Kepemimpinan Siswi dalam Penerapan Nilai-Nilai Religiusitas di Madrasah Mu'allimaat Muhammadiyah Yogyakarta

Authors

  • Sitin Nurul Khasanah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Zainal Arifin UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.14421/manageria.2017.21-01

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tipe kepemimpinan organisasi otonom Muhammadiyah dalam penerapan nilai-nilai religiusitas di Madrasah Mu’alimat Muhammadiyah Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pengambilan data secara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan diverifikasi setelah itu ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) tipe kepemimpinan siswi dalam organisasi otonom Muhammadiyah adalah maskulin dan transformasional, (2) usaha dalam penerapan nilai-nilai religiusitas dalam organisasi adalah melalui lima dimensi berikut, yaitu religious belief, religious practice, religious feeling, religious knowledge, dan religious effect, (3) hasil tipe kepemimpinan terhadap nilai-nilai religiusitas dalam organisasi terwujud melalui kedisiplinan mematuhi kode etik dan disiplin ibadah (sholat tepat waktu); keteladanan berdo’a sebelum dan sesudah melakukan suatu kegiatan organisasi; adanya rasa empati terhadap sesama dengan gerakan infak dalam organisasi; semakin termotivasi dan semangat mewujudkan visi dan misi organisasi; dapat mengaktualisasikan diri sebagai panitia kegiatan Taruna Melati (TM), kajian Obrolan Jum’at Kekinian (OJK), dan Kajian Tri Mingguan (Karim) dalam organisasi IPM, sedangkan pada organisasi HW, anggota “Aspel” (Asisten Pelatih) HW menjadi lebih berani mengajar/melatih ilmu kepanduan pada anggota “Pasti” (pasukan inti HW MTs) dan pada tingkat Athfal yaitu anak-anak SD Muhammadiyah Kauman

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-06-07

Issue

Section

Articles