ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA BERBASIS PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH KELAS V SD NEGERI GEBANGSARI 03

Aulia Rahmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran pemecahan masalah pada mata pelajaran matematika dan mengetahui kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Gebangsari 03 yang berjumlah 37 siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengambilan data dilakukan pada bulan Oktober-Maret 2019. Data diperoleh dengan cara observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Proses data yang diperoleh dianalisis dengan data Reduction, data Display dan Verivication. Setiap data dianalisis dalam bentuk deskriptif. Kesalahan yang dilakukan siswa dalam mengerjakan tes dianalisis berdasarkan teori kesalahan yang dilakukan siswa menurut Newman. Hasil penelitian ini adalah pertama langkah-langkah dalam pembelajaran pemecahan masalah yaitu materi diberikan dengan jelas, siswa diberi masalah untuk dipecahkan, mengevaluasi masalah, memberikan kesimpulan. Kedua kesalahan yang dilakukan siswa pada saat mengerjakan soal cerita matematika menurut Newman yaitu penulisan symbol matematika, tidak menuliskan ditanya dengan tepat, tidak menggunakan metode dengan tepat, kesalahan menentukan hasil akhir dan menuliskan kesimpulan.

Kata kunci : Pembelajaran Pemecahan Masalah, Kesulitan, Soal Cerita.


Full Text:

PDF

References


Marlina, L. (2013). "Penerapan Langkah Polya dalam Menyelesaikan Soal Cerita Keliling dan Luas Persegi Panjang".Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako. 01, (01), 43-51.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: ROSDA, 2016.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: ALFABETA, 2015.

Umam, M. D. (2014). "Analisis Keslahan Siswa dalam Menyelesaikn Soal Cerita Matematika Materi Operasi Hitung Pecahan".Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 3, (3), 131-134.


Refbacks



Copyright (c) 2019 Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika



Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.