Pengembangan Modul Taksonomi Tumbuhan sebagai Bahan Ajar Materi Plantae pada Pembelajaran Biologi SMA/MA
DOI:
https://doi.org/10.14421/neuron.2022.21-04Keywords:
Modul, Taksonomi Tumbuhan, PlantaeAbstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan modul taksonomi tumbuhan sebagai bahan ajar materi Plantae pada pembelajaran biologi kelas X SMA/MA. Modul yang dikembangkan merupakan hasil identifikasi tumbuhan di Pijar Park. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development model 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan namun diadaptasi oleh peneliti menjadi 3-D yaitu define, design, dan develop. Modul yang dikembangkan di validasi oleh tiga pakar yang dibagi menjadi dua ahli media dan satu ahli materi. Uji coba modul dilakukan di MAN 1 Kudu dengan subyek satu guru biologi dan 29 siswa. Hasil validasi oleh ahli materi
mendapatkan nilai 89,28% dan penilaian oleh ahli materi mendapatkan nilai 93,18%. Hasil penilaian ahli materi dan ahli media maka modul taksonomi tumbuhan dikategorikan sangat valid. Hasil uji coba modul di sekolah mendapatkan nilai dari penilaian guru yaitu 75% dan dari penilaian siswa sebesar 78,36% sehingga dari hasil
uji coba maka modul taksonomi tumbuhan dikategorikan praktis/layak.
Downloads
References
Adinugraha, F., & Ratnapur, A. (2020). Modul Keanekaragaman Hayati dengan Pendekatan Kearifan Lokal dan Budaya di Kabupaten Purworejo. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 530 http://repository.uki.ac.id/5508/1/ModulKeanekaragamanHayati.pdf
Alimah, S., & Susilo, H. (2013). Desain Pembelajaran Biologi dengan Model Experiential Jelajah Alam Sekitar melalui Lesson Study. Proceeding Biology Education Conference …, 5.
https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/viewFile/6312/5696
Firmansyah, R. S., & Rusimamto, P. W. (2020). Kepraktisan Modul Pembelajaran Human Machine Interface Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik Di Smk Negeri 3 Jombang. Jurnal Pendidikan, 9, 399. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnalpendidikan-teknik-elektro/article/view/34784
Jayawardana, H. B. A. (2017). Paradigma Pembelajaran Biologi Di Era Digital. Jurnal Bioedukatika, 5(1), 12. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v5i1.5628
Lestari, A. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Kearifan Lokal Di Kawasan Wisata Goa Kreo Pada Materi Ekosistem Kelas X Sma Negeri 16 Semarang [UIN Walisongo]. In Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA (Vol. 9, Issue 1). https://doi.org/10.21580/phen.2019.9.1.3113
Mardiastuti, W. E. (2013). Mengenal Tumbuhan. Penerbit Mitra Utama.
Nur Fadhilah, F. (2018). Analisis Soal Ujian Akhir Semester (UAS) Mata Pelajaran Matematika Menggunakan Taksonomi Bloom Ranah Kognitif di SMAN 2 Kota Mojoroto. In Pembentukan Anak Usia Dini : keluarga, Sekolah, Dan Komunitas (Vol. 2). IAIN Sunan Ampel Surabaya.
Sa’adah, R. N., & Wahyu. (2020). Penelitian R&D (Research and Development) Kajian Teoritis dan Aplikatif. Literasi Nusantara.
Sari, M. S. (n.d.). Pembelajaran taksonomi melalui pendekatan kontekstual sebagai upaya peningkatan minat mahasiswa pada taksonomi. Prosiding Seminar Nasional Sains Dan Pendidikan Sains VII UKSW.
Sari, N. S., Farida, N., & Rahmawati, D. (2020). Pengembangan Modul Berbasis Discovery Learning Untuk Melatih Literasi Matematika. EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 15. http://scholar.ummetro.ac.id/index.php/emteka/article/view/377
Sari, V. R. (2012). Variasi Morfologi Tanaman Kepel ( Stelechocarpus burahol Hook . F dan Thomson ) yang Tumbuh Pada Ketinggian Berbeda. Skripsi, 1–74. http://repository.unair.ac.id/25681/1/SARI, VISCA R.pdf
Selviani, I. (2019). Pengembangan Modul Biologi Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(2), 147–154. https://doi.org/10.29300/ijisedu.v1i2.2032
Setiawati, E., Rahayu, H. M., & Setiadi, A. E. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Modul Pada Materi Animalia Kelas X Sman 1 Pontianak. Jurnal Bioeducation, 4(1), 47–57. https://doi.org/10.29406/522
Setiyadi, M. W., Ismail, & Gani, H. A. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal of Educational Science and Technology (EST), 3(2), 104.
https://ojs.unm.ac.id/JEST/article/view/3468
Sumani, M. (2017). Belajar dan Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.