Pengaruh Media Pembelajaran Daring terhadap Kesehatan Mata Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi UIN Sunan Kalijaga

Authors

  • Novita Anandayu Saputri student
  • Salma Nabilah Safirahaq
  • Tegar Bagus Nugroho

DOI:

https://doi.org/10.14421/neuron.2022.21-02

Keywords:

gadget, kesehatan mata, mahasiswa, media elektronik, pembelajaran daring

Abstract

Pandemi Covid-19 menyebabkan para mahasiswa harus menggunakan gadget setiap hari dalam rangka pembelajaran daring. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran daring terhadap kesehatan mata mahasiswa dan gangguan kesehatan mata apa saja yang dirasakan oleh mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi Angkatan 2021 UIN Sunan Kalijaga. Penelitian hini dibuat menggunakan metode kuantitatif korelasi dan analisis regresi linier berganda yang datanya diambil dengan metode anggket via Google Formulir. Hasil analisis regresi linier berganda dari penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh nyata antara penggunaan media pembelajaran daring dengan kesehatan mata. Beberapa gangguan kesehatan mata yang dirasakan oleh mahasiswa, meskipun tidak signifikan diantaranya
adalah mata cepat lelah, mata kering, rabun jauh, rabun dekat, dan silinder.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Danim, & Sudarwan. (2002). Menjadi Peneliti Kuantitatif. Pustaka Setia.

Handarini, O.I., & Wulandari, S.S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan AdministrasiPerkantoran. 8(3), 496-503.

https://doi.org/10.26740/jpap.v8n3.p496-503

Hidayati, Bayhakki, & Woferst. (2017). Hubungan Durasi Penggunaan Laptop Dengan Keluhan Computer Vision Syndrome pada Mahasiswa PSIK UR. Jurnal Ners Indonesia, 8 (1), 33-41. https://doi.org/10.31258/jni.8.1.33-41

Karim, B.A.(2020). Pendidikan Perguruan Tinggi Era 4.0 dalam Pandemi Covid-19 (Refleksi Sosiologis). Education and Learning Journal, I(2), 102-112.

Kurnia, S. N. (2009). Etika Profesi Kebidanan. Yogyakarta: Panji Pustaka

Latifah, Y. H., & Sulistiyawati (2021). Modul Sistem Pencernaan Manusia Berbasis Augmented Reality (AR) sebagai Sumber Belaar. Neuron (Journal of Biology Education), I(1), 1-14. https://doi.org/10.14421.neuron.2021.11-01

Pratama, A.R. (2022). Penurunan Kesehatan Mata Mahasiswa Akibat Pemakaian Layar Gadget pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi. 1-8.

Pratiwi, H. (2021). Screen Time dalam Perilaku Pengasuhan Generasi Alpha pada Masa Tanggan Darurat Covid-19. Jurnal Obsesi : urnal Pendidikan Anak Usia Dini, V(1), 265-280.

Putri, A. K., Reynanda, S. A., & Raisa, R.R. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Kesehatan Mata di Masa Pandemi. Jurnal Komunitas Kesehatan Masyarakat. III(2), 26-38.

Santosa, A. B. (2020). Potret Pendidikan di Tahun Pandemi : Dampak COVID-19 Terhadap Disparitas Pendidikan di Indonesia. 1-5.

Sekaran, U. (2006). Metodologi Penelitian untuk Bisnis. Malang: Salemba Empat

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryabrata, & Sumadi. (1998). Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Indonesia. Undang-Undang Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Lembaran

Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 158, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5336. Kementerian Sekretariat Negara RI. Jakarta

Yusuf, A., M. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan (4rd ed.). Kencana.

Downloads

Published

2022-09-18

Issue

Section

Articles