Dapatkah Self Esteem Siswa Meningkat melalui Pembelajaran Kontekstual dengan Pendekatan Saintifik?

Sumbaji Putranto, Gamarina Isti Ratnasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan self esteem siswa kelas X IPS 2 SMA N 1 Bantul terhadap matematika melalui pembelajaran kontekstual dengan pendekatan saintifik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas model Kemmis & Mc. Taggart dengan subjek penelitian siswa kelas X IPS 2 SMA N 1 Bantul. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, angket, dan tes tertulis. Penelitian tindakan ini telah mencapai kriteria keberhasilan setelah dilakukan dua kali siklus, sehingga siklus diberhentikan sampai pada siklus kedua. Self esteem siswa kelas X IPS 2 SMA N 1 Bantul terhadap matematika mengalami peningkatan melalui penerapan pembelajaran kontekstual dengan pendekatan saintifik. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan persentase self esteem terhadap matematika dengan kategori rendah dari pra tindakan sebesar 12,50 % sedangkan siklus 1 dan siklus 2 sebesar 0%. Selanjutnya, terjadi penurunan persentase self esteem dengan kategori sedang dari pra tindakan sebesar 71,88% menjadi 66% pada siklus 1 dan di siklus 2 sebesar 56,25%. Terdapat pula peningkatan persentase self esteem dari kategori tinggi yang pada pra tindakan sebesar 15,63%, siklus 1 sebesar 34%, dan di siklus 2 sebesar 43,75%. Rata-rata self esteem terhadap matematika siswa secara klasikal juga mengalami peningkatan dari pra tindakan sebesar 98,81 dengan kategori sedang, siklus 1 sebesar 104,53 dengan kategori sedang, dan siklus 2 sebesar 105,65 dengan kategori tinggi.

Full Text:

PDF

References


Asencio, E. K. (2013). Self-Esteem, Reflected Appraisals, and Self-Views: Examining Criminal and Worker Identities. Social Psychology Quarterly, 76(4), 291–313.

Chen, C., & Yu, C. (2017). Grounding statistical learning in context: The effects of learning and retrieval contexts on cross-situational word learning. Psychon Bull Rev, 24(3), 920–926.

Coorey, R., & Firth, A. (2013). Integrated Contextual Learning and Food Science Students’ Perception of Work Readiness. Journal of Food Science Education, 12(2), 20–27.

Crawford, L. M. (2001). Teaching contextually: Research, rationale, and techniques for improving student motivation and achievement. CCI Publishing, Inc.

Greenberg, J. (2008). Understanding the vital human quest for self-esteem. Perspectives on Psychological Science Journal, 3(1), 48–55.

Greenleaf, R. K. (2008). Motion and Emotion: Understanding The Essential Roles of Motion and Emotion in Brain Function Brings The Promise of Education for All Closer to Reality. https://www.nassp.org/portals/0/contents/46875.pdf

Guindon, M. H. (2010). Self-esteem across the lifespan: Issues and Interventions. Taylor and Francis Group, LLC.

Happy, N., & Widjajanti, D. . (2014). Keefektifan PBL Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis, serta Self-Esteem Peserta didik SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 48–57.

Hinton, C., Fischer, K. W., Glennon, C., & Nakkula, M. J. (2012). Students at The Center Teaching and Learning in The Area of The Common Core: Mind, Brain, and Education. Job For The Future.

Hopkins, D. (2008). A Teacher’S Guide To Classroom Research. Open University.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21: Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Ghalia Indonesia.

Kazilek, & Pearson, D. (2009). Using the Scientific Method to Solve Mysteries. http://askabiologist.asu.edu/explore/scientific-method

Kususanto, P., & Chua, M. (2012). Students’ Self-Esteem at School: The Risk, the Challenge, and the Cure. Journal of Education and Learning, 6(1), 1–14.

Lafrance, S., & Mohr, M. . (2014). Women Voicing Resistance: Discursive and Narrative Exploration. Routledge.

Mruk, C. (2006). Self-esteem: Research, Theory, And Practice: Toward A Positive Psychology Of Self-Esteem (3rd ed.). Springer.

Ozden, M., & Mehmet, G. (2008). The Effects of Brain-Based Learning on Academic Achievement and Retention of Knowledge in Science Course. The Electronic Journal for Research in Science & Mathematics Education, 12(1).

Purboningsih, D. (2017). Efektivitas Model Inkuiri Terbimbing dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Kecerdasan Majemuk Gardner Ditinjau dari Prestasi Belajar Matematika, Kemampuan Penalaran Matematik, dan Self-Esteem Peserta didik. UNY.




DOI: http://dx.doi.org/10.14421/jppm.2020.21.6-12

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Gamarina Isti Ratnasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Pusat Studi Pengembangan Pembelajaran Matematika Sekolah UIN Sunan Kalijaga

Jl. Marsda Adisucipto, Yogyakarta 55281