Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menyusun RPP melalui Kegiatan Pelatihan pada MTs Muhammadiyah Wonosari

  • Faizuz Sa’bani

Abstract

Abstract


This Oversight Action Research intends to determine whether the competence of teachers in MTs Muhammadiyah Wonosari can be improved through training. This study uses a model developed by Chemish and Taggart noting every action or cycle always consists of four activities: (1) the action plan, (2) action, (3) observation, and (4) reflection. This study shows that the training has increased professional competence of teachers at MTS Muhammadiyah Wonosari in preparing for the lesson plan. In the first cycle, the average score obtained is 57,5% meaning sufficient. Having held the training in the second cycle, the average score of the research subjects increased by 24, resulted in the average score obtained 91,0%, meaning changing from sufficient to  excellence. The study concludes that training activities can enhance the competence of teachers in preparing their lesson plan at the MTs Muhammadiyah Wonosari.


Keywords: Competence of Teachers, Preparing Lesson Plans, Training Activities.


 


Abstrak


Penelitian Tindakan Pengawasan (PTP) ini bertujuan untuk mengetahui apakah kompetensi guru pada MTs Muhammadiyah Wonosari dapat ditingkatkan melalui kegiatan Pelatihan. Penelitian ini menggunakan model yang dikembangkan oleh Kemis dan Taggart.  Setiap tindakan  atau siklus selalu terdiri dari empat kegiatan: 1) rencana tindakan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi atau Penelitian, dan 4) refleksi. Dari kegiatan penelitian ini dikatehui bahwa terjadi peningkatan kompetensi profesional guru MTS Muhammadiyah Wonosari dalam menyusun RPP melalui kegiatan pelatihan. Pada siklus I rata-rata skor yang diperoleh 57,5% dengan sebutan cukup. Setelah diadakan kegiatan dengan pendekatan pelatihan pada siklus II ternyata rata-rata skor yang diperoleh oleh subjek penelitian naik 24 skor, sehingga rata-rata skor yang diperoleh 91,0%. Dari sebutan cukup menjadi sangat baik. Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan kegiatan pelatihan dapat peningkatkan kompetensi guru MTs Muhammadiyah Wonosari dalam menyusun  RPP.


Kata Kunci: Kompetensi Guru, Menyusun RPP, Kegiatan Pelatihan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
May 30, 2017
How to Cite
SA’BANI, Faizuz. Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menyusun RPP melalui Kegiatan Pelatihan pada MTs Muhammadiyah Wonosari. Jurnal Pendidikan Madrasah, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 13-22, may 2017. ISSN 2527-6794. Available at: <http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/JPM/article/view/1429>. Date accessed: 23 oct. 2017.