikroorganisme dan pemanfaatannya. Malang : UB Press.
Imaduddin, M. Chomsi & Unggul Haryanto Nur Utomo. 2012. Efektifitas Metode Mind Mapping Untukmeningkatkan Prestasi Belajar Fisikapada Siswa Kelas VIII. Humanitas. IX (1) : 63-75.
Kurniasih, Nining & Nukhbatul Bidayati Haka. 2017. Penggunaan Tes Diagnostik Two-Tier Multiple Choice Untuk Menganalisis Miskonsepsi Siswa Kelas X Pada Materi Archaebacteria Dan Eubacteria . Biosfer Jurnal Tadris Pendidikan Biologi. 8 (1) : 114-127.
Lismiyati & Idris Harta. 2014. Pengembangan Modul Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Minat Smp. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika. 9 (2) : 161-174.
Madigan, Michael T., John M. Martinko, David A. Stahl, David P. Clark. 2012. Brock Biology of Microorganisms Thirteenth Edition. San Francisco; Benjamin Cummings.
Maemunah, Siti. 2018. Modul Biologi Berbasis Contextual Teaching and Learning pada Sub Materi Pokok Jaringan.Tumbuhan untuk Siswa Kelas XI SMA/MA. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Maghfiroh, Istaqim Laila. 2019. Modul Biologi Materi Sistem Imun Bermuatan Nilai-Nilai Keislaman Sebagai Media Belajar. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Pambayun, Praninda Sekar, Nur Kusuma Dewi. 2015. Pengembangan Modul Pencemaran Lingkungan Berorientasi Paikem Menggunakan Limbah Batik Sebagai Sumber Belajar di SMA. Unnes Journal Of Biology Education. 4 (1) : 29-36.
Parikh, Nikhilkumar D. 2016. Effectiveness Of Teaching Through Mind Mapping Technique. The International Journal Of Indian Psychology. 3 (3): 149-156.
Prastowo, Andi. 2018. Sumber Belajar & Pusat Sumber Belajar. Depok : Prenadamedia Group.
Satriawati, Helna. 2015. Pengembangan E-Modul Interaktif Sebagai Sumber Belajar Elektronika Dasar Kelas X SMKN 3 Yogyakarta. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Mekatronika Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.
Septiana, Dwi., Zulfiani & Meiry Fadilah Noor. 2014. Identifikasi Miskonsepsi Siswa Pada Konsep Archaebacteria Dan Eubacteria Menggunakan Two-Tier Multiple Choice. Edusains. VI (02) : 192 – 200.
Sumiharsosno, Rudy Dan Hisbiyatul Hasanah. 2017. Media Pembelajaran. Jember: Pustaka Abadi.
Zulhaini A. Halim & Mursal. 2016. Pengembangan Modul Fisika Kontekstual Hukum Newton Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Siswa Di Man Model Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. 04 (01) : 196-207.