PENINGKATAN TASK COMMITMENT PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) SISWA KELAS X TL4 SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Dian Permatasari

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan task commitment melalui pembelajaran Numbered Head Together (NHT). Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus penelitian. Subjek penelitian ini adalah 32 siswa kelas X TL4 SMK N 3 Yogyakarta. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data dari aktivitas siswa dan guru selama proses pembelajaran yang dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi, hasil angket task commitment, dan tes hasil belajar siswa. Setelah data diperoleh, data dianalisis dan dibandingkan dengan kriteria yang berfungsi sebagai indikator keberhasilan tindakan. Hasil penelitian menunjukkan setelah 2 siklus, pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan task commitment siswa. Pada kondisi awal, rata-rata skor task commitment siswa adalah 80 sedangkan pada akhir siklus pertama menjadi 82 dan pada akhir siklus kedua 84. Pada akhir siklus II, skor rata-rata task commitment siswa mencapai kriteria tinggi yang sesuai dengan indikator keberhasilan yang telah ditetapkan sebelumnya. Hal tersebut juga diikuti dengan peningkatan hasil belajar siswa. Pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan task commitment ditunjukkan melalui pelaksanaan pembelajaran matematika pada siklus pertama yang terlaksana 69%, sedangkan pada akhir siklus kedua task commitment siswa sudah mengalami peningkatan dengan keterlaksanaan mencapai 84%.


Full Text:

PDF

References


Blank, J. & Hertzog, N. B. (2003). Strengthening Task commitment in Preschool Children: Reflections From an Early Education Program. Young Exceptional Children’s Journal, 7(11).

Hawadi, R. A. (2001). Psikologi perkembangan Anak. Jakarta: Grasindo.

Hawadi, R. A. (2002). Identifikasi Keberbakatan Intelektual Melalui Metode Non- tes. Jakarta: Grasindo.

Kurniasih, I., & Sani, B. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.

Munandar, S. C. U. (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Renzulli, J. S. (2005). The Three-Ring Definition Of Giftedness: A Developmental Model for Promoting Creative Productivity. New York: Cambridge University Press.

Syarifa, A., Mustami’ah, D., & Sulistiani, W. (2011). Hubungan Antara Dukungan Sosial Orang Tua dengan Komitmen Terhadap Tugas (Task commitment) Pada Siswa Akselerasi Tingkat SMA. INSAN, 131(1).

Urhahne, D. (2011). Teachers’ judgments of elementary students’ ability, creativity and task commitment. Talent Development & Excellence, 3(2), 229–237.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika



Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.