Penafsiran Kitābun Marqūm dalam Tafsir Salman

Tafsir Ilmiah atas Juz ‘Amma

Authors

  • Mailani Ulfah Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.14421/cq.v1i2.5658

Keywords:

Kitābun Marqūm, Neurosains, Tafsir Salman

Abstract

Manusia merupakan makhluk yang memiliki ragam potensi dibandingkan dengan lainnya diantaranya akal. Sehingga al-Qur’an menegaskan tentang penciptaan manusia yang memiliki keistimewaan serta dinobatkan sebagai khalīfah fī al-ardh demikian ini terjadi karena selain diciptakan dengan fisik yang sempurna, ia juga dibekali akal untuk berfikir, fitrah untuk beribadah serta nafsu keinginan. Dengan akal, manusia dapat membedakan sesuatu yang baik buruk sebab manusia mampu memfungsikan akalnya dengan baik untuk kepentingan diri sendiri dan orang lain. Ada banyak ayat-ayat al-Qur’an yang menyebutkan tentang potensi akal. Ayat-ayat al-Qur’an yang membahas tentang potensi akal dapat-ditemukan dalam istilah tafakkur, tadabbur dan tabashur. Tafsir Ilmiah Salman menafsirkan QS. Al-Muthaffifīn [83]:9 dan 20 dengan penyajian yang berbeda dengan penafsiran sebelumnya yakni dengan menghubungkan makna al-Qur’an dengan pengetahuan sains. Hal tersebut merupakan bukti perkembangan dalam bidang kajian tafsir yang bernuansa sains di Indonesia. Penelitian ini akan berfokus pada bagaimana penafsiran kitābun marqūm dalam Tafsir Ilmiah Salman yang dihubungkan pada otak manusia yang berfungsi sebagai pusat rekaman informasi. Adapun jenis penelitian yang akan digunakan adalah (library research) atau studi kepustakaan. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini adalah penafsiran penggalan ayat kitābun marqūm dimaknai secara harfiah yang merujuk kepada tiga mufasir kontemporer sehingga memunculkan sebuah penafsiran bernuansa sains. Kedua, makna kitābun marqūm diasosiasikan kepada bagian otak yang disebut sebagai neokorteks yang berfungsi sebagai pusat record atau penyimpanan memori secara permanen.
Abstract viewed: 28 times | PDF downloaded = 24 times

References

Al-Qur’an, Lajnah Pentashihan Mushaf, Badan Litbang Diklat, and Kementrian Agama RI. Kisah Para Nabi Pra-Ibrahim Dalam Perspektif Al-Qur’an Dan Sains. Jakarta Timur: Lajnah Pentashihah Mushaf Al-Qur’an, 2012.

Al-Qurthubi, Abu Abdillah Muhammad bin Ahmad bin Abi Bakr bin Farh al-Anshari al-Khazraji al-Andalusi. Jami’ Li Ahkam Al-Qur’an. 4th ed. Beirut: Dar al-Kotob al-’Ilmiyah, 2014.

Al-Sheikh, Abdullah bin Muhammad bin Abdurrahman bin Ishaq. Lubabut Tafsir Min Ibn Katsir. I. Kairo: Muassasah Dar al-Hilal, 1994.

Ali, Abdullah Yusuf. The Holy Qur’an. Saudi Arabia: King Fahd Holy Qur’an Printing Complex, n.d.

Ali, Maulana Muhammad. English Translation of The Holy Qur’an. Edited by Zahid Aziz. United Kingdom: Ahmadiyya Anjuman Lahore, 1951.

Anam, Masrul. “Sejarah Tafsir Indonesia Dalam Perspektif History of Idea.” Al-I’jaz 2, no. 1 (2020).

Arifin, Muhammad Patri. “Applied Science Dalam Wacana Tafsir Ilmi.” Al-Munir 5, no. 1 (2023).

Asad, Muhammad. The Message of The Qur’an. I. Gibraltar: Dar Andalus, 1980.

Ath-Thabari, Abu Ja’far bin Jarir. Jami’ Al-Bayan Fi Ta’wil Al-Qur’an. Lebanon: Mu’assasah al-Risalah, 1994.

Aziz, Jamil Abdul. “Potensi Manusia Perspektif Al-Qur’an Dan Psikologi Behavorisme Dan Humanisme Serta Implikasinya Dalam Pendidikan.” Jurnal Qiro’ah 10, no. 1 (2020).

Dozan, Wely. “Dinamika Pemikiran Tafsir Di Indonesia.” Al-Ijtima’iyya: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam 13, no. 2 (2020).

Iqbal, Mashuri Sirojuddin, and A. Fudlali. Pengantar Ilmu Tafsir. Bandung: Angkasa Bandung, 2021.

Lathif, Syahrul Akmal, and Alfin el Fikri. SUPER SPIRITUAL QUOTIENT (SSQ) Sosiologi Berpikir Qur’ani Dan Revolusi Mental: Menyingkap Rahasia Penciptaan Manusia, Kecerdasan, Dan Cara Berpikir. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2017.

Lusiawati, Ira. “Pengembangan Otak Dan Optimalisasi Sumber Daya Manusia.” TEDC 11, no. 2 (2017).

Morgan, Hani. “Howard Gardner’s Multiple Intelligences Theory and His Ideas on Promoting Creativity.” In Celebrating Giants and Trailblazer In Creativity Research and Related Fields, edited by F. Reisman. London: KIE Publisher, 2021.

Muchlisin, Anas Rolli, and Khairun Nisa. “Geliat Tafsir ’Ilmi Dari Tafsir Al-Nur Hingga Dari Tafsir Salman.” Millati: Journal of Islamic Studies and Humanities 2, no. 2 (2017).

Nasr, Seyyed Hossein. Islam, Sains, Dan Muslim Pergulatan Spiritualitas Dan Rasionalitas. Yogyakarta: IRCiSoD, 2022.

Noor, Fuad Arif. “Otak Dan Akal Dalam Ayat-Ayat Neurosains.” MAGHZA 4, no. 1 (2019).

Power, Jonathan D., Damien A. Fair, Bradley L. Schlaggar, and Steven E. Petersen. “The Development of Human Functional Brain Networks.” Neuron, 2010.

Ramadhy, Sufyan, and Dadi Permadi. Bagaiman Mengembangkan Kecerdasan? (Metode Baru Untuk Mengoptimalkan Fungsi Otak Manusia). Bandung: PT SARANA PANCAKARYA NUSA, 2018.

Rofdli, Muhammad Faiz, and Suyadi. “TAFSIR AYAT-AYAT NEUROSAINS ('Aql Dalam Al-Qur’an Dan Relevansinya Terhadap Pengembangan Berpikir Kritis Dalam Pendidikan Islam).” At-Tibyan 5, no. 1 (2020).

Salman, Tim Tafsir. Tafsir Salman Tafsir Ilmiah Atas Juz ’Amma. Bandung: Mizan Pustaka, 2014.

Supriadi, Akhmad. “Integrating Qur’an and Science: Epistemology of Tafsir ’Ilmi in Indonesia.” REFLEKSI 16, no. 2 (2017).

Wahyudi, Hari. “Optimalisasi Daya Kerja Otak Melalui Pemanfaatan Stimulan Eksternal.” Pembelajaran Fisika 5, no. 4 (2017).

Yunus, Mahmud. Tafsir Qur’an Karim. VII. Selangor: Klang Book Centre, 2003.

Yusuf, Ahmad, Retno Indarwati, and Arifudin Dwi Jayanto. “Senam Otak Meningkatkan Fungsi Kognitif Lansia (Brain Gym Improves Conitive Function for Elderly).” Ners 5, no. 1 (2010).

Downloads

Published

2021-11-26

Issue

Section

Articles