Buku Petunjuk Praktikum Kimia Berbasis Green Chemistry Untuk SMA/MA Kelas XI
DOI:
https://doi.org/10.37079/jtcre.v1i1.14Keywords:
Pengembangan, Buku Petunjuk Praktikum, Green Chemistry.Abstract
Pembelajaran kimia tidak terlepas pada kegiatan praktikum yang identik dengan bahan kimia berbahaya dan menghasilkan limbah. Adanya kesadaran bahwa penanganan limbah memerlukan biaya mahal, maka dicetuskan prinsip green chemistry. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku petunjuk praktikum kimia berbasis green chemistry untuk SMA/MA kelas XI, melakukan uji kualitas dan mengukur respon peserta didik terhadap produk yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D (Four D) tanpa tahap Dissaminate. Uji kualitas dilakukan berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media dan guru serta respon peserta didik. Instrumen penilitian buku petunjuk praktikum kimia berbasis green chemistry berupa angket penilaian kualitas skala likert dan skala Guttman yang meliputi aspek penulisan dan organisasi buku, kebenaran konsep, kejelasan kalimat dan tingkat keterbacaan, kebahasaan, green chemistry, tingkat keterlaksanaan kegiatan praktikum, penilaian hasil belajar, dan tampilan fisik buku petunjuk praktikum. Hasil penelitian berupa data kualitatif kemudian ditabulasi dan dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas buku petunjuk praktikum. Hasil penelitian berdasarkan penilaian ahli materi mendapatkan kualitas Baik (B), ahli media mendapatkan kualitas Sangat Baik (SB) serta penilaian dari 3 guru kimia SMA/MA mendapatkan Sangat Baik (SB). Buku petunjuk praktikum kimia berbasis green chemistry mendapatkan respon positif dari peserta didik.
Downloads
References
Anastas, P. T. & Warner, J.C. (1998). Green Chemistry Theori and Practice. New York: Oxford University Press.
Djamarah., Bhri, S., & Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Nurul, S. (2015). Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Kimia Berbasis Green Chemistry untuk SMA/MA Kelas
XI Semester 2.Skipsi. Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Yogyakarta.
Santyasa, I.W.(2009). Metode Penelitian Pengembangan dan Teori Pengembangan Modul. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Sugiono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Sukardjo. (2010). Kimia Fisika. Jakarta: Rineka Cipta.
Syukri S. (1999). Kimia Dasar. Bandung: ITB
Thiagarajan, S., Sammel, D. S., & Semmel, MI. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Indiana: Indiana University Bloomington.