Peningkatan Kualitas Sarana dan Prasarana di UPTD Kalijudan dan UPTD Kampung Anak Negeri, Surabaya

Desrina Yusi Irawati, Hendrikus Putra Cromain, Kurniawan Wibisono

Abstract


Program pengabdian masyarakat ini dilakukan di UPTD Kalijudan dan UPTD Kampung Anak Negeri, Surabaya. UPTD tersebut melayani sesorang yang memiliki masalah kesejahteraan sosial. UPTD Kalijudan membina anak berkebutuhan khusus (tunagrahita), sedangkan UPTD Kampung Anak Negeri membina anak jalanan. Permasalahan yang terjadi di UPTD Kalijudan adalah bangunan yang kurang informatif, tidak ada penamaan pada masing-masing ruangan. Permasalahan yang terjadi di UPTD Kampung Anak Negeri adalah pembinaan anak jalanan secara tidak langsung. Solusi yang ditawarkan dari masalah ini adalah membuat dan memasang papan nama ruangan untuk setiap ruangan di UPTD Kalijudan dan papan slogan motivasi. Program pengabdian tersebut mendapat respon positif dari kepala dan pengurus harian UPTD. Hal ini terbukti dengan kesediaan mereka menerima tim pengabdian, bersedia memberikan masukan untuk desain dan isi papan nama ruangan serta slogan motivasi, dan keikutsertaan pengurus harian dalam setiap program. Hasil program yang telah terlaksana adalah dengan pemasangan papan nama ruangan maka tamu atau pengunjung mudah mengakses ruang-ruang di UPTD Kalijudan dan memberikan kesan indah pada lingkungan bangunan. Hasil program pemasangan slogan motivasi adalah secara tidak langsung slogan motivasi mendidik dan memotivasi anak-anak penghuni asrama, pengurus, dan tamu atau pengunjung.

[This community service program was conducted at the Kalijudan UPTD and the Kampung Anak Negeri UPTD, Surabaya. The UPTD serves someone who has social welfare problems. Kalijudan UPTD foster children with special needs (mental retardation), while UPTD Kampung Anak Negeri foster street children. Problems that occur in the Kalijudan UPTD are buildings that are less informative, there is no naming in each room. Problems that occur in UPTD Kampung Anak Negeri are indirect street child development. The solution offered from this problem is to create and install a signboard for each room in the UPTD Kalijudan and a motivational slogan board. The service program received a positive response from the head and UPTD daily management. This is evidenced by their willingness to accept the service team, accepting to provide the design and content of the signboard with motivational slogans, and the participation of the daily management in each program. The result of the program that has been carried out is by installing a room signage, so guests or visitors can easily access the rooms at UPTD Kalijudan and provide beautiful choices in the building environment. The results of the installation of motivational slogans are motivational slogans to directly educate and motivate the children of boarders, caretakers, and guests or visitors.]


Keywords


papan nama ruangan; slogan motivasi

Full Text:

PDF

References


Departemen Sosial RI. 2001. Intervensi Psikososial. Jakarta: Departemen Sosial.

Mangunsong, F. 2009. Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Jilid I. Jakarta: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3) Kampus Baru UI, Depok.

BPS Jatim. Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial Menurut Kabupaten/Kota, 2016 [diakses 20 Desember 2019 jam 11:10]. Tersedia https://jatim.bps.go.id/statictable/2017/10/10/650/penyandang-masalah-kesejahteraan-sosial-menurut-kabupaten-kota-2016.html

UMM. Atasi Persoalan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial, MPS DIY Gelar Forum Diskusi, 15 Januari 2018, 19:42 [diakses 6 Januari 2020 jam 10:32 WIB]. Tersedia dari http://www.umm.ac.id/id/muhammadiyah/13032.html




DOI: http://dx.doi.org/10.14421/jbs.1715

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Desrina Yusi Irawati, Hendrikus Putra Cromain, Kurniawan Wibisono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.