Pengembangan Modul Pembelajaran IPABerbasis Integrasi Islam-Sains Materi Sistem Pernapasan Manusia untuk Siswa SMP kelas VIII

Authors

  • Nefi Ratna Sunarti Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.14421/neuron.2022.21-01

Keywords:

Modul, Sistem Pernapasan Manusia, Integrasi Islam Sains

Abstract

Permasalahan yang ditemukan peneliti di lapangan yaitu mata pelajaran IPA dan islam belum terintegrasi. Materi-materi IPA belum dikaitkan dengan ayat-ayat yang ada di dalam Al-Qur’an. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan modul IPA berdasarkan koordinasi IPA ke dalam materi pernapasan manusia sebagai bahan ajar IPA SMP. Teknik yang digunakan dalam pengujian ini adalah model Borg and Gall yang terdiri atas delapan tahap yaitu analisis kebutuhan, pengumpulan data, desain produk, validasi ahli, revisi desain, uji coba skala kecil, revisi produk, dan uji coba pemakaian. Informasi dari hasil validasi menunjukkan nilai 87,5% (pakar media), 93% (pakar bahasa), dan 74% (pakar materi) dengan kategori layak pakai. Sedangkan informasi dari hasil survei respon siswa menunjukkan skor 87,2%. Dari keterangan tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa modul pembelajaran IPA-Islam dalam kategori praktis dan siswa setuju apabila modul yang dikembangkan  digunakan sebagai media pembelajaran IPA.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aqsha, M. L. 2015. Effective Implementation of the Integrated Islamic Education. Global Journal AlTsaqarah (GJAT), 5(1):59-68.

Arimadona, S. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Integrasi Islam

Sains. Jurnal Pendidikan Rokania. 1(2): 89-98.

Chanifudin, C., & Nuriyati, T. (2020). Integrasi Sains dan Islam dalam Pembelajaran. Jurnal

Asatiza. 1(2): 212-229.

Diani, R., Kesuma, G. C., Diana, N., Anggraini, R. D., & Fujiani, D. (2019, February). The Development

Of Physics Module With The Scientific Approach Based On Islamic Literacy. In Journal of

Physics: Conference Series (Vol. 1155, No. 1, p. 012034). IOP Publishing

Faizah, S. N. (2017). Pengembangan Modul IPA Berbasis Integrasi Islam dan Sains dengan Pendekatan

Inkuiri di MI Salafiyah Kutukan Blora. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah

Ibtidaiyah, 1(1).

Hamzah, F. (2016). Studi Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Integrasi Islam–Sains

pada Pokok Bahasan Sistem Reproduksi Kelas IX Madrasah Tsanawiyah. Adabiyah: Jurnal

Pendidikan Islam. 1(1): 53 41.

Husna, A., Hasan, M., Mustafa, M., Syukri, M., & Yusrizal, Y. (2020). Pengembangan Modul Fisika

Berbasis Integrasi Islam-Sains pada Materi Gerak Lurus untuk Meningkatkan Hasil Belajar

Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science

Education). 8(1): 55-66.

Kirnantoro, dkk. (2015). Anatomi Fisiologi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Larasati, A. D., Lepiyanto, A., Sutanto, A., & Asih, T. (2020). Pengembangan E-Modul Terintegrasi

Nilai-nilai Islam pada Materi Sistem Respirasi. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan

Biologi. 4(1): 1-9.

Lasmiyati, L., & Harta, I. (2014). Pengembangan modul pembelajaran untuk meningkatkan

pemahaman konsep dan minat SMP. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2). 161-174.

Mardianti, I., Kasmantoni, K., & Walid, A. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis

Etnosains Materi Pencemaran Lingkungan untuk Melatih Literasi Sains Siswa Kelas VII di

SMP. BIO-EDU: Jurnal Pendidikan Biologi.

Permadi, B. A. (2018). Pengembangan Modul IPA Berbasis Integrasi Islam dan Sains untuk

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI Min 2 Mojokerto. Nazhruna: Jurnal Pendidikan

Islam, 1(2).

Permadi, B.A. & Khotim, N.S. 2018. Pengembangan Modul IPA Berbasis Integrasi Islam dan Sains untuk

Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2):294-311.

Qoriah, Y. Sumarno., & Umamah, N.(2017). The Development Prehistoric of Jember Tourism Module

Using Dick and Carey Model. Jurnal Historica, 1(1), 98-115.

Saputra, A. & Advida, L. 2018. Development of biology learning module nuanced quran in learning

material of coordination system for Islamic senior high school students. International Journals

of Sciences and HighTechnologies, 11(1):55-60.

Serevina, V., Sunaryo, Raihanati, Astra. I.M., & Sari. I.J. 2018. Development of e-module based on

problem based learning (PBL) on heat and temperature to improve student’s science process

skill. The Turkish Online Journal of Educational Technology, 17(3):26-36.

Yuliawati, F., Rokhimawan, M. A., & Suprihatiningrum, J. (2013). Pengembangan Modul Pembelajaran

Sains Berbasis Integrasi Islam-Sains untuk Peserta Didik Difabel Netra Mi/SD Kelas 5 Semester

Materi Pokok Bumi dan Alam Semesta. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(2).

Zaharah, Yelianti, U., & Asra, R. 2017. Pengembangan modul elektronik dengan pendekatan sainstifik

materi system peredaran darah pada manusia untuk siswa kelas VIII. Edu-sains: Jurnal

Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6(1):25-33.

Zain, Z. & Vebrianto, R. 2017. Integrasi Keilmuan Sains Dan Islam Dalam Proses Pembelajaran Rumpun

IPA. Seminar Nasional Teknologi Informasi, Komunikasi, dan Industri (SNTIKI) 9 Fakultas

Sains dan Teknologi, UIN Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru, 18-19 Mei 2017, Hal. 703-708.

Downloads

Published

2022-07-04

Issue

Section

Articles