Persepsi Siswa SMA terhadap Pembelajaran Biologi dalam Ranah Taksonomi Bloom
DOI:
https://doi.org/10.14421/neuron.2022.21-03Keywords:
persepsi, pembelajaran biologi, taksonomi bloomAbstract
Pembelajaran biologi terkadang hanya berfokus dalam hal materi pembelajaran (kognitif) dan kurangnya pengaplikasian ranah ketrampilan (psikomotorik) yang dimiliki siswa sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki. Di era revolusi indrustri sekarang ini kita dituntut untuk memiliki keterampilan sebagai pegangan dalam berkehidupan di masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap pembelajaran biologi dalam ranah taksonomi bloom dan untuk mengetahui sejauh mana penerapan taksonomi bloom dalam pembelajaran biologi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Metode yang digunakan yaitu jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket dengan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa menyatakan ketiga ranah taksonomi bloom yaitu ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik terlaksana dengan baik. Penerapan taksonomi bloom dalam pembelajaran biologi telah diterapkan secara maksimal.
Downloads
References
Aziz, F., Nurjanah, F., & Sari, D. P. (2017). Aktualisasi TTB (Teori Taksonomi Bloom) Melalui Drama Kepahlawanan guna Penanaman Pendidikan Karakter pada Peserta Didik. FKIP EProceeding PBSI Universitas Jember, 715–724.
Effendi, R. (2017). Konsep Revisi Taksonomi Bloom dan Implementasinya pada Pelajaran Matematika SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 72–78. https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i1.1483
Gezer, M., Oner, S. M., & Sahin, I. F. (2014). an Evaluation of the Exam Questions of Social Studies Course According To Revized Bloom’S Taxonomy. Education Sciences and Psychology, 2(2), 3–17.
Gunawan, I., & Paluti, A. R. (2016). Taksonomi Bloom – Revisi Ranah Kognitif: Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Penilaian. E-Journal.Unipma, 2(2), 97–117. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/PE
Hamzah, S. H. (2012). Aspek Pengembangan Peserta Didik (Kognitif, Afektif, Psikomotorik). Dinamika Ilmu, 12(1), 1–22.
Junaidi, H. (2019). Sukses Menjadi Guru Humoris dan Idola yang Dikenang Siswa Sepanjang Masa. In Yogyakarta: Araska (pp. 1–19).
Magdalena, I., Islami, N. F., Rasid, E. A., & Diasty, N. T. (2020). Tiga Ranah Taksonomki Bloom dalam Pendidikan. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(1), 132–139. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi
Magdalena, I., Prabandani, R. O., & Rini, E. S. (2021). Analisis Taksonomi Bloom sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran di SDN Kosambi 06 Pagi. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 227–234.
Maulida. (2017). Persepsi Siswa terhadap Pembelajaran Biologi di SMAS Al Falah Abu Lam U Aceh Besar. Skripsi, 1–136.
Netriwati, N. (2018). Penerapan Taksonomi Bloom Revisi untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Desimal: Jurnal Matematika, 1(3), 347–352. https://doi.org/10.24042/djm.v1i3.3238
Samsinar, Azis, M., & Azis, F. (2021). Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 di SMK Negeri 7 Pangkep. SEMINAR NASIONAL HASIL PENELITIAN 2021 “Penguatan Riset, Inovasi, Dan Kreativitas Peneliti Di Era Pandemi Covid-19,” 19, 1078–1088.
Setyawan, H., & Dimyati, D. (2015). Model Permainan Aktivitas Luar Kelas untuk Mengembangkan Ranah Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik Siswa SMA. Jurnal Keolahragaan, 3(2), 164–177. https://doi.org/10.21831/jk.v3i2.6230