RIKO THE SERIES: KOMBINASI MEDIA PEMBELAJARAN ISLAM, NEGOSIASI IDENTITAS MUSLIM DAN PRAKTIK DAKWAH KEKINIAN

Fathayatul Husna

Abstract


This article examined an Islamic cartoon film represennted by a popular title of Riko The Series movie. The basic question raised in this paper is how Riko The Series is utilized as a media for teaching Islam to society? This article employs a qualitative research method, using virtual ethnography and combined with literature study. The results show that Riko the Series is not only functioning as a media of teaching Islam, but also become a way to express Islamic identity, especially through clothes wearing by the family members of Riko the Series. Besides, Riko the Series also confirm how negotiation, as well as combination, between Islamic teachings and sciences is practiced. It can be concluded that this article shows how Riko the Series has a significant contribution in developing learning media of Islam, negotiating identity, and practicing a contemporary dakwah.

Tulisan ini mengkaji kartun Islami, dengan studi kasus pada kartun Riko The Series. Dasar utama dalam tulisan ini adalah menjawab bagaimana kartun Riko The Series dijadikan sebagai media pembelajaran Islami bagi masyarakat? Untuk menjawab pertanyaan mendasar ini, penulis melakukan penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan dianalisis dengan teori The Comunication Theory of Identity. Data dikumpulkan melalui virtual etnografi dan dikombinasikan dengan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kartun Riko The Series tidak hanya menjadi media pembelajaran islami, tetapi juga menjadi cara mengekspresikan identitas muslim. Muslim memiliki banyak cara untuk mengekspresikan identitasnya, salah satunya melalui busana yang dikenakan oleh anggota keluarga Riko The Series. Selain itu, melalui studi kasus Riko The Series juga menunjukkan adanya praktik negosiasi dan kombinasi antara ajaran Islam dan ilmu sains. Oleh karena itu, tulisan ini berkontribusi memperkaya wacana akademik terkait media dan totonan pembelajaran Islam, negosiasi identitas dan praktik dakwah kekinian.


Keywords


Riko The Series, Islamic Teaching Media, Identity, and Modern Da’wah

Full Text:

PDF

References


Alamsyah. “Selama 13 Tahun Tayang Di Indonesia, Tahukah Kamu Kenapa Upin Dan Ipin Botak Dan Yatim Piatu?,” 2020.

Astaghfirullah AKU LUPA! - Riko The Series Season 02 - Episode 5. Indonesia, 2020. https://www.youtube.com/watch?v=EzC_oOi4EU0.

Azmy, Adilan Bill. “Sebelum Tonton Film Kartun Terbaru, Kenali Sejarah Kartun Dunia.” Tirto.id, 2019. https://tirto.id/sebelum-tonton-film-kartun-terbaru-kenali-sejarah-kartun-dunia-elPC.

———. “Sebelum Tonton Film Kartun Terbaru, Kenali Sejarah Kartun Dunia.” Tirto.id, 2019.

Azra, Azyumardi. “Globalization of Indonesia Muslim Discourse: Contemporary Religio-Intellectual Connection Between Indonesia and the Middle East.” In Islam in The Era of Globalization, edited by Johan Meuleman. London: Routlege Curzon, 2002.

Bali, Muhammad Mushfi El Iq. “Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Distance Learning.” Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam 3, no. 1 (2019): 30.

Basid, Abdul. “Pesan Multikultural Dalam Serial Film Animasi Anak Adit, Sopo Dan Jarwo.” Penamas: Jurnal Penelitian Keagamaan Dan Kemasyarakatan 29, no. 3 (2016): 29.

Beta, Annisa. “Hijabers: How Young Urban Muslim Women Redefine Themselves in Indonesia.” The International Communication Gazette 76, no. 4–5 (2009): 377–89.

Cahyono, Guntur, and Nibros Hassani. “Youtube: Seni Komunikasi Dakwah Dan Media Pembelajaran.” Jurnal Dakwah, 2019, 23.

Darmawan, Andy. “Dialektika Dakwah, Politik Dan Gerakan Keagamaan Kontemporer (Telaah Pemikiran Nasir Al-Din Al-Albani Dan Pengaruhnya Terhadap Pembentukan Salafy Kontemporer.” Jurnal Dakwah XIV, no. 2 (2013): 159–79.

Demillah, Airani. “Peran Film Animasi Nussa Dan Rara Dalam Meningkatkan Pemahaman Tentang Ajaran Islam Pada Pelajar SD.” Jurnal Interaksi 3, no. 2 (2019).

Dulwahab, Encep. “Dakwah Di Era Konvergensi Dakwah.” Jurnal Ilmu Dakwah 5, no. 16 (2010): 19.

Efendi, P. “Dakwah Melalui Film.” At-Tajdid I, no. 2 (2009): 127.

Fajar, Yusri. “Negosiasi Identitas Pribumi Dan Belanda Dalam Sastra Poskolonial Indonesia Kontemporer.” Jurnal Literasi 1, no. 2 (2011): 189.

Fajriani, Suci Wahyu, and Yogi Surayogi. “Hijrah Islami Milenial Berdasarkan Paradigma Berorientasi Identitas.” Sosioglobal: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Sosiologi 3, no. 2 (2019): 77–88.

Farid, Achmad. “Optimalisasi Media Sosial Pesantren Untuk Mmebendung Konten Negatif Di Dunia Maya.” Dakwatuna: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi Islam 15, no. 1 (2019): 31.

Fealy, Greg. “Mengonsumsi Islam: Agama Yang Dijadikan Jualan Dan Kesalehan Yang Diidam-Idamkan Di Indonesia.” In Ustadz Seleb: Bisnis Moral Dan Fatwa Online, 15. Jakarta: Komunitas Bambu, 2012.

Fitriani, Yuni. “Analisis Pemanfaatan Berbagai Media Sosial Sebagai Sarana Penyebaran Informasi Bagi Masyarakat.” Jurnal Paradigma 19, no. 2 (2017): 148.

Gole, Nilufer. “Islam in Public: New Visibilities and New Imagineries.” Public Culture 14, no. 1 (2002): 173–90.

Hoesterey, James B., and Clark Marshall. “Film Islami: Gender, Piety and Pop Culture in Post-Authoritarian Indonesia.” Jurnal Asian Studies Review 36 (2012): 207–26.

Jati, Wasisto Raharjo. “Islam Populer Sebagai Pencarian Identitas Muslim Kelas Menengah Indonesia.” Teosofi 5, no. 1 (2015): 142.

Kailani, Najib. “Forum Lingkar Pena and Muslim Youth in Contemporary Indonesia.” Review of Indonesian and Malaysian Affair 46, no. 1 (2012): 33–53.

Littlejohn, Stephen W., and Karen A. Foss. Theories of Human Communication. California: Sage Publication, 2008.

Muhson, Ali. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi.” Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia VIII, no. 2 (2010): 2.

Musyafak, M. Ali. “Film Religi Sebagai Media Dakwah Islam.” Jurnal Islamic Review II, no. 2 (2013): 327.

Rachman, Arief, and Ismi Nadiyati. “Dakwah Melalui Film Animasi.” Orasi: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi 9, no. 2 (2018): 28.

Rianz. “Season Kedua, ‘Riko The Series’ Segera Pindah Tangan?” Akurat News, 2020. https://akuratnews.com/season-kedua-riko-the-series-segera-pindah-tangan/.

“Riko The Series,” 2020. https://www.garissepuluh.com/riko-the-series/.

Sarasvati, Listya Ayu. “Negosiasi Identitas Perempuan Muslim Hijabers Community: Studi Kasus Pada Brand Ria Miranda.” Jurnal Becoss (Business Economic, Communicatios, and Social Sciences 1, no. 1 (2019): 97.

Sariyanti, Lilis. “Nussa Dan Rara: Media Baru Keluarga Millenial Belajar Agama.” In KLIKNOMIK: Islam Moderat, Anak Muda Dan Media Sosial, edited by Sehat Ihsan Shadiqin, 79. Banda Aceh: Bandar Publishing, 2020.

Sumadi, Eko. “Dakwah Dan Media Sosial: Menebar Kebaikan Tanpa Diskriminasi.” At-Tabsyir: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam2 4, no. 1 (2016): 173.

Taufik, Mohamad. “Berguru Ke Walt Disney.” Merdeka, 2012. https://www.merdeka.com/khas/berguru-ke-walt-disney-animasi-indonesia-1.html.

Triantoro, Dony Arung. “Dakwah Dan Keshalehan: Studi Tentang Gerakan Teras Dakwah Di Kota Yogyakarta.” 2Jurnal Masyarakat Dan Budaya 20, no. 2 (2018): 273–86.

Usman, Fadly. “Efektivitas Penggunaan Media Online Sebagai Sarana Dakwah.” Al-Tsiqoh: Jurnal Ekonomi Dan Dakwah Islam 1, no. 1 (2016): 1.

Wikayanto, Andrian. “Representasi Budaya Dan Identitas Nasional Pada Animasi Indonesia.” International Conference ARTESH 2018, 2018, 3.

Yahya, Nurul A., and Turnomo Rahardjo. “Negosiasi Identitas Mahasiswa Papua Dengan Host Culture Di Kota Semarang Nurul Athira.” E-Journal Univeritas Dipenegoro 6, no. 1 (2018).

Yazdi, Mohammad. “E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasi.” Jurnal Ilmiah Foristek 2, no. 1 (2012): 143.

Zakariya, Najidah, and Abu Dardaa Mohamad. “Media Sebagai Wasilah Dakwah.” Jurnal Al-Hikmah 5 (2013): 92.




DOI: https://doi.org/10.14421/jsr.v15i2.2131

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


                                                             Published By:

                                    Sociology Lab., Prodi Sosiologi, UIN Sunan Kalijaga

                                               

                                                         In Association with: