PROFIL KEMAMPUAN MENYUSUN RENCANA PEMBELAJARAN SAINTIFIK OLEH CALON GURU MATA PELAJARAN MATEMATIKA

Enika Wulandari

Abstract


Pokok kajian dalam penelitian kualitatif ini adalah kemampuan mahasiswa menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan pendekatan saintifik pada mata pelajaran Matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek populasi dalam penelitian ini adalah 16 mahasiswa Program Studi Tadris Matematika IAIN Salatiga yang mengikuti mata kuliah Microteaching kelas I pada semester genap tahun akademik 2018/2019. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa pedoman observasi RPP, polling, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penyusunan RPP yang dilaksanakan oleh mahasiswa sebagai calon guru bersifat menyesuaikan dan mengacu pada rujukan di internet dan buku siswa Kurikulum 2013, 2) Sebagian mahasiswa sebagai calon guru belum mengetahui revisi Kurikulum 2013 yang didasarkan pada Permendikbud No. 22 Tahun 2016 yang mempengaruhi penyusunan RPP dari aspek kompetensi, dan 3). Berdasarkan pengambilan data, ditemukan kesalahan dalam mencantumkan kompetensi dasar, menyusun indikator pencapaian kompetensi, menyusun tujuan pembelajaran dengan aspek ”condition” yang belum spesifik dan tanpa kriteria “degree”, ditemukan RPP yang tidak menyertakan uraian materi dalam RPP,  sebagian kecil materi dan LKPD menggunakan konteks dan masalah bermuatan HOTS (Higher Order Thinking Skill), sebagian mahasiswa menguraikan materi dan menyusun LKPD secara kontekstual, mahasiswa menggunakan model pembelajaran yang dapat memfasilitasi pendekatan saintifik akan tetapi mengalami ketidakpahaman dalam menentukan sintaks RPP yang menggunakan variasi pendekatan dan model pembelajaran, seluruh mahasiswa mencantumkan sumber belajar yang sesuai dengan tujuan pembelajaran, seluruh mahasiswa mencantumkan perlengkapan pembelajaran dengan memanfaatkan ICT

Full Text:

PDF

References


Boikhutso, K. (2010). The Teory into Practice Dilemma: Lesson Planning Challenges Facing Botswana Student-Teacher. Improving Schools. Volume 13 Number 3 November 2010, p.205-220.

Coe, Robert, et. al. (2014). What Makes Great Teaching? Review of the Underpinning Research.

Gallego, M.R.R. (2014). Lesson planning in Primary and Secondary Education.

Ko, Sammons, dan Bakkum. (2013). Effective Teaching: a Review of Research and Evidence. Berkshire: CfBT Education Trust 2013.

Nugroho, I.A. (2017). Menulis Tujuan Pembelajaran.

Nurzain, L. (2015). Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Matematika Kurikulum 2013 Kelas X Semester I Tahun Ajaran 2014/2015 di MAN Babakan Tegal.

Permendikbud No. 22 Tahun 2016 mengenai Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Permendikbud No. 37 Tahun 2018 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah

Zulkarnaen, I., Raharjo, H.P., Sutarto. (2016). Modul Guru Pembelajar. Jakarta: Direkorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika



Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.