HIJRAH ARTIS SEBAGAI KOMODIFIKASI AGAMA

Afina Amna

Abstract


Hijrah yang berarti pindah saat ini menjadi role mode baru dalam masyarakat. Hijrah saat ini sering diartikan sebagai proses berpindah dari perilaku yang belum sesuai dengan syariat ke perilaku yang sesuai dengan syariat yang mana hal itu saat ini banyak dilakukan oleh para artis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hijrah yang dilakukan para artis termasuk dalam komodifikasi agama? dan bagaimana masyarakat memaknai hijrah yang oleh dilakukan para artis? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan melakukan observasi terhadap bagaimana artis tampil di berbagai media sosial setelah mereka berhijrah. Selain itu penulis melakukan observasi di masyarakat dan wawancara terhadap beberapa orang untuk melihat apakah hijrah yang dilakukan para artis memiliki dampak di masyarakat atau tidak. Penelitian ini menggunakan teori agen struktur dan agenda setting untuk mengetahui pengaruh terhadap dua hal tersebut. Hasil dari penelitian ini yaitu hijrah yang dilakukan para artis menjadi komodifikasi baru dengan menjadikan agama sebagai sesuatu yang diperjual-belikan. Selain itu masyarakat menganggap bahwa hijrahnya para artis dimaknai sebagai trend yang baru berkembang, untuk melakukan gimmick di media, cara untuk menaikkan popularitas, dan dimaknai sebagai sarana membuat sensasi.

Kata kunci: Hijrah, Artis, Komodifikasi


Full Text:

PDF

References


Adi Sasono. 1998. Solusi Islam Atas Problematika Umat (Ekonomi, Pendidikan, dan Dakwah). Jakarta: Gema Insani Press.

Firsan Nova. 2009. Crisis Public Relations: Bagaimana PR Menangani Krisis Perusahaan. Jakarta: Grasindo.

George Ritzer. 1996. Teori Sosiologi Modern (terj). New York: Mc Graw-Hill International Editions.

Greg Feally dan Sally White. 2012. Ekspressing Islam: religious life and politics in Indonesia (terj) Ustadz Seleb, Bisnis Moral, Fatwa Online ragam Ekpresi Islam Indonesia Kontemporer. Depok: Komunitas Bambu.

Idy Subandi Ibrahim. 2014. Komunikassi dan Komodifikasi: Mengkaji Media dan Budaya dalam Dinamika Global. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Jajat Burhanudin. 2002. Ulama’ Perempuan Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Marshall McLuhan. 1994. Understanding Media The Extensions of Man. London and New York: The MIT Press.

Morissan. 2013. Teori Komunikasi dari Individu sampai Massa. Jakarta Kencana.

Muhamad Fahrudin Yusuf. 2016. Komodifikasi: Cermin Retak Agama Di Televisi: Perspektif Ekonomi Politik Media. INJECT: Interdisciplinary Journal of Communication Volume 1, No.1, Juni 2016: h. 25-42

Nur Hadiati Endah. 2014. Perilaku Pembelian Kosmetik Berlabel Halal Oleh Konsumen Indonesia. Hlm. 18 Jurnal Ekonomi dan Pembangunan Vol 22, No 1, 2014

Panitia Penerbitan Buku Kenangan Prof. Dr. Olaf Herbert Schumann. 2013. Agama Dalam Dialog: Pencerahan, Perdamaian dan Masa Depan. Jakarta; Gunung Mulia.

Pattana Kitiarsa, “Asia’s Commodified Sacred Canopies” dalam Pattana Kitiarsa. Religious Commodifications In Asia. USA dan Canada: Routledge.

Pippa Norris, Ronald Inglehart. 2013. Sacred And Secular Religion and Politics Worldwide 2nd Edition. Cambridge: Cambridge University Press.

Pius A Partanto. Kamus Ilmiah Populer. Surabaya: Penerbit Arkola.

Q.S An-Nisa [4]: 97

Septyarini dkk. 2018. Pengaruh Duta Merek Terhadap Citra Merek Shampoo Sunsilk Hijab (Studi Pada Madrasah Aliyah Negeri 2 Samarinda). eJournal llmu Komunikasi, 2018, ejournal.ilkom.fisip-unmul.org

Yasir. Komodifikasi dan Pengaburan Makna Simbol dalam Industri Televisi (Analisis Semiotika Sinetron Tukang Bubur Naik Haji di RCTI Episode 1060) Jurnal Portal Garuda.

Yuswohadi. 2017. Gen M: Generation Muslim.Yogyakarta: Bentang 2017.

amazingmuslimah.com

http://www.kamuskbbi.id/inggris/indonesia.php?mod=view&gimmick&id=13586-kamus-inggris-indonesia.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Laudya_Cynthia_Bellahttp://aceh.tribunnews.com/2015/09/04/kpi-acara-yang-dibawakan-teuku-wisnu-sudah-menyinggung-agama

https://jadwalnonton.com/film/dibintangi/dewi-sandra

https://tirto.id/kisah-peggy-melati-sukma-dari-panggung-hiburan-ke-panggung-dakwah-cD3H

https://www.liputan6.com/showbiz/read/2163673/ini-alasan-laudya-cynthia-bella-putuskan-berhijab

https://www.tabloidbintang.com/film-tv-musik/ulasan/read/16496/season-finale-catatan-hati-seorang-istri-akhir-mengharu-biru-bagi-hana-bram-dan-hello-kitty https://www.gramedia.com/author/author-peggy-melati-sukma

https://www.viva.co.id/showbiz/gosip/1018661-buka-bisnis-di-malang-ini-kesibukan-baru-teuku-wisnu




DOI: https://doi.org/10.14421/jsr.v13i12.1531

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


                                                             Published By:

                                    Sociology Lab., Prodi Sosiologi, UIN Sunan Kalijaga

                                               

                                                         In Association with: