Analisis Produksi Program Berita Indonesia Morning Show di News and Entertainment Television

Authors

  • Fatmawati Fatmawati Fakultas Ilmu Dakwah dan Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta http://orcid.org/0000-0002-3617-3697
  • Kemal Aqwam Maulana Fakultas Ilmu Dakwah dan Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.14421/pjk.v11i2.1423

Keywords:

Production Analysis, Hierarchy Theory of Influence, Audience, Media Organization, Source

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan produksi, proses produksi dan analisis produksi program berita Indonesia Morning Show di NET.TV. Metodologi dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan paradigma positifis. Data diperoleh melalui proses observasi dengan melakukan proses magang, wawancara baik terstruktur maupun tidak terstruktur dan studi dokumentasi. Dengan menggunankan Teori Hirarki Pengaruh yang diperkenalkan oleh Pamela J. Shoemaker dan Stephen D. Reese, maka penulis akan meneliti apakah ada tekanan dari level rutinitas media terhadap program berita Indonesia Morning Show yang ditinjau dari tiga unsur, yakni : Audiens (Consumers), Organisasi Media (Processor), dan Sumber Berita (Suppliers). Setelah melakukan penelitian Indonesia Morning Show dalam memproduksi programnya melalui tiga tahap, yakni : Pra-produksi, Produksi dan Pasca-produksi. Dilihat dari teori hirarki pengaruh level media rutin dalam proses produksi program berita Indonesia Morning Show di pengaruhi 3 unsur, yaitu : Audiens, Organisasi Media dan Sumber Berita. Dan pengemasan berita yang biasannya menggunakan format 5w+1H tim redaksi Indonesia Morning Show merubahnnya menjadi format S-P-O-K guna mendapatkan kesan berita yang mudah untuk diterima oleh audiens di pagi hari.

Kata Kunci: Analisis Produksi, Teori Hirarki Pengaruh, Audiens, Organisasi Media, Sumber Berita.

 

This study aims to find out how the implementation of production, production process and production analysis of Indonesia Morning Show news program on NET.TV. The methodology in this research uses descriptive qualitative approach using positivist paradigm. Data obtained through the process of observation by apprenticeship process, structured and unstructured interviews and documentation studies. Using the Influence Hierarchy Theory introduced by Pamela J. Shoemaker and Stephen D. Reese, the authors will examine whether there is any pressure from the level of media routines on the Indonesia Morning Show news program in terms of three elements: Audiences (Consumers), Media Organizations (Processor), and Source news (Suppliers). After conducting research, Indonesia Morning Show in producing the program through three stages, namely: Pre-production, Production and Post-production. Judging from hierarchical theory, the influence of routine media level in the production process of Indonesian Morning Show news program influenced 3 elements, namely: Audience, Media Organization and News Sources. And the news packaging that usually uses the 5w + 1H format of the Indonesia Morning Show editorial team transforms it into S-P-O-K format to get an easy news impression to be received by an audience in the morning.

 Keywords: Production Analysis, Hierarchy Theory of Influence, Audience, Media Organization, Source of News.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bungin, Burhan. 2008. Sosiologi Komunikasi, Cet Ke-3. Jakarta: Kencana.

D. Reese, Stephen. 1991. Setting the Media’s Agenda: A Power Balance Perspective. Baverly Hills: Sage.

Dimas, Cornel, and Josep J Darmawan. 2012. “Audiens Dan Program Acara Sepakbola Di TV Publik.” Digital Times, 2–12. http://www.dt.co.kr/contents.html?article_no=2012071302010531749001.

J Shoemaker, Pamela dan D. Reese Stephen. 1996. Mediating The Message. New York. Logman Publisher.

Massie, Ruth Debora. 2013. “Manajemen Program Siaran Dialog Interaktif Di Kantor Rri Manado.” Acta Diurna 2 (1).

Morissan, M.A. 2008. Manajemen Media Penyiaran : Strategi Mengelola Radio & Televisi. Jakarta: Kencana Perdana Media Group.

Muhtadi, Asep S dan Handjani, Sri. 2003. Dakwah Kontemporer: Pola Alternatif Dakwah Melalui Televisi. Bandung: Pusda Press.

Nusa, Lukman. 2010. “Halaman Muka Majalah Tempo (Studi Analisis Isi Perbedaan Halaman Muka Representasi Tajuk Utama Majalah Tempo Edisi Tahun 1993/1994 Dengan Tahun 2009/2010).” Profetik: Jurnal Komunikasi Volume 09,: No 01.

Raharjo, Sumantri R. 2015. Media Relations Di Media Massa (Analisis Deskriptif Kualitatif Terhadap Kegiatan Media Relations TVRI Jogja TV). Yogyakarta: Profetik Jurnal Komunikasi Vol 8 No 2.

Robin, Patricia. 2014. “Analisis Produksi Program Fashion ‘Ilook’ Di Net Tv.” Jurnal Visi Komunikasi 13 (01): 121–36.

Uchajana Efendy, Onong. 1993. Televisi Siaran: Teori & Praktik. Bandung: Mandar Maju.

Wibowo, Fred. 2007. Teknik Produksi Program Berita. Yogyakarta: Pinus.

Downloads

Published

2019-04-25

Issue

Section

Articles