Pengembangan Modul Pembelajaran IPABerbasis Integrasi Islam-Sains Materi Sistem Pernapasan Manusia untuk Siswa SMP kelas VIII
DOI:
https://doi.org/10.14421/neuron.2022.21-01Keywords:
Modul, Sistem Pernapasan Manusia, Integrasi Islam SainsAbstract
Permasalahan yang ditemukan peneliti di lapangan yaitu mata pelajaran IPA dan islam belum terintegrasi. Materi-materi IPA belum dikaitkan dengan ayat-ayat yang ada di dalam Al-Qur’an. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan modul IPA berdasarkan koordinasi IPA ke dalam materi pernapasan manusia sebagai bahan ajar IPA SMP. Teknik yang digunakan dalam pengujian ini adalah model Borg and Gall yang terdiri atas delapan tahap yaitu analisis kebutuhan, pengumpulan data, desain produk, validasi ahli, revisi desain, uji coba skala kecil, revisi produk, dan uji coba pemakaian. Informasi dari hasil validasi menunjukkan nilai 87,5% (pakar media), 93% (pakar bahasa), dan 74% (pakar materi) dengan kategori layak pakai. Sedangkan informasi dari hasil survei respon siswa menunjukkan skor 87,2%. Dari keterangan tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa modul pembelajaran IPA-Islam dalam kategori praktis dan siswa setuju apabila modul yang dikembangkan digunakan sebagai media pembelajaran IPA.
Downloads
References
Aqsha, M. L. 2015. Effective Implementation of the Integrated Islamic Education. Global Journal AlTsaqarah (GJAT), 5(1):59-68.
Arimadona, S. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Integrasi Islam
Sains. Jurnal Pendidikan Rokania. 1(2): 89-98.
Chanifudin, C., & Nuriyati, T. (2020). Integrasi Sains dan Islam dalam Pembelajaran. Jurnal
Asatiza. 1(2): 212-229.
Diani, R., Kesuma, G. C., Diana, N., Anggraini, R. D., & Fujiani, D. (2019, February). The Development
Of Physics Module With The Scientific Approach Based On Islamic Literacy. In Journal of
Physics: Conference Series (Vol. 1155, No. 1, p. 012034). IOP Publishing
Faizah, S. N. (2017). Pengembangan Modul IPA Berbasis Integrasi Islam dan Sains dengan Pendekatan
Inkuiri di MI Salafiyah Kutukan Blora. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah
Ibtidaiyah, 1(1).
Hamzah, F. (2016). Studi Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Integrasi Islam–Sains
pada Pokok Bahasan Sistem Reproduksi Kelas IX Madrasah Tsanawiyah. Adabiyah: Jurnal
Pendidikan Islam. 1(1): 53 41.
Husna, A., Hasan, M., Mustafa, M., Syukri, M., & Yusrizal, Y. (2020). Pengembangan Modul Fisika
Berbasis Integrasi Islam-Sains pada Materi Gerak Lurus untuk Meningkatkan Hasil Belajar
Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science
Education). 8(1): 55-66.
Kirnantoro, dkk. (2015). Anatomi Fisiologi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Larasati, A. D., Lepiyanto, A., Sutanto, A., & Asih, T. (2020). Pengembangan E-Modul Terintegrasi
Nilai-nilai Islam pada Materi Sistem Respirasi. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan
Biologi. 4(1): 1-9.
Lasmiyati, L., & Harta, I. (2014). Pengembangan modul pembelajaran untuk meningkatkan
pemahaman konsep dan minat SMP. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2). 161-174.
Mardianti, I., Kasmantoni, K., & Walid, A. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis
Etnosains Materi Pencemaran Lingkungan untuk Melatih Literasi Sains Siswa Kelas VII di
SMP. BIO-EDU: Jurnal Pendidikan Biologi.
Permadi, B. A. (2018). Pengembangan Modul IPA Berbasis Integrasi Islam dan Sains untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI Min 2 Mojokerto. Nazhruna: Jurnal Pendidikan
Islam, 1(2).
Permadi, B.A. & Khotim, N.S. 2018. Pengembangan Modul IPA Berbasis Integrasi Islam dan Sains untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2):294-311.
Qoriah, Y. Sumarno., & Umamah, N.(2017). The Development Prehistoric of Jember Tourism Module
Using Dick and Carey Model. Jurnal Historica, 1(1), 98-115.
Saputra, A. & Advida, L. 2018. Development of biology learning module nuanced quran in learning
material of coordination system for Islamic senior high school students. International Journals
of Sciences and HighTechnologies, 11(1):55-60.
Serevina, V., Sunaryo, Raihanati, Astra. I.M., & Sari. I.J. 2018. Development of e-module based on
problem based learning (PBL) on heat and temperature to improve student’s science process
skill. The Turkish Online Journal of Educational Technology, 17(3):26-36.
Yuliawati, F., Rokhimawan, M. A., & Suprihatiningrum, J. (2013). Pengembangan Modul Pembelajaran
Sains Berbasis Integrasi Islam-Sains untuk Peserta Didik Difabel Netra Mi/SD Kelas 5 Semester
Materi Pokok Bumi dan Alam Semesta. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(2).
Zaharah, Yelianti, U., & Asra, R. 2017. Pengembangan modul elektronik dengan pendekatan sainstifik
materi system peredaran darah pada manusia untuk siswa kelas VIII. Edu-sains: Jurnal
Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6(1):25-33.
Zain, Z. & Vebrianto, R. 2017. Integrasi Keilmuan Sains Dan Islam Dalam Proses Pembelajaran Rumpun
IPA. Seminar Nasional Teknologi Informasi, Komunikasi, dan Industri (SNTIKI) 9 Fakultas
Sains dan Teknologi, UIN Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru, 18-19 Mei 2017, Hal. 703-708.