The Development of a Communicative Arabic Exercise Book Based on Madarij Al-Durus Al-Arabiyah Book using Quick Response Code (QR-Code) Technology
Pengembangan Buku Latihan Bahasa Arab Komunikatif Berbasis Buku Madarij Al-Durus Al-Arabiyah Menggunakan Teknologi Quick Response Code (QR-Code)
DOI:
https://doi.org/10.14421/almahara.2022.082-02Keywords:
Madarij al-Durus al-Arabiyah, Exercise Book, QR-Code, Buku LatihanAbstract
The book of Madarij al Durus al Arabiyah, written in 1950, is the legendary Arabic language teaching book of Kyai Bashori Alwi. He is a famous figure in Arabic and the knowledge of the Quran. Scholars still use the book today. But several sections of it need to be updated. One of which is in the language skill aspect. The book focuses on speaking, writing, and reading skills but not listening. According to the current standardization, its physical form and organization need to be updated. The study's purpose is to develop a communicative Arabic exercise book based on Madarij al-Durusn al-Arabiyah using QR-Code technology. The method used is research and development using the ADDIE model. The researcher obtained the data through interviews, observations, and questionnaires. The result of this research and development study is an exercise book validated by material and media experts. It has been applied to 20 students and gained feasibility with 89,95% in percentage. It shows that the exercise book is ready to be used and get an excellent score. Therefore, we can conclude that the material of a communicative Arabic exercise book based on madarij al-durus al-arabiyah using QR-Code technology is ready to be used and has excellent quality.
Keywords: Madarij al-Durus al-Arabiyah, Exercise Book, QR-Code
Abstrak
Kitab Madarij al Durus al Arabiyah yang ditulis pada tahun 1950 merupakan kitab pengajaran bahasa Arab legendaris Kyai Bashori Alwi. Beliau adalah tokoh terkenal dalam bahasa Arab dan pengetahuan tentang Al Qur’an. Para sarjana masih menggunakan buku itu sampai sekarang. Tetapi beberapa bagian perlu diperbarui. Salah satunya dalam aspek keterampilan berbahasa. Buku ini berfokus pada keterampilan berbicara, menulis, dan membaca tetapi tidak mendengarkan. Sesuai dengan standarisasi saat ini, bentuk fisik dan organisasinya perlu diperbarui. Tujuan penelitian adalah mengembangkan buku latihan bahasa Arab komunikatif berbasis Madarij al-Durusn al-Arabiyah dengan menggunakan teknologi QR-Code. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Peneliti memperoleh data melalui wawancara, observasi, dan kuesioner. Hasil penelitian dan pengembangan ini berupa buku latihan yang telah divalidasi oleh ahli materi dan media. Telah diterapkan pada 20 siswa dan memperoleh kelayakan dengan persentase 89,95%. Hal tersebut menunjukkan bahwa buku latihan siap digunakan dan mendapatkan nilai yang sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa materi buku latihan bahasa Arab komunikatif berbasis madarij al-durus al-arabiyah dengan menggunakan teknologi QR-Code siap digunakan dan memiliki kualitas yang sangat baik.
Kata Kunci: Madarij al-Durus al-Arabiyah, Buku Latihan, QR-Code
Downloads
References
Akbar, P.S, and H Usman. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.
Branch, Robert Maribe. Instructional Design: The ADDIE Approach. Boston, MA: Springer US, 2009. https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6.
Hoyles, Celia, and Jean-Baptiste Lagrange. Mathematics Education and Technology-Rethinking the Terrain. New York, NY/Berlin, Germany: Springer US, 2010. https://link.springer.com/book/10.1007/978-1-4419-0146-0.
Laily, Idah Faridah. “Pendekatan Komunikatif Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SD/MI.” Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI 2, no. 1 (June 1, 2015). https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v2i1.176.
Muhaiban. “Penulisan Buku Ajar Bahasa Arab,” 2016, 245–55.
Muradi, Ahmad. “Tujuan Pembelajaran Bahasa Asing (Arab) Di Indonesia.” Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban 1, no. 1 (6 2013): 128–37.
Muslich, Masnur. Text Book Writing : Dasar-Dasar Pemahaman, Penulisan, Dan Pemakaian Buku Teks. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2010.
Pransiska, Toni. “Buku Teks Al-Lughah Al-‘Arabiyah Al-Mu’Āshirah Bagi Penutur Non Arab Desain, Kontruksi Dan Implementasi.” Al-Fikra : Jurnal Ilmiah Keislaman 17, no. 1 (July 3, 2018): 1. https://doi.org/10.24014/af.v17i1.5123.
Prastowo, Andi. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press, 2013.
Purnomo, Agus, Nurul Ratnawati, and Nevy Farista Aristin. “Pengembangan Pembelajaran Blended Learning Pada Generasi Z.” Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS 1, no. 1 (April 30, 2016): 70–76. https://doi.org/10.17977/um022v1i12016p070.
Putrawangsa, Susilahudin, and Uswatun Hasanah. “Integrasi Teknologi Digital Dalam Pembelajaran Di Era Industri 4.0: Kajian Dari Perspektif Pembelajaran Matematika.” Jurnal Tatsqif 16, no. 1 (August 29, 2018): 42–54. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i1.203.
Rahmah, Sutri, and Miftahur Rohman. “Analisis Buku Ajar Bahasa Arab Madrasah Aliyah Kurikulum 2013,” 02, 2 (2018). http://journal.staincurup.ac.id/index.php/arabiyatuna.
Rahmawati, Eka Dewi. “Pengembangan Buku Ajar Bahasa Arab Komunikatif Untuk Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah.” Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 3, no. 1 (September 2, 2021). https://doi.org/10.18196/mht.v3i1.11352.
Sihaloho, Josef Evan, Atifah Ramadani, and Suci Rahmayanti. “Implementasi Sistem Pembayaran Quick Response Indonesia Standard Bagi Perkembangan UMKM Di Medan.” Jurnal Manajemen Bisnis 17, no. 2 (April 30, 2020): 287. https://doi.org/10.38043/jmb.v17i2.2384.
Sugiana, Dian, and Dedi Muhtadi. “Augmented Reality Type QR Code: Pengembangan Perangkat Pembelajaran Di Era Revolusi 4.0.” Prosiding Seminar Nasional & Call for Papers, January 19, 2019, 135–40.
Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan. PT. Remaja Rosdakarya, 2015.
Sumiharsono, M. Rudy, and Hisbiyatul Hasanah. Media Pembelajaran. Jember: Pustaka Abadi, 2017.
Tarigan, HG, and Tarigan. Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa, 2009.
Taufiqurrochman, R. “‘Madarij Al-Duruus Al-‘Arabiyah’ Karya KH Basori Alwi : Analisis Buku Dan Pemanfaatannya Di Pondok Pesantren.” Arabi : Journal of Arabic Studies 2, no. 2 (March 22, 2018): 197. https://doi.org/10.24865/ajas.v2i2.46.
Widyasari, Widyasari, Hadi Sutopo, and Murniati Agustian. “QR Code-Based Learning Development: Accessing Math Game for Children Learning Enhancement.” International Journal of Interactive Mobile Technologies (IJIM) 13, no. 11 (November 15, 2019): 111. https://doi.org/10.3991/ijim.v13i11.10976.
Yasir, Abdul Ghofur. “Efektivitas Dan Efisiensi Pembelajaran Bahasa Arab (StudiPembelajaran Bahasa Arab Dengan Menggunakan Buku al-Arabiyah Baina Yadaika Di Ma’had Abu Bakar Universitas Muhammadiyah Surakarta).” JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran 20, no. 1 (August 1, 2019): 113. https://doi.org/10.22373/jid.v20i1.4767.
Zainuri, Muhammad. “Perkembangan Bahasa Arab Di Indonesia.” Tarling : Journal of Language Education 2, no. 2 (July 31, 2019): 231–48. https://doi.org/10.24090/tarling.v2i2.2926.
المحمودة, همة. تطوير الكتاب التعليمي للمدرسة الابتدائية على أساس كتاب دروس اللغة العربية لشيخ إمام زركشي والشيخ إمام شباني. قسم اتعليم اللغة العربية جامعة مالانج الحكومية: يحث غير مطبوع, 2019.
حياتي, فطري النساء. تطوير الكتاب المدرسي على أساس التعلم القائم على الحياة لطلبة معهد دار السلام الإسلامي جومبانج. قسم الأدب العربي جامع مالانج الحكومية: غير مطبوع, 2020.