Development of Comic in Qiroah Learning Introduction Material for VII Grade at Mts Muallimin NW Pancor / Pengembangan Media Komik Pada Pembelajaran Qiroah Materi Perkenalan Kelas VII Mts Muallimin NW Pancor
DOI:
https://doi.org/10.14421/almahara.2021.071-03Keywords:
Development, Arabic language learning, Comic media, Pengembangan, Media Komik, Pembelajaran Bahasa ArabAbstract
Learning the Arabic language at Mts Muallimin NW pancor using the standard textbooks without any improvisation in presenting Arabic language learning materials, the author tries to develop Arabic language learning media with comic media aimed at presenting new media that are more attractive to students Mts Muallimin NW Pancor, the methodology used in this research is the research method of development R&D ( Research and Development) Borg and Gell. One media expert lecturer and one material expert lecturer reviewed product feasibility and responded by 30 students of grade VII MTS Muallimin NW Pancor; the instrument in this research is a questionnaire to see the quality of products and students' responses media. The assessment results from both experts obtained a value of 52 for the assessment of material experts in the range of 44.16 < X_(<) 54.48, which means comic media can be said to be valid and 65 for the assessment of media experts and is in the range of 54.36 < X_(<) 67.08. It means comic media can be said to be valid. Moreover, the questionnaire's response with respondents who answered 'Yes' in the school MTS Muallimin NW Pancor was about 94.8% compared to students who answered "no," namely 5.2%. The comic media product developed is worthy of being used to learn the Arabic language from the research.
Keywords: Development, Arabic language learning, Comic media.
Abstrak
Pembelajaran bahasa Arab di MTS Muallimin Nw pancor menggunakan buku pelajaran yang biasa tanpa ada imvropisasi dalam menyajikan materi pembelajaran bahasa Arab, penulis mencoba untuk mengembangkan media pembelajaran bahasa Arab dengan media komik yang bertujuan untuk memeberikan media baru yang lebih menarik bagi siswa Mts muallimin nw Pancor, metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan R&D ( Research And Depelopement) Borg and Gell. Kelayakan produk ditinjau oleh satu dosen ahli media, dan satu dosen ahli materi,. Dan direspon oleh 30 peserta didik kelas VII Mts Muallimin NW Pancor, dalam penelitian ini menggunakan instrument berupa angket untuk melihat kualitas produk dan respon siswa terhadap media. Hasil penilaian dari kedua ahli diperoleh nilai 52 untuk penilaian ahli materi yang berada pada rentang 44,16 < X 54,48 yang berarti media komik dapat dikatakan valid dan 65 untuk penilian ahli media dan berada pada rentang 54,36 < X 67,08. Yang berarti media komik dapat dikatakan valid. Dan respon angket siswa dengan hasil responden yang menjawab ‘Ya’ di sekolah Mts Muallimin NW Pancor, sekitar 94,8% dibandingkan dengan siswa yang menjawab “tidak”yaitu 5,2%.dari hasi penelitian tersebut maka produk media komik yang dikembangkan layak untuk dijadikan sebagai media pembelajaran bahasa Arab .
Kata Kunci: Pengembangan, Pembelajaran Bahasa Arab, Media Komik.
Downloads
References
Admin, Admin, and Noor Amirudin. “PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB.” Jurnal TAMADDUN, 2017, 1–12.
All, Elizabeth at. “Using Popular Media and a Collaborative Approach to Teaching Grounded Theory Research Methods.” International Journal of Teaching and Learning in Higher Education, 2012.
Alwi, Said. “Problematika Guru Dalam Pengembangan Media Pembelajaran.” ITQAN : Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan 8, no. No.2 (2017).
Ansori, Imam. Strategi Belajar Bahasa Arab. Malang: MISYKAT, 2014.
Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2016.
Budiarti, Wahyu Nuning, and Haryanto. “Pengembangan Media Komik Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV.” Jurnal Prima Edukasia, 2016, 233–42.
Fahrurrozi, Aziz. “Pembelajaran Bahasa Arab : Problematika Dan Solusinya.” ARABIYAT: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan KebahasaAraban 1, no. No.2 (2014).
Hasanah, Milkhatul. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berupa Comic Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Materi Jaring-Jaring Bangun Ruang Pada Siswa Kelas IV SD NU Bahrul Ulum Malang.” UIN Malang, 2016.
Hidayah, Nurul. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komikpada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV Mi Nurul Hidayah Roworejo Negeri Katon Pesawaran.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar 4, no. No.1 (2017).
Hidayat, Nandang Sarip. “Problematika Pembelajaran Bahasa Arab.” Jurnal Pemikiran Islam 37, no. No.1 (2012): 82–88.
Jamilah, Nisaul. “Pengembangan Media Pembelajaran Power Point Inspiring Presenter Pada Materi Kosakata Bahasa Arab Peserta Didik Kelas V MI Tarbiyatul Athfal Lampung Timur.” Jurnal Al-Mahara 5, no. No. 1 (n.d.).
Khaerotin, Rahmah. “Pengembangan Multimedia Interaktif 3D Aurora Presentation Untuk Keterampilan Menulis Bahasa Arab.” Al Mahāra Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 5, no. No.1 (n.d.).
Khoiriyah, Hidayatul. “Metode Qirā’Ah Dalam Pembelajaran Keterampilan Reseptif Berbahasa Arab Untuk Pendidikan Tingkat Menengah.” Lisanuna: Jurnal Ilmu Bahasa Arab Dan Pembelajarannya 10, no. No.1 (2020).
Mahmudin, Wildan. “Problematika Pembelajaran Al-Qira`ah Dan Solusi Pemecahannya.” Thoriqotuna Jurnal Pendidikan Islam 1, no. No.1 (2018).
Mahnun, Nunu. “Media Pembelajaran (Kajian Terhadap Langkah-Langkah Pemilihan Media Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran).” Jurnal An-Nida’ 37, no. No.1 (2012): 27–35.
Maimunah, Maimunah. “Metode Penggunaan Media Pembelajaran.” Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban 5, no. No.1 (2016).
Manning, Alan D. Understanding Comics: The Invisible Art. Faculty Publications, 1998.
Marwati. “Metode Pengajaran Qira ’ah.” Jurnal Adabiyah 11, no. No.1 (2011).
Nuha, Ulin. Ragam Metodologi & Media Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Diva Press, 2016.
Pandanwangi, Nadia Astri, Firosalia Kristin, and Indri Anugraheni. “Pengembangan Media Komik Untuk Meningkatkan Kompetensi Berbahasa Pada Siswa Kelas 3 Sd.” Jurnal Cakrawala Pendas 5, no. 2 (2019): 124–32. https://doi.org/10.31949/jcp.v5i2.1354.
Pane, Aprida, and Muhammad darwis Dasopang. “BELAJAR DAN PEMBELAJARAN.” FITRAH Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman 03, no. 2 (2017): 333–52.
Prasetyo, Mohammad, and Darmadi Bagus Handoko. “Perancangan Museum Komik Indonesia.” Jurnal Tingkat Sarjana Bidang Senirupa Dan Desain, 2014.
Puspitorini, Retno, A.K. Prodjosantoso, Bambang Subali, and Jumadi Jumadi. “Penggunaan Media Komik Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif Dan Afektif.” Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2014. https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.2385.
Rathomi, Ahmad. “Pembelajaran Bahasa Arab Maharah Qira’ah Melalui Pendekatan Saintifik.” Ta’dib Jurnal Pendidikan Islam 8, no. No.1 (2019).
Rofiah, Fikrotur. “Komik Sebagai Media Pembelajaran,” 2015. https://www.eurekapendidikan.com/2015/02/komik-sebagai-media-pembelajaran.html.
Rohimah, Siti. “Pengembangan Media Komik Dalam Pembbelajaran Bahasa Arab Di MIN Patuk Sumberejo Gunung Kidul.” UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, n.d.
Scott, Mccloud. Understanding Comics. Jakarta: Gramedia Pustaka, 2001.
Subroto, Erlanda Nathasia, and Dkk. “Efektivitas Pemanfaatan Komik Sebagai Media Pembelajaran Matematika.” Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan 5, no. No.2 (2020).
Sugiyono. Metode Penelitian & Pengembangan. Bandung: Alfabeta, 2017.
Supardi. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kurnia Kalam Semesta, 2011.
Susilana, Rudy. Cepi Riyana.Media Pembelajaran Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, Dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima, 2011.
Tafonao, Talizaro. “Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa.” Jurnal Komunikasi Pendidikan 2, no. No. 2 (2018).