STRATEGI KOMUNIKASI INTEGRASI INTERKONEKSI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS SKRIPSI MAHASISWA (Studi Pada Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)

Mokhamad Mahfud

Abstract


Thid research tend to describe the basic principals of the integration interconnection paradigm oblige any researcher to use four kinds of view in writing and reading integrated-interconnected researchs. Those are, first,
triple hadarah (hadarah an-nas [religion], hadarah al-falsafah [philosphy], wa hadarah al-‘ilm [science]); second, “spider web” (religious knowledge, Islamic thought, and Islamic studies); third, “spheres and models” and forth, eight point views (summary, sense of academic crisis, importance of topic, prior research on topic, approach and methodology, limitation and key assumptions, contribution to knowledge, and logical squence).

The communication strategy used by the lecturers of the Communication Science Department to advise the students in finishing their thesis is a way which is ethical and emancipathoric. The lecturers always advise the students in a humanist and elegant manner. The communication strategy is also educating, enlightening, empowering, and moving on.


Keywords


Integration Interconnection, Communication Strategy, Ethical Emancipathoric

Full Text:

PDF

References


Abdullah, M. Amin, “Aspek Epistemologi Filsafat Islam”, disampaikan dalam Simposium “Sosok dan Perspektif Filsafat Islam”, Kelompok Pengkajian Filsafat Islam, IAIN Sunan Kalijaga, Wisma Sejahtera, Yogyakarta, 28 September, 1991.

—————, “Desain Pengembangan Akademik IAIN Menuju UIN Sunan Kalijaga: Dari Pola Pendekatan Dikotomis-Atomistik ke Arah Integratif-Interdisciplinary”, dalam Zainal Abdidin Bagir, Jarot Wahyudi, dan Afnan Anshori (eds.), Integrasi Ilmu dan Agama: Interpretasi dan Aksi, Yogyakarta: Suka Press, 2005.

—————, “Metodologi Penelitian Untuk Pengembangan Studi Islam: Perspektif Delapan Poin Sudut Pandang”, Religia: Jurnal Studi-studi Agama, Vol. IV, No. 1, Januari 2005.

—————, “Metodologi Penelitian Untuk Pengembangan Studi Islam”, dalam Dudung Abdurrahman (ed.), Metodologi Penelitian Agama: Pendekatan Multidisipliner, Yogyakarta: Lemlit, 2006.

—————, Islamic Studies di Perguruan Tinggi: Paradigma Integratif Interkonektif, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2006.

Effendy, Onong Uchjana, “Dinamika Komunikasi”, Bandung : PT. Rosdakarya, 1986.

Koeswinarno, “Kehidupan Beragama Waria Muslim di Yogyakarta”, Disertasi, Yogyakarta: Pascasarjana UGM, 2007.

—————, “Pemetaan Paradigma Integrasi- Interkoneksi Skripsi Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga”, dalam Laporan Penelitian Unggulan, Yogyakarta: Lemlit, 2010.

Kriyantono, Rachmat, “Teknik Praktis Riset Komunikasi”, Jakarta : Kencana Prenada Media Group, 2006.

Pawito, “Penelitian Komunikasi Kualitatif ”, Yogyakarta : LkiS, 2007. Riyanto, Waryani Fajar, “Sistem Kekerabatan dalam al-Qur’an: Perspektif

Antropolinguistik, Disertasi, Yogyakarta: Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, 2011.

—————, “Implementasi Paradigma Integrasi- Interkoneksi dalam Penelitian Tiga (3) Disertasi Dosen UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta”, Laporan Penelitian, Yogyakarta: Lemlit, 2012.

—————, “Melacak Akar-akar Filsafat Ilmu dalam Integrasi-Interkoneksi”: Membaca “Interconnected” dengan Kacamata “Intersubjective Testability” dan “Semipermeable”, 2012.

—————, Epistemologi Relasional: Mempertautkan antara “Interconnected” dalam Epistemologi Hermeneutis-Sirkularis

M. Amin Abdullah dan “Inter-connected” dalam Epistemologi Strukturalis-

Transendentalis Kuntowijoyo, 2012.

——————, Integrasi-Interkoneksi Keilmuan : Biografi Intelektual

M. Amin Abdullah (1953-...), Yogyakarta: Suka Press,

——————, Pendekatan Integrasi Interkoneksi dalam Penelitian, Makalah

Yogyakarta, 2012.

Skripsi

Maulyawati, Rita Karyani, “Strategi Komunikasi Kemntrian Luar Negeri Republik Indonesia dalam Mengembalikan Citra Indonesia di Dunia Internasional Pasca Bom Bali II”, Yogyakarta : Prodi Ilmu Komunikasi

Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora UIN Sunan Kalijaga, 2012.

Tesis Mahfud, Mokhamad, “ Strategi Komunikasi Pemasaran Perguruan Tinggi (Studi Deskriptif Kualitatif Strategi Promosi dan Perencanaan Komunikasi Pemasaran Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

Yogyakarta)”,

Surakarta : Universitas Negeri Sebelas Maret, 2011.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.