PEMIKIRAN PENDIDIKAN FAZLUR RAHMAN DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP PENGEMBANGAN TEORI PENDIDIKAN ISLAM

Authors

  • Parisaktiana Fathonah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.14421/jpai.2018.151-05

Keywords:

Fazlur Rahman, Pemikiran Pendidikan, Teori Pendidikan Islam

Abstract

Abstract

This study aims to discuss the thoughts of education Fazlur Rahman and its contribution to the development of Islamic education theory today. Data collection used documentation method. The collected data sources serve as documents. The documents are then read and understood to find the necessary data in accordance with the formulation of the problems that exist in this study. After the necessary data is considered sufficient, systematized for further analysis. Fazlur Rahman as one of the reformers in Islamic education contributes by offering a more emphasis on development strategies in areas that are part of the education system itself, as well as integrating the two sciences, in order to avoid disintegration in education, so that there is no gap between the sciences -science. The idea of ​​Rahman in the renewal of Islamic education, which is about the purpose of education, education system, learners, educators, educational facilities, and Islamic education curriculum.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk membahas mengenai pemikiran pendidikan Fazlur Rahman dan kontribusinya terhadap perkembangan teori pendidikan Islam saat ini. Pengumpulan data digunakan metode dokumentasi. Sumber-sumber data yang telah terkumpul dijadikan sebagai dokumen. Dokumen-dokumen tersebut kemudian dibaca dan dipahami untuk menemukan data yang diperlukan sesuai dengan rumusan masalah yang ada pada penelitian ini. Setelah data yang diperlukan dianggap cukup, dilakukan sistematisasi untuk selanjutnya dilakukan analisis. Fazlur Rahman sebagai salah satu pembaharu dalam pendidikan Islam memberikan sumbangsihnya dengan menawarkan strategi pengembangan yang lebih ditekankan dalam bidang-bidang yang merupakan bagian dari sistem pendidikan itu sendiri, serta mengintegrasikan kedua ilmu tersebut, agar tidak terjadi disintegrasi dalam pendidikan, agar tidak terjadi kesenjangan antar ilmu-ilmu. Adapun gagasan Rahman dalam pembaharuan pendidikan Islam, yakni mengenai tujuan pendidikan, sistem pendidikan, peserta didik, pendidik, sarana pendidikan, serta kurikulum pendidikan Islam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adnan, A. T. (1993). Fazlur Rahman dan Usaha-usaha Neo-Modernisme Islam Dewasa Ini. Bandung: Mizan.

Ajahari. (2016). Pemikiran Fazlur Rahman dan Muhammad Arkoun. Jurnal Studi Agama Dan Masyarakat, 12(2).

Al-Attas, S. M. al-N. (1979). Aims and Objectives of Islamic Education. Jeddah: King Abdul Aziz University.

Al-Khudari, A. F. (2017). Pengembangan Teori Pendidikan Fazlur Rahman. Yogyakarta.

Al-Qardhawi, Y. (1980). Pendidikan Islam dan Madrasah Hasan al-Banna. (B. A. Gani & Z. A. Ahmad, Eds.). Jakarta: Bulan Bintang.

Al-Syaibany, O. M. al-T. (1979). Falsafah Pendidikan Islam. (H. Langgulung, Ed.). Jakarta: Bulan Bintang.

Alyafie, H. (2009). Fazlur Rahman Dan Metode Ijtihadnya: Telaah Sekitar Pembaruan Hukum Islam. Hunafa, 6(1).

Amiruddin, M. H. (2000). Konsep Negara Islam Menurut Fazlur Rahman. Yogyakarta: UII Press.

Assegaf, A. R. (2010). Pendidikan Islam Kontekstual. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bashori. (2016). Fazlur Rahman; Pendidikan Islam dan Relevansinya dengan Dunia Modern. Hikmah, 5(1).

Daradjat, Z. (1992). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Djamal, M. (1983). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Proyek Pembinaan Prasarana dan Sarana PTA/IAIN.

Hidayah, Y. (1988). Fazlur Rahman: Kiai dari Chicago. Amanah, (60).

Ikhtiono, G. (2014). Konsep Pendidikan Nondikotomik dalam Perspektif Fazlur Rahman. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

Iqbal, A. M. (2015). Pemikiran Pendidikan Islam Gagasan-gagasan Besar Para Ilmuwan Muslim. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Langgulung, H. (1995). Beberapa Pemikiran tentang Pendidikan Islam. Bandung: al-Ma’arif.

Marimba, A. D. (1989). Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: al-Ma’arif.

Muhaimin. (1999). Kontroversi Pemikiran Fazlur Rahman: Studi Kritis Pembaharuan Pendidikan Islam. Cirebon: Pustaka Dinamika.

Muhaimin, & Mujib, A. (1993). Pemikiran Pendidikan Islam Kajian Filosofis dan Kerangka Dasar Operasionalnya. Bandung: Trigenda Karya.

Nata, A. (2013). Pemikiran Pendidikan Islam dan Barat. Jakarta: Rajawali Press.

Rahman, F. (1984). Islam. Bandung: Pustaka.

Rahman, F. (2005). Islam dan Modernitas: tentang Transformasi Intelektual. (A. Mohammad, Ed.). Bandung: Pustaka.

Saefuddin, D. (2003). Pemikiran Modern dan Postmodern Islam: Biografi Intelektual 17 Tokoh. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Sutrisno. (2006). Fazlur Rahman: Kajian terhadap Metode, Epistemologi, dan Sistem Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sutrisno. (2006). Pendidikan yang Menghidupkan. Yogyakarta: Kota Kenang.

Taba, H. (1962). Curriculum Development Theory and Practice. New York: Harcount, Brace & world, Inc.

Tafsir, A. (1992). Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tarbiyah, T. P. F. (2010). Pendidikan Islam: Konsep, Aksi, dan Evaluasi. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Usa, M. (1991). Pendidikan Islam di Indonesia. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Zaprulkhan. (2014). Filsafat Pendidikan Islam Studi Pemikiran Pendidikan Islam Fazlur Rahman. Episteme, 9(2).

Zuhri, S. (2016). Relevansi Konsep Pendidikan Fazlur Rahman Dengan Kurikulum 2013. Genealogi Pendidikan Agama Islam, 3(2).

Zuraya, H. (2013). Konsep Pendidikan Fazlur Rahman. Khatulistiwa, 3(2).

Downloads

Published

2018-06-30

How to Cite

Fathonah, P. (2018). PEMIKIRAN PENDIDIKAN FAZLUR RAHMAN DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP PENGEMBANGAN TEORI PENDIDIKAN ISLAM. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 15(1), 70–87. https://doi.org/10.14421/jpai.2018.151-05