Analysis of Learning Calligraphy in the Perspective of the Domain of Bloom-Revised Taxonomy

Analisis Pembelajaran Kaligrafi Dalam Perspektif Ranah Taksonomi Bloom-Revisi

Authors

  • Nurul Huda Jurusan Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Kalijaga
  • Fadhel Izanul Akbar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.14421/almahara.2022.082-06

Keywords:

Learning calligraphy, Bloom-Revised Taxonomy, Pembelajaran Kaligrafi, Taksnonomi Bloom Revisi

Abstract

Learning calligraphy is not just the art of beautiful Arabic writing; it includes other aspects of cognitive, affective, and psychomotor. This study aims to determine calligraphy learning from the revised Bloom's Taxonomy perspective and whether calligraphy learning improves learning abilities according to the revised Bloom's Taxonomy realm. This research uses a qualitative approach with the type of library research (library research). The data source comes from the book Silsilatu Talm al-Khat al- Arabiy Dall al-Muallim by Fauzi Salim Afifi, translated by Sirojuddin AR into How to Teach Calligraphy Teacher Guidelines, 40 supporting journal articles and eight theses that are still relevant to the research. Data collection techniques in this study use documentation techniques, data analysis using data reduction, data presentation in the form of descriptions, and concluding. The results of this study indicate that: First, there are three aspects contained in calligraphy learning, namely cognitive, which relates to intelligence and thinking skills, affective which relates to emotional control, attitudes, behaviour, and character of students; and psychomotor, which describes handing skills in writing calligraphy, flexibility. Hand movements and abilities related to limbs, especially the hands. Second, calligraphy learning can improve students' learning abilities according to the revised Bloom's Taxonomy, namely students' cognitive, affective, and psychomotor.

Keywords: Learning calligraphy, Bloom-Revised Taxonomy.

 

Abstrak

Pembelajaran kaligrafi tidak hanya sekedar seni keindahan tulisan Arab saja, akan tetapi terdapat aspek lain berupa kognitif, afektif, dan psikomotorik di dalamnya. Sehubungan dengan itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran kaligrafi dari perspektif Taksonomi Bloom revisi dan mengetahui pembelajaran kaligrafi dalam meningkatkan kemampuan belajar sesuai ranah pada Taksonomi Bloom revisi.  Penelitiaan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi pustaka. Sumber data berasal dari buku Silsilatu Talm al-Khat al- Arabiy Dall al-Muallim karya Fauzi Salim Afifi yang diterjemahkan oleh Sirojuddin AR menjadi Cara Mengajar Kaligrafi Pedoman Guru, 40 artikel jurnal pendukung, dan 8 skripsi yang masih relevan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi. Adapun analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dalam bentuk deskripsi, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat tiga aspek terkandung dalam pembelajaran kaligrafi, yaitu kognitif yang berhubungan dengan kecerdasan dan kemampuan berpikir, afektif yang kaitannya dengan kontrol emosi, sikap, perilaku dan karakter siswa, serta psikomotorik yang berhubungan keterampilan tangan dalam menulis kaligrafi, keluwesan gerakan tangan, dan keterampilan yang berkaitan dengan anggota gerak, terutama tangan. Kedua, pembelajaran kaligrafi dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa sesuai dengan ranah Taksonomi Bloom revisi yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa.

Kata Kunci: Pembelajaran Kaligrafi, Taksnonomi Bloom Revisi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ainin, Moh. “Penilaian Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Atau Sekolah: HOTS, MOTS ATAU LOTS?” Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab 4, no. 4 (2018): 155–65.

AKBAR, SANDY ANDIKA. “KAHFI: Terapi Kaligrafi Untuk Menurunkan Perilaku Agresivitas Pada Siswa SLTP.” Undergraduate, University of Muhammadiyah Malang, 2017. https://eprints.umm.ac.id/43745/.

AR, Sirojuddin. Seni Kaligrafi Islam. Jakarta: Multi Kreasi Singgasana, 1992.

Ardiani, Nur Fajriana Wahyu, Nanda Adi Guna, dan Reni Novitasari. “Pembelajaran Tematik Dan Bermakna Dalam Perspektif Revisi Taksonomi Bloom.” Satya Widya 29, no. 2 (5 Desember 2013): 93–107. https://doi.org/10.24246/j.sw.2013.v29.i2.p93-107.

Arifin, Zainul, Suci Ramadhanti Febriani, dan Anasruddin Anasruddin. “Using Bloom’s Taxonomy in Arabic Learning Media to Elevate Student’s Writing in Covid-19 Situation.” Al-Ta’rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya 9, no. 1 (1 Juni 2021): 1–12. https://doi.org/10.23971/altarib.v9i1.2530.

Auliya, Nanang Nabhar Fakhri. “Etnomatematika Kaligrafi Sebagai Sumber Belajar Matematika Di Madrasah Ibtidaiyah.” Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus) 1, no. 2 (10 Februari 2019). https://doi.org/10.21043/jpm.v1i2.4879.

Effendi, Ramlan. “Konsep Revisi Taksonomi Bloom Dan Implementasinya Pada Pelajaran Matematika SMP.” JIPMat 2, no. 1 (21 Juli 2017). https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i1.1483.

Fauzet, Fara Diba. “Taksonomi Bloom – Revisi : Ranah Kognitif Serta Penerapannya Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab 1, no. 2 (2016). http://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/90.

Fauzi, Muhammad. “Peningkatan Maharah Kitabah Dengan Pembelajaran Kaligrafi: Bagaimana Relevansinya.” Attanwir : Jurnal Keislaman Dan Pendidikan 11, no. 2 (29 September 2020): 117–34. https://doi.org/10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v11i2.42.

Fauzi, Muhammad, dan Muhammad Thohir. “Pembelajaran Kaligrafi Arab untuk meningkatkan maharah al-kitabah.” EL-IBTIKAR: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 9, no. 2 (2020): 226–40.

Fitri, Nurhadia, dan Mahsyar Idris. “Nilai Pendidikan Islam Dalam Qur’an Surah Luqman Ayat 1-19: Tinjauan Kognitif, Afektif, Dan Psikomotorik.” Al-Musannif 1, no. 1 (1 Mei 2019): 32–46. https://doi.org/10.56324/al-musannif.v1i1.17.

Habibah, Siti Ummu, Abdul Halim Fathani, dan Isbadar Nursit. “Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Berdasarkan Resiliensi Matematis Siswa yang Memiliki Kegemaran Bidang Seni Kaligrafi.” Jurnal Komunikasi Pendidikan 5, no. 1 (30 Januari 2021): 1–12. https://doi.org/10.32585/jkp.v5i1.1083.

HADI MUHTAROM, NIM 13420022. “Efektifitas Pembelajaran Kaligrafi (Khat) Di Lab.Pendidikan Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta 2016/2017.” Skripsi, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA, 2017. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28891/.

Huda, Nurul. “Implementasi Jenis Khat Naskhi Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 3, no. 2 (23 Desember 2017): 287–312. https://doi.org/10.14421/almahara.2017.032-06.

Istiqomah, Wiwin Nur, dan Syafi’i Syafi’i. “Pengembangan Pembelajaran Pai-Bahasa Arab Pada Aspek Psikomotorik (Keterampilan) Di Mi Al-Ibrohimi-Sidoarjo.” Al-Fakkaar 2, no. 1 (27 Februari 2021): 102–21. https://doi.org/10.52166/alf.v2i1.2474.

Kirom, Syahrul, dan Alif Lukmanul Hakim. “Kaligrafi Islam Dalam Perspektif Filsafat Seni.” Refleksi Jurnal Filsafat Dan Pemikiran Islam 20, no. 1 (6 September 2020): 55–67. https://doi.org/10.14421/ref.2020.2001-04.

Köksal, Dinçay, dan Ömer Ulum. “Language assessment through Bloom’s Taxonomy.” Journal of Language 14 (31 Mei 2018): 76–88.

Krathwohl, David R. “A Revision of Bloom’s Taxonomy: An Overview.” Theory Into Practice 41, no. 4 (1 November 2002): 212–18. https://doi.org/10.1207/s15430421tip4104_2.

Lestari, Nurul Hidayah Puji, Yazida Ichsan, Rachmat Sukriyanto, dan Saas Asela. “Urgensi Seni Rupa Kaligrafi Dalam Pendidikan Islam.” PALAPA 9, no. 1 (25 Mei 2021): 126–36. https://doi.org/10.36088/palapa.v9i1.1063.

M. KHAQI ANNAZILI, NIM 12490123. “Manajemen Ekstrakurikuler Kaligrafi Dalam Mengembangkan Kreatifitas Santri Di Pondok Pesantren Fadlun Minalloh Wonokromo Pleret Bantul Yogyakrta.” Skripsi, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA, 2019. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37601/.

Moelong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Reosdakarya, 2005.

Muhammad Rafles, M. R. “Tipologi Kaligrafi Kontemporer Menurut Ismail Raji Al-Faruqi Analisis Resepsi Estetis Terhadap Penulisan Al-Qur’an.” Thesis, UIN Suska Riau, 2021. http://repository.uin-suska.ac.id/55265/.

Muslim, Asbullah. “Urgensi Estetika Dan Budaya Islam Dalam Pendidikan Agama Islam.” PALAPA 1, no. 1 (21 Mei 2013): 148–57. https://doi.org/10.36088/palapa.v1i1.724.

Muwafiroh, Dzurrotul. “Upaya Pengembangan Kecerdasan Visual Spasial Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Kaligrafi Di Mi Ma’arif Setono Jenangan Ponorogo.” Diploma, IAIN Ponorogo, 2020. http://etheses.iainponorogo.ac.id/11439/.

Ni’ma, Asna Ainun. “Penggunaan Seni Kaligrafi Dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis (Maharah Kitabah).” Tifani : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2, no. 1 (11 Maret 2022). http://tifani.org/index.php/tifani/article/view/19.

Nursalim, Akhmad. “Implementasi Pembelajaran Seni Kaligrafi Islam (Khat) Dalam Maharah Al-Kitabah (Keterampilan Menulis) Di Mts N 1 Bandar Lampung.” Undergraduate, UIN Raden Intan Lampung, 2019. http://repository.radenintan.ac.id/6804/.

Pelajar, Pustaka. “Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran Pustaka Pelajar.” Diakses 13 Desember 2022. https://pustakapelajar.co.id/buku/model-model-pengajaran-dan-pembelajaran/.

“Pengaruh pembelajaran Khat terhadap kecerdasan emosional peserta didik sekolah Kaligrafi Al-Qur’an (SAKAL) Jombang.” Diakses 13 Desember 2022. https://123dok.com/document/q020m4xy-pengaruh-pembelajaran-terhadap-kecerdasan-emosional-peserta-kaligrafi-jombang.html.

Prameswati, Laudria Nanda. “Analisis Kemampuan Baca Tulis Al-Quran Siswa Mts Dalam Perspektif Taksonomi Bloom.” Edudeena : Journal of Islamic Religious Education 3, no. 2 (1 Juli 2019): 69–78. https://doi.org/10.30762/ed.v3i2.1736.

Rahman, Muhammad Haristo. “Analisis Ranah Psikomotor Kompetensi Dasar Teknik Pengukuran Tanah Kurikulum Smk Teknik Konstruksi Dan Properti.” Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan 17, no. 1 (31 Januari 2020): 53–63. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v17i1.23022.

Rasyidah, Afifatur. “Analisis Tingkat Kemampuan Kognitif Siswa Smp Pada Bilangan Pecahan Berdasarkan Ranah Kognitif Taksonomi Bloom.” Undergraduate, University of Muhammadiyah Malang, 2018. https://eprints.umm.ac.id/39355/.

Roisudin, Ayi. “Menumbuhkan Nilai-Nilai Karakter Melalui Pendidikan Khat Al-‘Arabiy: Studi Kasus di Sekolah Kaligrafi Al-Qur’an (SAKAL) Pondok Pesantren Mamba’ul Ma’arif Denanyar Jombang.” Didaktika Religia 3 (24 Januari 2015): 177–96. https://doi.org/10.30762/didaktika.v3i1.157.

S. Praja, Juhaya. Aliran-aliran Filsafat dan Etika. Bandung: Yayasan Piara, 1997.

Santika, Reva Ragam, Kurnia Ramadhan, Mochamad Andri, Asef Solehuddin, dan Safitri Juanita. “Implementasi Game Edukasi Belajar Bahasa Inggris Dengan Metode Game Development Life Cycle Dan Pendekatan Taksonomi Bloom.” Sebatik 23, no. 2 (1 Desember 2019): 392–402.

Sari, Milya, dan Asmendri Asmendri. “Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA.” Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA 6, no. 1 (10 Juni 2020): 41–53. https://doi.org/10.15548/nsc.v6i1.1555.

Sarif, Dahrun. “Pengaruh Alquran Terhadap Perkembangan Kaligrafi Arab.” ETNOHISTORI: Jurnal Ilmiah Kebudayaan dan Kesejarahan 3, no. 2 (10 September 2016): 162–72. https://doi.org/10.33387/jeh.v3i2.848.

Ulfah, Siti Mariah. “Metode Pengajaran Seni Kaligrafi: Seni Kaligrafi Salah Satu Media Pembelajaran Agama Islam,” 2013. https://www.semanticscholar.org/paper/Metode-Pengajaran-Seni-Kaligrafi%3A-Seni-Kaligrafi-Ulfah/b1683a9c1e754d90de178200639400aa64f5c883.

Ummah, Ananda Rakhmatul. “Nilai-nilai Edukasi dalam Menulis Kaligrafi Arab (Penelitian di Lembaga Kaligrafi Al-Qur’an (LEMKA) Ciputat).” BachelorThesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2020. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/49432.

Wicaksono, Soetam Rizky. “Strategi Penerapan Domain Afektif Di Lingkup Perguruan Tinggi.” Jurnal Pendidikan 12, no. 2 (30 Agustus 2011): 112–19. https://doi.org/10.33830/jp.v12i2.503.2011.

“YUSUF FIRDAUS-FITK.pdf.” Diakses 13 Desember 2022. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/12529/1/YUSUF%20FIRDAUS-FITK.pdf.

Downloads

Published

2022-12-29

Issue

Section

Articles