Pengembangan Media Pembelajaran Arabic Corner Mumtāz untuk Meningkatkan Penguasaan Mufradāt Kelas XI Agama 2 MAN 3 Bantul
DOI:
https://doi.org/10.14421/almahara.2019.052.05Keywords:
Learning Media, Media Development, Mumtāz Arabic CornerAbstract
This study aims to develop learning media Mumtāz Arabic Corner in increasing students’ mastery of mufrādāt and how the influence of media in the eleventh-grade students majoring in religion at MAN 3 Bantul. This study uses research and development. model. The research result of the development of Arabic learning media is in the form of learning media Mumtāz Arabic Corner. Based on the assessment of media experts on this learning media, the overall score is 55 out of the highest score of 60 and has a "Very Good" quality with a percentage of 97.00%, while the material expert assessment of this media gets a score of 49 from the highest score of 60 and has a quality of " Very Good "with a percentage of 81.66%. The results of a broad group trial showed an increase in mastery of mufrādāt, as evidenced by the results of the posttest (79.4) greater than the value of the pretest (61.2). The results of the calculation of significance using SPSS 18 show the significance value is 0,000 <0.05 which means that there are significant differences between the average test scores before using the learning media Mumtāz Arabic Corner with after using the learning media. From the discussion of this research, it can be concluded that the learning media Mumtāz Arabic Corner influence the students increasing mastery of mufrādāt.
Keywords: Learning Media, Media Development, Mumtāz Arabic Corner
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran “Arabic Corner Mumtāz” dalam meningkatkan penguasaan mufrādāt yang dimiliki siswa serta bagaimana pengaruh media di kelas XI Agama 2 MAN 3 Bantul. Penelitian ini menggunakan model Research and Development. Hasil Penelitian pengembangan media pembelajaran bahasa Arab ini berupa media pembelajaran “Arabic Corner Mumtāz” untuk kelas XI Agama 2 MAN 3 Bantul. Berdasarkan penilaian ahli media terhadap media pembelajaran ini diperoleh nilai secara keseluruhan adalah 55 dari skor tertinggi 60 dan memiliki kualitas “Sangat Baik” dengan persentase 97,00 %, sedangkan penilaian ahli materi terhadap media ini mendapatkan skor 49 dari skor tertinggi 60 dan memiliki kualitas “Sangat Baik” dengan persentase 81,66%. Kemudian berdasarkan hasil uji coba kelompok luas pada siswa kelas XI Agama 2 MAN 3 Bantul menunjukkan adanya peningkatan penguasaan mufrādāt, dibuktikan dengan hasil posttest (79,4) lebih besar dibandingkan nilai pretest yaitu (61,2). Serta hasil perhitungan signifikansi menggunakan bantuan aplikasi SPSS 18, bahwa nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai tes sebelum menggunakan media pembelajaran “Arabic Corner Mumtāz” dengan setelah menggunakan media pembelajaran tersebut. Dari uraian penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran “Arabic Corner Mumtāz” berpengaruh terhadap peningkatan penguasaan mufrādāt untuk siswa kelas XI Agama 2 MAN 3 Bantul.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Pengembangan Media, Arabic Corner Mumtāz.
Downloads
References
Abdul Wahab Rosyidi, Media Pembelajaran Bahasa Arab (Malang: UIN Malang Press, 2009)
Anas Sudjiono, Pengantar Statistik Pendidikan (Jakarta: Rajawali Press, 2012)
Azhar Arsyad, Media Pembelajaran (Jakarta: Rajawali Press, 2011)
Bambang Sutjipto, and Cecep Kustandi, Media Pembelajaran Manual Dan Digital, ed. by Ghalia Indonesia (Bogor, 2002)
Muhammad Nur Rahman, ‘Perilaku Pemustaka Dalam Penelusuran Informasi Melalui Layanan Sampoerna Corner Di Perpustakaan Universitas Gadjah Mada’, Skripsi, 2015
Sa’dun, and Akbar, Instrumen Perangkat Pembelajaran (Bandung: Rosdakarya, 2013)
Wisnu Wardani Wahyuningsih, ‘Peran Kerjasama Universitas Gadjah Mada Dan Kedubes Amerika Dalam Meningkatkan Layanan American Corner Perpustakaan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta’, Skripsi, 2012