TANTANGAN MENGAJAR PELAJARAN FIQIH MATERI KHITAN PADA JENJANG SEKOLAH DASAR

Authors

  • Najmah Zahiroh Universitas Negeri Malang
  • Susi Susanti Universitas Negeri Malang
  • Rizka Maulidia Iffani Amalia Universitas Negeri Malang
  • Joan Hesti Gita Purwasih Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.14421/jpai.2018.152-10

Keywords:

Tantangan mengajar, Materi Khitan, Sekolah dasar

Abstract

Abstract

This research was conducted to find out the teachers’ difficulty in explaining Fiqih lesson with circumcision (khitan) material. This research took place in MI Thoriqotus Sa’adah in Ngabab Village of Malang Regency. This study employed quantitative research method with interview and observation being the techniques of collecting data. Data analysis was carried out through data display, reduction, and description using Miles Huberman’s model. Cognitive learning theory was used as the analysis instrument to analyze the process of learning Fiqih with khitan material. The result of research showed that the challenge of teaching was affected by some factors: students have begun to be Mumayyiz, students have begun to understand sensitive parts of body, learning hour condition, monotonous seating style, and students’ habit of watching film. Theses obstacles could be dealt with by using a joyful learning strategy. It is in line with cognitive learning theory perspective encouraging the teacher to understand the students’ condition and learning material.

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi kesulitan guru dalam menjelaskan pelajaran Fiqih materi khitan. Lokasi penelitian ini di MI Thoriqotus Sa’adah Desa Ngabab Kabupaten Malang. Penelitian menerapkan metode penelitian kualitatif menggunakan teknik pengumpulan data wawancara dan observasi. Analisis data dilakukan melalui penyajian, reduksi dan dideskripsikan menggunakan model Miles Huberman. Teori pembelajaran kognitif sebagai pisau analisis digunakan untuk membedah proses pembelajaran Fiqih materi Khitan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tantangan mengajar dipengaruhi faktor siswa sudah mulai Mumayyiz, siswa mulai mengerti bagian-bagian sensitif, kondisi jam pelajaran, gaya tempat duduk yang monoton dan kebiasaan siswa menonton film. Kendala tersebut dapat diatasi melalui strategi pembelajaran yang menyenangkan. Hal ini selaras dengan perspektif teori pembelajaran kognitif yang mendorong guru untuk memahami kondisi serta materi pelajaran siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariesta, Shintawati. (2008). Metode Active Learning dalam Pembelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah Keagamaan Husnul Khotimah Kabupaten Kuningan Provinsi Jawa Barat Tahun Ajaran 2007/2008. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Budiningsih, D. C. A. (2012). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

J. Lexy Moleong. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pt. Remaja Rosda Karya.

Jamhuri, M. (2017). Upaya Pendidikan Madrasah Diniyah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Fiqih Di Madrasah Diniyah Miftahul Ulum Pruten Ngembal Pasuruan.

Khoirun, Nisa. (2015). Metode Pembelajaran Fiqih Di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Nu 01 Pageraji Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi Iain Purwokerto.

Kumalasari, D. (2011). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Dengan Pendkatan Belajar Tuntas Dan Metode Snowball Throwing Terhadap Kelas V Sd Negeri Plumbon 2 Kecamatan Sambungmacan Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2010/2011 (S1). Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

Https://Doi.Org/Kumalasari, Deba (2011) Perbandingan Hasil Belajar Matematika Dengan Pendekatan Belajar Tuntas Dan Metode Snowball Throwing Terhadap Siswa Kelas V Sd Negeri Plumbon 2 Kecamatan Sambungmacan Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi Thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

Majid, A., & Andayani. (2005). Pai Berbasis Ekonomi. Bandung: Rosdakarya.

Maunah, Binti. (2009). Metodologi Pengajaran Agama Islam. Yogyakarta: Teras.

Suprijono, Agus. (2015). Cooperative Learning Teori Dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Suyono, & Haryanto. (2015). Belajar Dan Pembelajaran Teori Dan Konsep Dasar. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.

Zen, Amirudin. (1997). Ushul Fiqih. Jakarta: Logos. Diambil Dari Https://Repo.Iain-Tulungagung.Ac.Id

Downloads

Published

2018-12-30

How to Cite

Zahiroh, N., Susanti, S., Iffani Amalia, R. M., & Gita Purwasih, J. H. (2018). TANTANGAN MENGAJAR PELAJARAN FIQIH MATERI KHITAN PADA JENJANG SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 15(2), 245–255. https://doi.org/10.14421/jpai.2018.152-10