Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Problem Based Learning dalam Implementasi Kurikulum 2013
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Arends, R.I. (2012). Learning to teach (9th ed.). New York: McGraw Hill.
Duch, B.J., Groh, S.E., & Allen, D.E. (2001). Why problem-based Learning? A case study of institutional change in undergraduate education. Dalam B.J. Duch, S.E. Groh, & D.E. Allen (Eds.), The power of problem-based learning: a practical “how to” for teaching undergraduate courses in any discipline (pp. 3-11). Sterling: Stylus Publishing.
Ibrahim, M. & Nur, M. (2000). Pengajaran berdasarkan masalah. Surabaya: UNESA University Press.
Kemdikbud. (2013a). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 81A, Tahun 2013, tentang Implementasi Kurikulum.
Kemdikbud. (2013b). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 64, Tahun 2013, tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah.
Kemdikbud. (2013c). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 68, Tahun 2013, tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah.
Kennedy, L.M., Tipps, S., & Johnson, A. (2008). Guiding children’s learning of mathematics (11th ed.). Belmont: ThomsonWadsworth.
McArdle, G. (2010). Instructional design for action learning. New York: AMACOM.
Newby, T.J., et al. (2000). Instructional technology for teaching dan learning. Designing instruction, integrating computers, and using media (2nd ed.). Upper Saddle River: Prentice-Hall, Inc.
Puspendik Kemdikbud. (2019a). Grafik rerata nilai tahun pelajaran 2018/2019. [Online]. Tersedia: https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/
Puspendik Kemdikbud. (2019b). Persentase siswa yang menjawab benar tahun pelajaran 2018/2019. [Online]. Tersedia: https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/
Rafli, M.F., Surya, E., & Syahputra, E. (2017). Dampak implementasi pembelajaran berbasis masalah (PBM) dalam matematika: Kajian literatur. [Online]. Tersedia: https://www.researchgate.net/publication/321905714 [21 Juli 2019]
Roh, K. H. (2003). Problem-Based Learning in Mathematics. ERIC, 1-5.
Tan, O.S. (2004). Cognition, metacognition, and problem-based learning. Dalam O.S. Tan (Ed.), Enhancing thinking through problem-based learning approaches: international perspectives (pp. 1-16). Singapore: Cengage Learning.
Trianto. (2010). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif: konsep, landasan, dan implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.
Wahyuningsih, E. (2014). Pengembangan perangkat pembelajaran lingkaran dengan pendekatan pembelajaran berbasis masalah berorientasi kemampuan penalaran dan komunikasi matematis pada siswa kelas VIII di SMPN 1 Puring Kabupaten Kebumen. Tesis pada PPS UNY. Yogyakarta: Tidak diterbitkan.
Zeuli, J.S. & Ben-Avie, M. (2003). Connecting with students on a social and emotional level through in-depth discussions of mathematics. Dalam N.M. Haynes, M. Ben-Avie, & J. Ensign (Eds.), How social and emotional development add up (pp. 36-64). New York: Teachers College Press.
DOI: http://dx.doi.org/10.14421/jppm.2019.012-02
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pusat Studi Pengembangan Pembelajaran Matematika Sekolah UIN Sunan Kalijaga
Jl. Marsda Adisucipto, Yogyakarta 55281