EFEKTIVITAS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE

Ruri Dwi Cahyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran  Contextual Teaching and Learning (CTL) dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa dan self confidence siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain non equivalent control group design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) serta variabel terikat yaitu kemampuan komunikasi matematis dan self confidence siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Negeri 6 Sleman, sedangkan sampel penelitiannya adalah kelas VII A dan VII D. Kelas VII D dijadikan sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan treatment berupa pembelajaran dengan model Contextual Teaching and Learning (CTL). Kelas VII A dijadikan sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen dalam penelitian ini adalah pretest-posttest kemampuan komunikasi matematis, prescale-postscale self confidence, RPP yang dilengkapi dengan Hypotetical Learning Trajectory, dan Lembar Kerja Siswa (LKS). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t untuk kemampuan komunikasi matematis dan uji Mann-Whitney untuk self confidence. Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS 23 dan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap self confidence siswa.

Full Text:

PDF

References


Ghufron, M.N. dan Risnawita, Rini. 2014. Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Jumalia. 2018. Pengaruh Kepercayaan Diri dan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Majene. Skripsi Tidak Diterbitkan, Makassar, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar.

Kadir. 2015. Statistika Terapan: Konsep, Contoh dan Analisis Data dengan Program SPSS/Lisrel dalam Penelitian Edisi Kedua. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs). Jakarta: Kemendikbud.

National Cauncil of Teacher of Mathematics (NCTM). 2000. Principle and Standards for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.

Rahayu, Aprianti Yofita. 2013. Menumbuhkan Kepercayaan Diri melalui Kegiatan Bercerita. Jakarta: Indeks.

Raja, Ervin Maratur Lumban. Pengaruh Pelatihan dan Kompensasi terhadap Kinerja Karyawan pada PT. PLN Area Surabaya Timur. Jurnal Ilmu Manajemen, Vol 4 No. 3.

Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press.

Sujarweni, V. Wiratna dan Poly Endrayanto. 2012. Statistika untuk Penelitian. Yogyakarta: Grha Ilmu.

Wirasasmita, Anastasia Shinta. 2015. Keefektifan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing dengan Problem Based Learning pada Materi Aturan Pencacahan dan Peluang ditinjau dari Prestasi Belajar, Kemampuan Adaptive Reasoning, dan Self-Confidence Siswa. Tesis Tidak Diterbitkan, Yogyakarta, Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika



Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.