Persepsi Ketuhanan dalam Tiga Agama: Analisis Komparatif terhadap al-Qur’an, Bible, dan Regweda
DOI:
https://doi.org/10.14421/cq.v1i2.5686Keywords:
Godhead, Comparative, ReligionAbstract
Berbicara hal terkait ketuhanan atau konsep Tuhan banyak aspek yang perlu diulas lebih mendalam. Hal ini sangat diperlukan untuk mencari eksistensi agama dan kepercayaan dalam beragama. Tulisan ini berusaha mengungkap hal tersebut, dengan fokus kajian terkait bagaimana Konsep Tuhan itu dilihat dari persepektif tiga agama yaitu Islam, Hindu, dan Kristen serta bagaimana eksistensi Tuhan dilihat dari Teori Antropomorfisme dan Transenden-Imanen. Dari penjelasan dan penjabaran yang ada, didapatkan hasil bahwa disimpulkan bahwa dari setiap agama itu memiliki konsep Tuhan masing-masing, dimana konsep tersebut tidak dapat disamakan satu dengan lainnya. Kristen memandang Tuhan dengan konsep Trinitas, yaitu memandang Tuhan dengan tiga wujud-Nya, yaitu Tuhan Anak, Tuhan Bapak, dan Roh Kudus. Sedangkan Islam menganggap Tuhan sebagai sosok yang Esa, tiada Tuhan Selain Allah. Bahkan, Ia tidak beranak dan juga tidak diperanakkan. Kemudian jika dilihat dari perspektif Hindu di sebut Brahman/ Isa. Penyebutan Isa di sini Īśā. Īśā adalah jiwa dari seluruh alam semesta, yaitu Tuhan Yang Maha Pencipta, asal dan kembalinya alam semesta dan beserta isinya. Kemudian konsep tersebut dilihat dari perspektif ketiga terori, maka akan menhasilkan pemahaman yang berbeda-beda.References
Alfadhilah, J. (t.t.). Diajukan untuk Memenuhi Sebagian Syarat Memperoleh Gelar Magister dalam Program Studi Filsafat Agama.
Amstrong, K. (2011). A History of God: The 4000. Year Quest of Judaism, Chistianity And islam"Sejarah Tuhan: Kisah 4.000 Tahun Pencarian Tuhan dalam Agama-Agama Manusia". PT. Mizan Pustaka.
Anwar, H. (2015). Konsep Tuhan di dalam Al-Quran. Al Burhan: Jurnal Kajian Ilmu dan Pengembangan Budaya Al-Qur’an, 15(1), Article 1. https://doi.org/10.53828/Alburhan.V15i1.60
Donder, I. K. (2015). Keesaan Tuhan dan Peta Wilayah Kognitif Teologi Hindu: Kajian Pustaka tentang Pluralitas Konsep Teologi dalam Hindu. Harmoni, 14(2), Article 2.
D.s, A. N. M. (2021). Konsep Transendensi dan Imanensi Tuhan dalam Pandangan Mulyadhi Kartanegara [bachelorThesis]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/57143
Fattah, G. N., & Utomo, A. H. (2023). Konsep Ketuhanan Non-Kualitas dalam Buddhisme: Sebuah Antitesis Konsep Tuhan Personal. Jurnal Agama Buddha Dan Ilmu Pengetahuan, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.53565/abip.v9i1.719
HIDAYAT, K. (2008). Psikologi Ibadah: Menyimak Arti Menjadi Hamba dan Mitra Allah di Bumi. Serambi Ilmu Semesta.
Ismail, R. (2016). Konsep Ketuhanan menurut Kristen Saksi Yehuwa. Jurnal Sosiologi Agama, 10(2), Article 2. https://doi.org/10.14421/jsa.2016.102-04
Juwaini, J. (2021). Konsep Tuhan dalam Agama Kristen (Kajian Buku Sejarah Tuhan Karen Armstrong). Abrahamic Religions: Jurnal Studi Agama-Agama, 1(1), 84. https://doi.org/10.22373/arj.v1i1.9487
Kemenag. (t.t.). Al-Qur’an. Lajanah Pentasihan Al-Qur’an.
Octovianus Roos, D. (t.t.). Tuhan dalam konteks beragama. 2.
Sikap Dan Tanggung Jawab Orang Percaya dalam Menyikapi Teologi Imanensi | Manna Rafflesia. (t.t.). Diambil 25 Oktober 2023, dari https://journals.sttab.ac.id/index.php/man_raf/article/view/212
Soiman, & Mr. Supean Chemo, L. (2023). Konsep Tuhan menurut Fazlur Rahman. Al-Munqidz : Jurnal Kajian Keislaman, 11(2), Article 2.
Somawati, A. V. (2020). Filsafat Ketuhanan menurut Plato dalam Perspektif Hindu. 4(1).
Topik-topik Klasik dan Kontemporer dalam Praktik Menulis by Eben Ezer Siadari | Goodreads. (t.t.). Diambil 25 Oktober 2023, dari https://www.goodreads.com/book/show/58915063-topik-topik-klasik-dan-kontemporer-dalam-praktik-menulis
Triguna, I. Y. (2018). Konsep Ketuhanan dan Kemanusiaan dalam Hindu. Dharmasmrti: Jurnal Ilmu Agama dan Kebudayaan, 18(1), 71–83. https://doi.org/10.32795/ds.v1i18.104
Yunus, F. M. (2014). Konflik Agama di Indonesia Problem dan Solusi Pemecahannya. 16.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Ayu Novita Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.