Analisis Pengelolaan Laboratorium IPA SMP Negeri 1 Sukodono Lumajang
DOI:
https://doi.org/10.14421/edulab.2021.61.01Keywords:
Analysis, Loboratory Management, Science Laboratory, State Junior High School 1 Sukodono LumajangAbstract
Learning Science does not only require students to be proficient in theory, but also put the theory that has been learned into practice. One of the facilities or places to carry out a practicum activity is a laboratory. In laboratory procurement, of course, there are elements of laboratory management and management that can show and provide an overview of activities related to the laboratory, so that in this case all activities will be more structured and laboratory use will run smoothly. The purpose of this paper is to understand how the laboratory management at SMP Negeri 1 Sukodono Lumajang. The method used is descriptive qualitative research with data collection in the form of interviews and documentation. The results showed that the school had 2 laboratories that were close to each other, supported by complete tools and materials, flexible laboratory usage schedules, the source of funds came from BOS funds, there was an SOP. However, management is considered to be less than optimal, due to the absence of laboratory assistants and technicians in managing the laboratory, thus making science teachers all concurrent. The expectations of students and teachers in laboratory management are even better in terms of management and maintenance so that practicum activities will run effectively and efficiently.
Abstrak: Pembelajaran IPA tidak hanya mewajibkan siswa untuk mahir dalam teori, tetapi juga untuk mempraktikkan teori yang telah dipelajari. Salah satu fasilitas atau tempat untuk melakukan suatu kegiatan praktikum yaitu laboratorium. Dalam pengadaan laboratorium pastinya ada unsur pengelolaan dan manajemen laboratorium yang dapat menunjukkan dan memberikan suatu gambaran kegiatan yang berhubungan dengan laboratorium, sehingga dalam hal ini semua kegiatan akan lebih terstuktrur dan penggunaan laboratorium akan berjalan dengan lancar. Tujuan penulisan ini yaitu untuk memahami bagaimana pengelolaan laboratorium di SMP Negeri 1 Sukodono Lumajang. Metode yang digunakan adalah penelitian deksriptif kualitiatif dengan pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah tesebut memiliki 2 laboratorium yang saling berdekatan, didukung dengan alat dan bahan yang lengkap, jadwal pemakaian laboratorium yang fleksibel, sumber dana berasal dari dana BOS, terdapat SOP. Namun pengelolaan dinilai kurang maksimal, dikarenakan tidak adanya laboran dan teknisi dalam mengelola laboratorium, sehingga membuat guru IPA merangkap semuanya. Harapan dari siswa dan guru dalam pengelolaan laboratorium lebih baik lagi dalam hal pengelolaan dan perawatannya, sehingga kegiatan praktikum akan berjalan dengan efektif dan efisien.
Downloads
References
Agustina, Maya. “Peran Laboratorium Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Dalam Pembelajaran IPA Madrasah Ibtidaiyah (MI) / Sekolah Dasar (SD).” At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, no. Mi (2018).
Astuti, Ratna Kusuma, and Ganik Sakitri. “Pengaruh Model Pembelajaran Demonstrasi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Praktikum Outcomes.” STETHOSCOPE 1, no. 2 (2021).
Cahyaningrum, Dwi, Hanif Sari, and Dini Iswandari. “Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Kecelakaan Kerja Di Laboratorium Pendidikan.” Jurnal Pengelolaan Laboratorium Pendidikan 1, no. 2 (2019).
Fikri, Miftahul. Konsep Dasar Manajemen Pendidikan & Peran Standar Operasional Prosedur (SOP). Najmu Books Publishing, 2020.
Fitri, Afrilliana. “Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (Bos) Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Mandiangin Koto Selayan Kota Bukittinggi.” Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan 2, no. 1 (2020).
Gunawan, M. Analisis Manajemen Laboratorium IPA Di SMPN 03 Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya. (Doctoral dissertation, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan)., 2020.
Gusnani, Y., Chiar, M., & Sukmawati, S. “Pengelolaan Laboratorium IPA Di Madrasah Tsanawiyah.” Proceedings International Conference on Teaching and Education (ICoTE) 2, no. 1 (2018).
Meita, Nisfil Maghfiroh. “Studi Kelayakan Pengelola Laboratorium IPA SMP N 4 Sumenep.” Pendidikan IPA 7 (2017).
Najemah, N. “Pengelolaan Laboratorium IPA SMP Negeri 2 Muara Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara Tahun 2020.” Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika 2, no. 1 (2020): 1–14. doi:10.31540/sjpif.v2i1.924.
Nurhadi, Arisal. “Manajemen Laboratorium Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran.” Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan 4, no. 01 (2018): 1. doi:10.32678/tarbawi.v4i01.832.
Pujani, Ni Made, and Kompyang Selamet. “Pengelolaan Laboratorium Ilmu Pengetahuan Alam ( Ipa ) SMP Negeri 2 Singaraja.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI) 3, no. 3 (2020).
Sari, S., Dayana, D., & Farida, I. (2018). “Analisis Profil Manajemen Laboratorium Dalam Pembelajaran Kimia Di Sma Wilayah Sumedang.” JTK (Jurnal Tadris Kimiya) 3, no. 1 (2018): 73–82. doi:10.15575/jtk.v3i1.2593.
Sayekti, Ika Candra. “Analisis Hakikat Ipa Pada Buku Siswa Kelas IV Sub Tema I Tema 3 Kurikulum 2013.” Profesi Pendidikan Dasar 1, no. 2 (2019): 129–44. doi:10.23917/ppd.v1i2.9256.
Shintya Dewi, Dewa Ayu Kadek Dian, Dewa Ketut Sastrawidana, and Ni Made Wiratini. “Analisis Pengelolaan Alat Dan Bahan Praktikum Pada Laboratorium Kimia Di SMA Negeri 1 Tampaksiring.” Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha 3, no. 1 (2019): 37. doi:10.23887/jjpk.v3i1.21162.
Sri Wayuni Okvitasi, Hadiyanto, Yulianto Santoso. “Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Pengelolaan Dana Bantuan Operasional.” Journal Ekonomi 1, no. 1 (2018).
Sugiyono. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta., 2011.
Sulistiyono, S., Mundilarto, M., & Kuswanto, H. “Keefektifan Pembelajaran Fisika Dengan Kerja Laboratorium Ditinjau Dari Ketercapaian Pemahaman Konsep, Sikap Disiplin, Dan Tanggung Jawab Siswa SMA.” COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika 6, no. 1 (2019).
Syamsu, Fetro Dola, and Mohd Syah Thariq Hadid. “Analisis Inventarisasi Alat Dan Bahan Laboratorium Biologi Di SMA Negeri Kabupaten Aceh Barat.” BIOnatural 5, no. 2 (2018).
Yuliana, Yusminah Halah, and A. Mushawwir Taiyeb. “Efektivitas Penggunaan Laboratorium Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik SMPN 3 Palakka Kabupaten Bone.” Jurnal Nalar Pendidikan 5, no. 1 (2017).
Yusuf, A. M. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Prenada Media, 2016.
Zahara, Nurlia, and Elita Agustina. “Pemanfaatan Dan Pengelolaan Laboratorium Bagi Guru IPA Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Dan Swasta Aceh Besar.” Prosiding Seminar Nasional Biotik, 2018.
Zuliati, Z. “Studi Penyusunan Standar Operasional Prosedur (Sop) Pengoperasian Peralatan Di Laboratorium FSRD ISI Surakarta.” 1, no. 1 (2019).