Ta‘līm al-Lugah al-‘Arabiyyah ‘ala Asasi al-Madkhali al-Ittiṣali Khilāli Ja’iḥah Covid fī Madrasah al-Ma’arif Singosari Malang / Learning Arabic Based on Communicative Approach During the Covid Pandemic in MA Al-Ma'arif Singosari Malang
DOI:
https://doi.org/10.14421/almahara.2022.081-01Keywords:
Language Skills, Communicative Approach, Barriers to the Learning Process, Keterampilan Berbahasa, Pendekatan Komunikatif, Hambatan Proses PembelajaranAbstract
This study describes learning Arabic based on a communicative approach during the covid pandemic in four language skills and the obstacles faced in implementing a communicative strategy in learning Arabic. By using the research method used is the descriptive qualitative method with data collection through interviews and observation. The results of this study show that first, Arabic learning activities with a communicative approach can be implemented in four language skills by forming activities that refer to the teacher's principle only as a facilitator to provide direction and guidance to students to be more active during the learning process. Second, the obstacles in its implementation are the lack of quality of students' confidence in speaking skills, difficulty in finding materials that suit students' interests, and taking a long time to implement.
Keywords: Language Skills, Communicative Approach, Barriers to the Learning Process
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran Bahasa Arab berbasis pendekatan komunikatif pada masa pandemic covid dalam empat ketrampilan berbahasa serta hambatan yang dihadapi dalam mengimplementasikan pendekatan komunikatif dalam pembelajaran Bahasa Arab. Dengan menggunakan metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan pertama, aktivitas pembelajaran bahasa arab dengan pendekatan komunikatif dapat diimplementasikan pada empat ketrampilan Bahasa dengan membentuk kegiatan yang mengacu pada asas guru hanya sebagai fasilitator guna memberikan pengarahan dan pembimbingan kepada siswa agar lebih aktif selama proses pembelajaran. Kedua, hambatan dalam pengimplementasiannya adalah kurangnya kualitas percaya diri siswa dalam keterampilan berbicara, kesulitan dalam mencari materi yang sesuai minat siswa, dan membutuhkan waktu yang cukup lama dalam penerapannya.
Kata Kunci: Keterampilan Berbahasa, Pendekatan Komunikatif, Hambatan Proses Pembelajaran
Downloads
References
Aflisia, Noza, dan Hazuar Hazuar. “Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab Berbasis Pendekatan Komunikatif.” Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab 4, no. 1 (2020): 111. https://doi.org/10.29240/jba.v4i1.1380.
Asiah. “Pendekatan Komunikatif Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara” 2, no. 1 (2015): 21–35. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v2i1.1319.
Azhar Arsyad. Bahasa Arab dan Metode Pengajaran : Beberapa Pokok Pikiran,. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.
Azies, Furqanul, dan A. Chaedar Alwasilah. Pengajaran Bahasa Komunikatif, Teori dan Praktek. Bandung: PT RosdaKarya, 2000.
Azwir. “ضرورةالتنظيم لتعليم مهارة الكلام.” Lisanuna 3, no. 1 (2015): 68–104.
Edi, Relit Nur, S Ag, dan M I Kom. “Pendekatan Komunikatif (al Madkhol al-Ittisholi) dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” Al Bayan UIN Raden Intan 4, no. 2 (2018): 72472.
Effendi, Ahmad Fuad. Metode Pengajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat, 2005.
Fajrin, M. Rifan. “Pendekatan Komunikatif” 6 (2015): 1–10.
Fuadi, Farhan. “Implementasi pendekatan komunikatif dalam pembelajaran bahasa arab.” Proshiding Munasba UAI 1 (2018).
Hidayat, Nandang Sarip. “مهارة الكلام وإجراءة تعليمها.” Al-Manar 2, no. 8 (2018). https://doi.org/10.24014/al-manar.v2i8.4736.
Hijriyah, Umi. Menyimak: Stategi dan Implikasinya dalam Kemahiran Berbahasa. Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat IAIN Raden Intan, 2016.
Lestari, Puji. “Penerapan Metode Bermain Peran ( Role Playing ) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Siswa Kelas XII TKJ 2 SMK Negeri 2 Selong Tahun Pelajaran 2018 / 2019.” Jurnal Ilmiah Rinjani 7, no. 2 (2019).
Meda Yuliani, Dkk. Pembelajaran Daring Untuk Pendidikan: Teori dan Penerapan. Yayasan Kita Menulis, 2020.
Mukmin, Mukmin, dan Nur Hidayah. “Ta’liim Mahaarah Al-Qiraa’ah Likulli Maraahil At-Ta’liim.” Taqdir 3, no. 2 (2017): 97–112.
Mustofa, Nurul Hana. “مشكلات تعليم مهارة القراءة وعلاجها بالمدرسة الثانوية الإسلامية المعارف سينجاساري مالانق.” Abjadia 2, no. 1 (2017): 64–80. https://doi.org/10.18860/abj.v2i1.5311.
Nur, Jabal. “Pendekatan, Landasan dan Model Pembelajaran Bahasa Arab.” Al Munzir 6, no. 2 (2013): 204–12.
Nurhidayanti. “Menyimak dialog,” t.t.
Radliyah, Zainuddin. Metodologi dan Strategi Alternatif Pembelajaran Bahasa Arab. Cirebon: STAIN Cirebon, 2005.
Riset, Jurnal, Pendidikan Dasar, Maria Veronica Oktaviani, dan Abdul Muktadir. “Juridikdas Pengaruh Cerita Anak Bergambar Terhadap Kemampuan Berbicara Siswa Kelas 2 SD Negeri Gugus 1 Kota Bengkulu” 3, no. 1 (2020): 33–42.
Riyadi, Muhammad. “Tadris Maharah al Kitabah.” Ta’dib 17, no. 1 (2019): 54–71.
Sadat, Anwar. “Pendekatan Komunikatif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” AL-AF’IDAH: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Pengajarannya 2, no. 1 (2018): 1–17. https://doi.org/10.52266/al-afidah.v2i1.161.
Saepuddin, “Pembelajaran keterampilan berbahasa Teori dan Aplikasi.” Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Arab, 2012, 3.
Setiadi, Alif Cahya. “Pengajaran Bahasa dengan Pendekatan Komunikatif: Analisis Atas Teori Transformatif-Generatif Noam Chomsky.” At-Ta’dib 4, no. 1 (2005): 1–14.
Sukma, Hanum Hanifa, dan Norma Evitriana. “Pengembangan Media Audio Visual Sebagai Media Pembelajaran Menyimak Komprehensif Berbasis Budaya Nusantara untuk Kelas III Sekolah Dasar.” Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (PPDN), 2019, 408–16.
Syakur, Nazri. Revolusi Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab: dari Pendekatan Komunikatif ke Komunikatif Kambiumi. Yogyakarta: Pedagogia, 2010.
Walid, Nasrul. “فن تدريس مهارة الكتابة.” Jurnal JEALT 3, no. 2 (2012).
Zailani, Muhammad Azhar. “Pendekatan Komunikatif Dalam Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa Arab Komunikasi.” Masalah Pendidikan 24, no. 2 (2001): 127–40.
اللطيف, هارينه بنت عند. “مهارة الاستماع.Pdf,” t.t.
محمد رضا. “تعليم مهارة الاستماع باستخدام الأقراص.” Lisanuna 3, no. no 1 (2015).